Superman memang terkenal sebagai superhero yang tidak pernah menyerah ketika membela kebenaran. Dengan berbagai kekuatan super yang dia miliki, Superman selalu menjadi simbol harapan bagi Bumi dan sekitarnya. Walaupun begitu, terlepas dari semua perbuatan heroik yang pernah dia lakukan, ternyata dia juga tidak luput dari kesalahan. Di mana kesalah tersebut tidak dia sadari sampai akhirnya berujung menjadi sebuah kejahatan. Dari mulai perbuatan jahat yang sudah jelas-jelas merugikan, sampai kejahatan kecil yang mungkin jarang orang tahu, berikut lima kejahatan yang pernah dia lakukan di DC Universe!

BACA JUGA: Mengenal God Squad, Tim Dewa di Marvel!

Membuat Lumpuh Pemain Bola

Superman mungkin terkenal sebagai simbol harapan bagi sebagian besar manusia di Bumi, tetapi tidak bagi Tommy Burke. Karena di komik Action Comics #4, Superman pernah membuat pemain bola tersebut lumpuh dengan menggunakan suatu zat. Yang lebih parahnya lagi, ternyata perbuatan jahat tersebut sengaja Superman lakukan agar bisa menyamar menjadi Tommy dan menjadi bagian dari tim sepak bola. Memang tujuan aslina adalah demi mengalahkan pelatih yang korup, tetapi melumpuhkan pemain bola dan mengambil alih pekerjaannya adalah suatu kejahatan lain yang tidak kalah buruk dari perbuatan supervillain.

Merundung Anak Angkatnya

Meskipun dari luar Superman tampak tidak pernah kesepian, tetapi pada kenyataannya dia pernah mengangkat seorang anak bernama Jimmy Olsen. Meskipun sekilas terlihat terpuji, tetapi justru hal tersebut malah menjadi mimpi buruk bagi Jimmy. Di komik Jimmy Olsen #30, tepatnya di kisah yang berjudul The Son of Superman, Superman justru malah merundung Jimmy. Pada saat Jimmy mencoba memberi hadiah kepada figur ayahnya tersebut, Superman justru malah marah dan membakar hadiahnya di depan Jimmy hanya karena dia tidak suka. Perundungan pada anak tentunya adalah awal dari sebuah kekerasan dalam rumah tangga, yang pada masa sekarang kita anggap sebagai kejahatan.

BACA JUGA: DC Resmi Bunuh Karakter Harley Quinn!

Menghancurkan Rumah Orang Miskin

Saat ini Superman memang terkenal sebagai superhero yang sangat heroik, tetapi hal tersebut ternyata tidak berlaku pada masa awal debutnya. Karena pada saat itu dia cenderung sering mengorbankan moralnya dan mengambil tindakan yang sembrono. Di komik Action Comics #8, Superman pernah menghancurkan rumah-rumah orang miskin di Metropolis setelah merasa bahwa kejahatan bersumber dari sana. Dengan kekuatannya dia menghancurkan semua rumah-rumah kumuh dan menyuruh para penghuninya untuk mencari tempat tinggal baru.

Menjadi Penguasa Tiran

Di antara beberapa hal buruk yang pernah Superman lakukan, kejahatannya di kisah alternatif Injustice adalah yang paling populer. Di komik yang debut pada tahun 2013 ini, dia dengan sengaja membunuh Joker yang telah menipunya agar membunuh Lois Lane. Seakan masih kurang puas, dia kemudian memutuskan untuk menjadi penguasa tunggal di Bumi dan mengakhiri kejahatan dengan caranya. Dalam prosesnya dia menjadi penguasa tiran yang akan membunuh semua orang yang menghalangi jalannya. Di komik inilah setidaknya kita bisa melihat Superman sebagai penjahat daripada pahlawan.

Berhubungan Badan di Makam Lois Lane

Di komik The Adventures of Superman Annual #3, tepatnya di kisah Beyond the Reach of Time, Lois Lane pernah mati karena mengandung bayinya. Mirisnya, Superman hanya berduka untuk sesaat, sebelum akhirnya dia dan ratu alien Maxima saling bergairah. Kedua makhluk super ini kemudian melakukan hubungan badan di atas nisan makam Lois Lane yang bertuliskan ‘Istri Tercinta Clark Kent, Meninggal Saat Mengandung Anak Pertama’. Perbuatan ini tentunya dapat kita kategorikan sebagai kejahatan moral. Karena bagi banyak orang, apa yang telah Superman lakukan ini adalah sesuatu yang tidak pantas.

BACA JUGA: DC Rilis First Look Penerus Black Adam!

Itulah lima kejahatan yang pernah Superman lakukan. Terlepas dari dampaknya, baik kejahatan kecil maupun besar, sebenarnya tidak pantas dilakukann oleh sang Man of Steel. Apalagi banyak orang menganggap dia sebagai pembela kebenaran. Jika orang-orang di semestanya tahu lima perbuatan jahatnya ini, mungkin labelnya akan berubah menjadi ‘pembela kebenaran yang sesekali melakukan kejahatan’. Untungnya sebagian besar kisah jahatnya ini sudah berusaha DC kubur sejak lama, dengan pembaruan karakter Superman di New Earth yang berlangsung sejak 2011.