Selain deretan film yang tayang pada tahun ini, Marvel masih mempunyai sejumlah film menarik yang akan rilis pada tahun 2023. Salah satunya adalah Captain Marvel 2, atau The Marvels, yang akan menjadi bagian dari Fase 4 Marvel Cinematic Universe. Selain Carol Danvers alias Captain Marvel (Brie Larson), di film ini juga ada dua karakter hebat lain yang akan kembali. Mereka adalah Monica Rambeau (Teyonah Parris) dan Kamala Khan alias Ms. Marvel (Iman Vellani).

Menariknya, karena ending serial Ms. Marvel telah mengungkap Kamala sebagai mutan, artinya film The Marvels juga berpotensi untuk memperkenalkan karakter menarik lainnya. Khususnya para mutan yang telah lama penggemar antisipasi kehadirannya. Sejak hak atas karakter X-Men kembali Marvel miliki, tinggal menunggu waktu sampai para mutan muncul di semesta utama MCU. Di mana The Marvels adalah film yang paling berpotensi untuk memperkenalkan mereka.

Ms. Marvel Membawa Mutan Ke The Marvels

Di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, sebenarnya Marvel telah memunculkan ikon mutan melalui universe alternatifnya. Dia adalah Charles Xavier alias Professor X (Patrick Stewart), kepala sekolah mutan sekaligus pendiri kelompok superhero X-Men. Sedangkan keberadaan mutan di universe utama, justru baru terungkap di episode 6 serial Ms. Marvel yang berjudul ‘No Normal’. Menjelang ending episode final tersebut, Bruno (Matt Lintz) berbicara kepada Ms. Marvel bahwa dia lebih dari sekadar Djinn. Di mana di dalam tubuhnya ada sebuah mutasi sehingga dia bisa seperti sekarang.

Pengungkapan ini tentunya telah mengejutkan banyak penggemar, mengingat di Marvel Comics Ms. Marvel bukanlah mutan melainkan Inhuman. Meskipun Marvel belum mengeluarkan pernyataan resminya, tetapi ada kemungkinan mereka memang mengubah asal usulnya menjadi seorang mutan. Dengan adegan credit scene Ms. Marvel yang memunculkan Captain Marvel, bukan tidak mungkin film The Marvels nanti akan mengekplorasi origin mutan lebih jauh. Di mana Ms. Marvel diperkenalkan sebagai mutan pertama MCU yang berhasil ‘membuka’ kekuatannya setelah mengenakan gelang sakti.

Setelah mengenakan gelang yang dia dapatkan secara turun temurun dari nenek buyutnya, Ms. Marvel memang terbukti bisa mengeluarkan kristal hanya dengan imajinasinya. Di episode final serialnya, dia bahkan bisa membuat kristal tersebut menyelimuti tubuhnya seperti armor. Kekuatan ini mirip seperti milik seorang mutan di Marvel Comics yang bernama Hisako Ichiki alias Armor. Marvel memang cukup sering menggabungkan dua karakter komik menjadi satu individu di MCU. Untuk kasus Ms. Marvel versi MCU, sepertinya dia terlahir dari gabungan Kamala dan Hisako di Marvel Comics.

Banyak Mutan di Film The Marvels?

Jika benar Ms. Marvel adalah mutan, film The Marvels berpeluang untuk memperkenalkan lebih banyak lagi mutan di universe utama MCU. Seperti yang kita tahu, karakter Monica Rambeau juga akan menjadi salah satu bintang di filmnya. Itu artinya, The Marvels bisa saja mengungkap bahwa Monica juga ternyata adalah seorang mutan. Di mana dia ‘membuka’ kekuatan supernya setelah menembus dinding energi di serial WandaVision, yang secara tidak langsung telah mengubah struktur genetiknya. Dengan kehadiran Ms. Marvel dan Monica, cukup masuk akal jika The Marvels mengekplorasi asal usul mutan.

Sekarang yang jadi pertanyaan, apakah filmnya nanti akan memunculkan mutan asli dari Marvel Comics? Untuk memunculkan anggota X-Men, seperti Wolverine, Cyclops, atau Storm, tentunya bukan suatu hal yang mudah bagi Marvel. Karena mereka akan lebih cocok untuk muncul setelah film The Marvels menjelaskan lebih detail tentang keberadaan mutan di universe utama MCU. Sebagai gantinya, Marvel mungkin akan lebih dahulu memunculkan para mutan minor yang cukup berdampak untuk masa depan mutan. Karena hanya dengan begitu, masuknya para mutan ke MCU menjadi terasa lebih ‘natural’.

Beberapa waktu lalu sempat beredar juga rumor yang mengatakan bahwa panel Marvel dalam acara San Diego Comic-Con 2022 dan D23 mendatang akan memperkenalkan para pemeran X-Men. Jika benar, itu artinya para mutan akan hadir lebih cepat dari yang kita bayangkan, di mana film The Marvels adalah salah satu fondasi plotnya. Acara SDCC rencananya akan berlangsung pada tanggal 23 Juli dan D23 pada tanggal 9 September – 11 September. Kemudian film The Marvels sendiri bisa kita saksikan pada tanggal 28 Juli 2023 mendatang. So, kita nantikan saja pengungkapan para mutan MCU ini ya, Geeks.