Meskipun seri Boruto menghadirkan banyak sekali ancaman dari para villain yang muncul di ceritanya, namun Kishimoto tidak memperlihatkan bagaimana para protagonis menghadapi villain tersebut dengan Genjutsu. Entah apakah Kishimoto sengaja tidak mau lagi menghadirkan Genjutsu atau ada alasan lainnya, yang pasti ini bisa menjadi alasan mengapa teknik ninja ini terlupakan di serinya.

Perkembangan cerita dan dunia yang sangat cepat di seri Boruto daripada di seri sebelumnya, mungkin menjadi salah satu alasan Genjutsu tidak lagi muncul. Menghancurkan aliran chakra seseorang menjadi pilihan utama untuk menaklukan musuh dalam seri Boruto. Hal ini merupakan sesuatu yang mungkin bisa saja dilakukan oleh sebuah mesin atau cyborg, misalnya Boro atau bahkan Delta.

Mungkin Kishimoto memiliki sudut pandang atau pendapat sendiri, di mana Genjutsu bisa menjadi salah satu sumber masalah kedepannya bagi serinya. Genjutsu bisa menjadi sumber kekuatan dahsyat, di mana musuh mampu kalah atau takluk dalam hitungan detik. Mereka juga mungkin saja terjebak di sebuah dunia ilusi. Namun, di sisi lain, hal tersebut menjadi pengalihan dari pertarungan yang sebenarnya.

Genjutsu mungkin masih memiliki fungsi lain dalam ceritanya, misalnya menggali informasi penting dari Amado. Seperti yang kita ketahui, Amado menjadi sosok yang paling misterius sejauh ini. Selain menggunakan cara kekerasan, shinobi Konoha mungkin bisa mengandalkan Genjutsu untuk menaklukannya. Yang menjadi pertanyaannya kemudian apakah Kishimoto akan mau menggunakan hal tersebut.

Kesimpulannya

Sangat disayangkan teknik ninja dahsyat dan menarik seperti Genjutsu mulai jarang terlihat atau terlupakan di seri sekuelnya. Meskipun begitu, kita masih belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi alasan Kishimoto mulai jarang menghadirkan Genjutsu dalam ceritanya. Namun, tentu ada pertimbangan mengapa Kishimoto melakukan hal tersebut. Mungkin, akan ada kejutan besar yang akan terjadi.

Dunia Boruto berbeda dengan dunia Naruto, di mana di era modern ini semuanya berkembang dengan cepat. Selain teknologi, kekuatan dan juga ancaman baru pun muncul. Mungkin Genjutsu dianggap bukan lagi solusi untuk menghadapi ancaman baru tersebut, meskipun masih ada peluang akan kembali muncul dalam cerita yang akan datang. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.