Dalam dunia di seri Naruto dan Boruto kita mengenal tiga kategori besar dari teknik ninja, yaitu Ninjutsu, Taijutsu, dan juga yang paling menarik adalah Genjutsu. Dari ketiga Jutsu tersebut, Genjutsu merupakan teknik ninja yang jarang sekali disebutkan atau dibahas di seri orisinalnya. Hal tersebut wajar, karena dari sekian banyak shinobi, tidak semuanya mampu untuk menguasai Genjutsu.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan Ninjutsu atau Taijutsu. Namun, semenjak seri Naruto selesai, sebagian fans beranggapan bahwa kepentingan atau bagaimana pentingnya elemen Genjutsu dalam cerita mulai menghilang. Sejauh ini, serinya baru sedikit sekali menghadirkan contoh Genjutsu atau menghadirkan momen Genjutsu dalam ceritanya. Mengapa kemudian seri Boruto jarang menghadirkan Genjutsu?

Klan Otsutsuki Jadi Alasan Terbesar

Jika Genjutsu menjadi salah satu teknik ninja yang cukup penting di seri Naruto, hal demikian tidak berlaku di seri Boruto. Bahkan, bisa kita katakan teknik ninja tersebut hampir saja terlupakan. Para pengguna Genjutsu di seri Naruto memang tidak terlalu banyak mendapatkan sorotan dalam ceritanya. Namun, ada cukup banyak hal di serinya yang memperlihatkan bagaimana Genjutsu menjadi elemen yang cukup penting.

Misalnya, kita melihat ada cukup banyak pengguna Genjutsu dalam ceritanya seperti Sasuke, Itachi, Obito, atau bahkan Kakashi. Sementara itu, di seri Boruto kita hanya melihat sedikit sekali pengguna Genjutsu dalam ceritanya. Sarada Uchiha adalah salah satu dari sedikit pengguna Genjutsu di seri Boruto. Berdasarkan hal tersebut, banyak fans kemudian memunculkan teori yang terkait dengan Genjutsu.

Dalam teorinya, para fans menjelaskan bahwa mungkin jenis Jutsu ini sudah tidak lagi penting dalam dunia Boruto. Mengapa demikian? Hal ini karena kekuatan dahsyat dari para villain di generasi terbaru yang muncul dalam serinya. Villain yang paling populer di seri Boruto sejauh ini adalah klan Otsutsuki. Mereka adalah klan yang sangat kuat yang berasal dari luar bumi.

Kemampuan mereka yang dahsyat, bahkan melampaui teknik shinobi lainnya yang ada di bumi. Bahkan, mereka adalah pencipta atau nenek moyang dari berbagai elemen Jutsu dan shinobi di bumi. Teknik seperti Genjutsu tentunya tidak akan berefek apa pun terhadap mereka, seperti yang kita lihat dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutuki sebelumnya. Sasuke nampak sama sekali tidak berdaya menghadapi Otsutsuki terkuat sejauh ini.

Momoshiki sendiri mengatakan bahwa Rinnegan yang Sasuke miliki sangat menyebalkan. Meskipun dalam pertarungan mereka Momoshiki sempat kerepotan menghadapi Doujutsu tersebut, pada akhirnya teknik tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap sosok Momoshiki. Jadi, spekulasi bahwa Genjutsu tidak lagi penting di seri Boruto karena adanya klan Otsutsuki memang cukup masuk akal.

Kishimoto Tidak Lagi Mau Menggunakannya?

Selain karena alasan Otsutsuki, ada kemungkinan lainnya mengapa Genjutsu menjadi teknik ninja yang tidak lagi penting di seri Boruto. Sampai sekarang, tidak ada villain atau karakter yang menjadi penerus dari klan Otsutsuki. Artinya, villain lain mungkin mampu untuk dikalahkan oleh pengguna Genjutsu kuat seperti halnya Sasuke. Namun, jika Geeks perhatikan ada satu hal yang muncul dalam setiap pertarungan.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.