Menurut Lucas, jantung Max memang sempat berhenti untuk beberapa menit alias mati. Namun, secara ajaib dia hidup kembali dalam keadaan koma. Pada titik inilah Will dan Mike percaya bahwa Eleven secara tidak sengaja telah menghidupkan kembali Max. Mungkin pada saat dia memperlihatkan momen paling bahagia, Max menemukan sesuatu untuk berpegang dan akhirnya hidup kembali. Sayangnya, walupun Max hidup kembali, bukan berati dia sudah aman. Karena saat Eleven kembali memasuki alam bawah sadarnya, dia sama sekali tidak menemukan Max di mana pun.

Kesadaran Max Tersesat di Suatu Tempat?

Secara fisik, tubuh Max yang terluka parah dan koma memang berada di rumah sakit sambil dijaga oleh Lucas dan yang lain. Walaupun begitu, sampai season 4 berakhir, tidak ada satu orang pun yang tahu di mana kesadaran Max, bahkan Eleven pun tidak bisa menjangkaunya. Padahal sebelumnya kekuatan Eleven terbukti bisa menjangkau siapa pun, bahkan jika orang tersebut telah mati seperi Barb di season 1. Untuk saat ini kita bisa menyimpulkan bahwa kesadaran Max sama sekali tidak ada di tubuhnya. Ada kemungkinan kesadaran Max tengah tersesat di suatu tempat yang sulit untuk Eleven jangkau.

Selain nasib Max yang menggantung, Eleven dan yang lain juga tidak tahu ke mana Vecna pergi setelah Steve, Nancy, dan Robin berhasil membakar serta menembaknya. Yang jelas dia masih belum mati, karena di ending Will mengatakan bahwa Vecna masih hidup di suatu tempat dalam keadaan yang terluka parah juga seperti Max. Apakah artinya Vecna dan kesadaran Max berada di tempat yang sama? Lantas di manakah mereka, mengingat sekarang Upside Down dan Hawkins secara teknis telah menyatu.

Pertanyaan besar ini sepertinya memang sengaja disisakan untuk nantinya dijawab di Stranger Things season 5. Setidaknya untuk sekarang, para penduduk Hawkins bisa sedikit beristirahat, sambil mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman berikutnya dari Upside Down. Pada saat yang bersamaan, Vecna juga tengah melakukan hal yang sama, di mana dia pasti sudah mempunyai rencana selanjutnya untuk menghancurkan dunia manusia. Kita nantikan saja kelanjutan kisah Max dan yang lain di serial Stranger Things season 5 pada masa yang akan datang.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.