Kelompok Topi Jerami tentunya tidak pernah menyangka bahwa mereka akan memiliki sebuah aliansi besar, yang kemudian membentuk sebuah armada di One Piece. Aliansi tersebut kita kenal sebagai Armada Besar Topi Jerami atau Straw Hat Grand Fleet. Armada Besar Topi Jerami ini sengaja dibentuk oleh sosok Bartolomeo di akhir arc Dressrosa. Bartolomeo bersama enam kelompok bajak laut lainnya bersepakat untuk menjalin aliansi dengan kelompok Topi Jerami.

Selain itu, mereka pun sudah siap untuk membantu kelompok Topi Jerami kapan pun mereka butuhkan. Sebenarnya, Luffy awalnya tidak mau membentuk hal seperti ini. Namun, pada akhirnya, Luffy pun setuju dengan dibentuknya aliansi ini. Total kurang lebih ada tujuh kelompok bajak laut yang bergabung dengan aliansi ini di One Piece. Lalu, siapa saja mereka?

Hajrudin

Hajrudin merupakan bagian dari suku raksasa yang berasal dari pulau Elbaf. Dia juga sempat berpartisipasi dalam event di Colosseum dalam arc Dressrosa. Sebagai bagian dari suku raksasa, tidak heran jika kekuatan fisiknya sangatlah luar biasa. Dan hal ini pun terbukti dalam turnamen di Colosseum saat dia bertarung melawan salah satu peserta, Machvise.

Menjadi salah satu bagian dari Armada Besar Topi Jerami, Hajrudin merupakan kapten dari kelompok keenam. Hajrudin sendiri sebenarnya merupakan kapten dari kelompok bajak laut New Giant Warrior. Dia pernah menjadi bagian Buggy’s Delivery, sebuah kelompok tentara bayaran. Namun, dia sudah keluar dari kelompok tersebut. Meskipun jumlah krunya tidak banyak, tetapi mereka semua adalah bagian dari suku raksasa.

Cavendish

Cavendish merupakan salah satu bajak laut dari generasi baru yang cukup populer di lautan. Reputasinya sebagai bajak laut sama hebatnya dengan kemampuannya yang dahsyat. Salah satu kemampuan dahsyat yang Cavendish miliki adalah berpedang. Cavendish terkenal karena mengandalkan kecepatan dalam pertarungannya dan hampir tidak ada orang yang bisa menghentikannya.

Apalagi, ketika kepribadiannya yang lain – Hakuba – bangkit maka dia akan berubah menjadi sosok mengerikan. Kecepatan serangan dari Cavendish bahkan menjadi sebuah ancaman besar oleh para petinggi di kelompok bajak laut Donquixote. Di Armada Besar Topi Jerami sendiri Cavendish merupakan pemimpin dari kelompok pertama. Dia kelompok bajak laut Beautiful memiliki jumlah yang mencapai 75 orang.

Bartolomeo

Rasanya Geeks semua sudah mengetahui bahwa Bartolomeo adalah sosok yang sangat mengagumi sosok Luffy serta kelompok Topi Jerami. Dia bahkan rela melakukan apa pun untuk bisa bertemu atau menjadi seperti mereka. Dua tahun lalu, ketika sebuah petir menyelamatkan Luffy dari eksekusi mati, Bartolomeo ada diantara para kerumunan dan merasa takjub dengan apa yang dia lihat.

Sejak saat itu, Bartolomeo mulai mengikuti semua berita tentang Luffy dan juga kelompok Topi Jerami. Pasca perang besar di Marineford, Bartolomeo memutuskan untuk berhenti menjadi penjahat dan memulai petualangannya sebagai bajak laut. Bartolomeo bahkan rela pergi ke Dressrosa, ikut turnamen di Colosseum, demi mendapatkan Mera Mera no Mi dan akan memberikannya kepada Luffy. Dia memiliki sebuah kelompok bajak laut bernama Barto Club dengan anggota 56 orang, dan menjadi kapten di kelompok nomor dua.

BACA JUGA: CEO Paramount Pictures Bicara Nasib Top Gun 3!

Don Sai

Don Sai merupakan salah satu anggota keluarga dari Chinjao Family dan merupakan pemimpin divisi 13 dari kelompok bajak laut Happo Navy. Dia juga merupakan pemimpin divisi 3 dari pasukan aliansi bajak laut Luffy. Untuk masalah kekuatan sendiri Don Sai terkenal sebagai seorang petarung yang dahsyat. Buktinya dia mampu mengalahkan Funk Brothers, karakter yang mampu mengalahkan bajak laut dengan nilai buruan 100 juta, hanya dengan satu tendangan.

Dia juga mampu mengalahkan Lao G, salah seorang petinggi dari keluarga Donquixote yang berhasil mengalahkan kakeknya, Don Chinjao, dengan hanya menggunakan satu tendangan haki kuat. Bahkan, Don Chinjao sendiri mengakui kalau Sai sudah berhasil melampaui kekuatannya. Dengan kemampuan Hasshoken yang kuat, Sai berhasil mendapatkan kekuatan fisik yang mengerikan.

Ideo

Meskipun suku kaki panjang adalah suku yang menarik, namun suku lengan panjang pun tidak kalah menarik dan mematikan. Mereka juga mampu membuktikan sebagai seorang petarung yang tangguh. Salah satu karakter dari suku lengan panjang yang mampu memanfaatkan kekuatan pukulannya untuk menciptakan sebuah ledakan adalah Ideo “si Meriam Penghancur.”

Ideo sudah menguasai sebuah bentuk spesial dari bela diri tinju yang bisa memanfaatkan lengannya yang panjang, dan juga memanfaatkan bagian tubuh lainnya yang kemudian menghasilkan sebuah pukulan yang bisa menghancurkan lawan ataupun sekitarnya. Teknik yang digunakan oleh Ideo disebut sebagai “Hakai Ho.” Ideo sendiri merupakan kapten dari divisi 4 Armada Besar Luffy bersama kelompoknya yang sesama gladiator, XXX Gym Martial Arts Alliance.

Leo

Leo adalah seorang kurcaci yang berasal dari kerajaan Tontatta yang pertama kali muncul di pulau Green Bit. Pada saat itu, Leo bersama kelompok kurcaci lain berusaha untuk menyerang prajurit Angkatan Laut. Sama seperti sosok Bartolomeo, Leo pun memiliki kekuatan buah iblis bernama Nui Nui no Mi, di mana Leo mampu menjahit hampir semua benda atau material apa pun. Di Armada Besar Topi Jerami, Leo merupakan pemimpin divisi 5.

Leo dan kekuatan militer dari kerajaan Tontatta, Tonta Corps, berjumlah kurang lebih 200 orang. Meskipun Leo merupakan seorang kurcaci yang bertubuh kecil, namun tekad dan semangatnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tekad mereka untuk menghadapi pasukan angkatan laut dan juga bajak laut Donquixote membuktikan itu semua. Meskipun begitu, mereka tetap saja kurcaci yang polos.

Orlumbus

Secara garis besarnya, Orlumbus bukanlah seorang bajak laut melainkan seorang petualang di One Piece. Dia merupakan pemimpin dari sebuah armada besar yang bernama armada Yonta Maria. Orlumbus pun merupakan salah satu peserta turnamen di Corrida Colosseum dan berusaha untuk mendapatkan buah iblis Mera Mera no Mi. Namun, pasca peristiwa di Dressrosa akhirnya Orlumbus pun berubah haluan.

Dia memutuskan untuk menjadi seorang bajak laut bersama dengan armada besarnya, yang memiliki jumlah kru mencapai 4.300 orang. Hal tersebut Orlumbus lakukan setelah dia memutuskan untuk bergabung dengan Armada Besar Topi Jerami. Dengan jumlah kru yang mencapai 4.000 orang, Orlumbus merupakan penyumbang kru terbesar di Armada Besar Topi Jerami.

Para fans sampai saat ini masih menantikan aksi dari Armada Besar Topi Jerami. Banyak dari mereka yang menduga bahwa armada besar ini akan muncul dalam perang besar di Onigashima ini, meskipun sampai pada chapter 1051 kemarin masih belum ada petunjuk sama sekali mengenai kemunculan mereka. Bartolomeo dan para kapten lain tentu memiliki Vivre Card Luffy, yang artinya hanya tinggal masalah waktu sampai mereka datang. Kita tunggu aja ya Geeks cerita selanjutnya di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.