Dalam cerita di franchise Naruto ada banyak Jutsu yang muncul dan para shinobi gunakan. Mulai dari Genjutsu alias Teknik Ilusi sampai Taijutsu atau Teknik Bela Diri, para shinobi di franchise ini berlomba-lomba meningkatkan kekuatan mereka. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjadi yang terkuat. Juga, peningkatan kekuatan ini bertujuan agar musuh dapat dikalahkan dengan mudah.

Selain Genjutsu dan juga Taijutsu, ada juga Jutsu lainnya yang shinobi gunakan dalam pertarungan yaitu Doujutsu. Doujutsu atau jurus mata adalah salah satu kekuatan dahsyat yang ada di dunia Naruto. Doujutsu sendiri merupakan Kekkei Genkai khusus yang tidak bisa dimiliki oleh semua ninja. Namun, ternyata di sepanjang ceritanya ada shinobi yang menggunakan doujutsu hasil curian.

Ao

Salah satu ninja sensor terbaik di sepanjang serinya adalah Ao. Ao merupakan shinobi yang sangat kuat dan luar biasa dari desa Kirigakure, yang bekerja di bawah kekuasaan Mizukage kelima, Mei Terumi, yang juga ikut terlibat dalam perang besar Shinobi keempat. Dengan kekuatan Byakugan miliknya, Ao adalah aset yang berharga bagi kekuatan aliansi Shinobi. Dia juga merupakan pemimpin dari divisi sensor.

Namun, mungkin sebagian Geeks tidak mengetahui fakta sebenarnya mengenai Byakugan tersebut. Ao, seperti yang kita ketahui, bukanlah bagian dari klan Hyuuga. Artinya, dia tidak akan pernah bisa menggunakan Doujutsu tersebut. Namun, dalam era peperangan dahulu Ao menyatakan bahwa dia pernah bertarung melawan salah satu anggota klan Hyuuga dan kemudian mencuri Byakugannya.

Obito Uchiha

Banyak fans yang berasumsi jika Obito Uchiha sudah tewas saat ikut berperang dalam perang ninja ketiga, namun, dia sebenarnya berhasil diselamatkan oleh Madara Uchiha. Obito sebenarnya adalah orang yang menjadi pemicu utama dari dimulainya perang besar Shinobi keempat dan juga dia juga dalang dari rencana untuk membuat dunia menjadi tempat yang mengerikan.

Obito Uchiha pernah mencuri Rinnegan dari sosok Nagato, yang mana Rinnegan tersebut Obito gunakan saat perang besar shinobi keempat. Dengan tujuan jahatnya tersebut Obito rela untuk melakukan apa pun, termasuk mencuri Doujutsu milik rekannya sendiri. Namun, tidak mudah bagi Obito untuk bisa mencuri Rinnegan milik Nagato tersebut. Meskipun begitu, pada akhirnya Obito memang berhasil mencuri Doujutsu tersebut.

Nagato di Naruto

Seperti yang disebutkan di poin atas, Nagato merupakan pemilik Rinnegan yang Obito ambil sebelumnya. Namun, sebelum kemudian Rinnegan tersebut menjadi milik Nagato dan Obuto kemudian mencurinya, Nagato mencuri Rinnegan tersebut dari Madara Uchiha. Meskipun begitu, yang menjadi catatan adalah Nagato sendiri tidak terlalu mengetahui mengenai asal-usul Doujutsu yang dia miliki.

Nagato hanya tahu bahwa dia akan menjadi alat untuk mewujudkan impian dari Madara. Dan berbicara mengenai Rinnegan di mata Nagato, Doujutsu tersebut sudah terpasang sejak Nagato kecil. Apakah Madara yang kemudian memasangnya? Atau justru ada sosok lainnya? Tidak ada informasi pasti mengenai hal tersebut.

BACA JUGA: My Hero Academia: Inikah Kelemahan Terbesar All For One?

Toneri Otsutsuki

Toneri merupakan salah satu penerus dari Hamura Otsutsuki dan dia tinggal di bulan. Dia berperan sebagai antagonis utama dalam film The Last: Naruto The Movie. Menjadi seorang Otsutsuki, Toneri memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang membuatnya bisa melakukan banyak hal. Contohnya adalah membelah diri dan bahkan menghancurkan planet. Hal tersebut bisa dia lakukan berkat Doujutsu Tenseigan.

Tenseigan merupakan salah satu Doujutsu yang langka di franchise ini. Dan untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sebelumnya, Toneri sempat mencuri Byakugan milik Hanabi Hyuuga untuk kemudian dipadukan dengan chakra Otsutsuki yang ada dalam dirinya. Hasilnya adalah Toneri berhasil mengaktifkan Tenseigan, yang mampu mengancam keselamatan planet bumi dan isinya.

Shin Uchiha

Shin Uchiha merupakan manusia buatan yang Orochimaru ciptakan. Setelah menggali banyak informasi tentang klan Uchiha, khususnya Itachi, dia kemudian berencana untuk membunuh Sasuke dan mengembalikan klan Uchiha. Shin kemudian membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya melalui hal yang tidak diketahui, namun dia sendiri mengalami trauma emosional.

Seperti yang kita ketahui, Shin Uchiha memiliki banyak sekali Sharingan yang menempel di badannya. Dalam ceritanya sendiri, Shin Uchiha mendapatkan banyak Sharingan tersebut setelah dia mencurinya dari banyak mayat klan Uchiha. Meskipun dia hanya kloning, Shin Uchiha nampak mampu membangkitkan Mangekyou Sharingan versinya sendiri. Hal ini pun membuat Shin Uchiha sempat menjadia ancaman serius.

Danzo Shimura di Naruto

Untuk sosok satu ini, rasanya semua Geeks sendiri sudah mengetahuinya. Danzo merupakan salah satu ninja terkuat di desa Konoha. Dia merupakan sosok yang diberikan tugas oleh Hokage untuk mengurusi berbagai operasi gelap dari Konoha tanpa orang-orang ketahui. Dalam salah satu usaha untuk membuatnya lebih kuat demi melindungi Konoha, Danzo sudah tidak terhitung berhasil mencuri Sharingan milik orang lain.

Salah satu orang yang Danzo curi Sharingannya adalah adalah Mangekyou Sharingan milik Shisui. Dengan menggunakan mata ini, dia bisa mengaktifkan genjutsu yang disebut Kotoamatsukami yang mampu membuatnya memanipulasi orang lain tanpa korbannya menyadari bahwa dia sedang terkena manipulasi pikiran. Yang mengerikan adalah Danzo tidak hanya mencuri satu Sharingan, melainkan banyak yang bisa kita lihat di lengannya.

Menggunakan Doujutsu adalah sebuah hal yang mungkin tidak bisa semua shinobi rasakan. Karena itulah sebagian besar shinobi melakukan berbagai macam cara untuk bisa melakukannya. Salah satunya adalah dengan mencuri Doujutsu milik orang lain, dan memasangnya di tubuh mereka. Para karakter di atas adalah beberapa contoh bagaimana mereka menggunakan Doujutsu milik orang lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.