Geeks masih ingat sosok Jaguar D. Saul di One Piece? Jaguar D. Saul adalah mantan wakil admiral angkatan laut dan juga bagian dari sosok raksasa yang muncul dalam kilas balik Nico Robin. Dia pernah berada di pulau Ohara setelah terdampar di pantainya. Sejak saat itu, Saul lebih memilih untuk bersama para penduduk Ohara dan berusaha melindungi mereka.

Geeks juga tentu masih ingat peristiwa mengerikan yang ada di Ohara puluhan tahun yang lalu. Seperti yang kita tahu, semua penduduk Ohara harus tewas oleh serangan angkatan laut atas apa yang mereka kerjakan yaitu mencoba membaca Poneglyph. Hal ini membuat Pemerintah Dunia murka dan akhirnya menginisiasi Buster Call.

Satu-satunya orang yang selamat dari peristiwa mengerikan itu adalah Nico Robin, yang sekarang menjadi bagian dari kru Luffy. Robin berhasil berkat bantuan dari sosok Jaguar D. Saul. Dalam peristiwa itu, ibu dari Robin, Nico Olivia, harus tewas akibat serangan es yang dilakukan oleh Kuzan alias Aokiji. Selain Nico Olivia, Saul juga dibekukan oleh Aokiji.

Meskipun dalam ceritanya Saul dan Olivia diceritakan sudah tewas dalam serangan itu, tetapi ada kemungkinan lainnya yang fans percayai. Sebagian fans beranggapan jika mereka sebenarnya masih hidup dan selamat. Hanya saja, kondisi mereka masih dalam keadaan membeku. Selama ini, Eiichiro Oda memperlihatkan jika Aokiji sering membekukan orang-orang. Namun, jika Geeks perhatikan sebenarnya orang-orang tidak tewas.

Bukti Saul Belum Tewas di One Piece

Fakta bahwa Aokiji alias Kuzan merupakan teman baik dari Saul pun mendukung spekulasi tersebut. Kuzan mungkin tidak akan mampu atau sanggup untuk kemudian membunuh sahabatnya sendiri. Tidak pernah juga ada yang terluka akibat serangan es yang Aokiji lakukan, kecuali Diamond Jozu yang harus kehilangan tangan kanannya.

Orang-orang yang membeku akibat serangan Aokiji tersebut lantas terlantar begitu saja. Yang menarik juga adalah Aokiji menyebutkan salah satu jurusnya ketika akan membekukan Saul yaitu ‘Ice Time Capsule’. Buat Geeks yang belum paham dengan konsep kapsul waktu, pada intinya adalah kita menanam atau menguburkan atau menyimpan sesuatu untuk kemudian bisa kalian temukan pada masa yang akan datang.

Dengan teknik yang digunakan oleh Aokiji tersebut memunculkan sebuah dugaan jika hal itu memang sengaja Aokiji lakukan. Lalu, apakah Saul bisa mencair? Bagaimana caranya? Mungkin mereka bisa menggunakan api atau benda panas apa pun yang ada di pulau itu untuk mencairkan sosok Saul yang membeku.

Hubungan Jaguar D. Saul dan Kuzan

Pertama-tama kita perlu memahami tentang sosok Aokiji alias Kuzan. Tentu ada alasan mengapa kemudian para fans berspekulasi jika Kuzan adalah bagian dari organisasi rahasia SWORD. Dia memutuskan untuk mundur dari angkatan laut dan sekarang bekerja sama dengan seorang Yonko. Hal ini pun sama seperti yang Drake lakukan.

Seperti yang kita tahu bahwa Kuzan jauh lebih memiliki moral dan juga Sense of Justice yang berbeda dengan para karakter lain seperti Sakazuki atau Kizaru. Beberapa sosok angkatan laut lainnya yang memiliki prinsip keadilan yang sama dengan Kuzan adalah Smoker, Garp, dan Sengoku. Hal ini tentunya memberikan petunjuk besar terkait Kuzan.

Rasanya kecil kemungkinan dan terlalu konyol jika kemudian Kuzan bergabung dengan Blackbeard hanya karena dia ingin hal tersebut. Dan juga tentu ada alasan mengapa Kuzan memutuskan untuk memilih bergabung dengan Blackbeard. Semuanya tentu saling terkait, dan keputusannya untuk bergabung dengan Blackbeard tidak lain untuk menyamar dan mencari informasi.

Kuzan yang membiarkan Robin untuk hidup dalam peristiwa Ohara. Dan sejak saat itu, Kuzan pun terus mengawasi sosok Robin. Bahkan, Kuzan sering kali membiarkan Robin hidup meskipun dia tahu Robin adalah bajak laut. Robin pun bahkan mendapatkan julukan sebagai salah satu sosok paling berbahaya di dunia.

BACA JUGA: One Piece: Siapa Penerus Shogun Wano?

Pertanyaanya kemudian mengapa Kuzan melakukan semua hal itu? Apakah karena Saul juga melakukannya? Rasanya bukan. Bergabungnya Saul ke organisasi SWORD bukan hanya menunjukan kebencian dan juga ketidakpatuhannya terhadap pihak Pemerintah Dunia. Jika Kuzan kemudian mengampuni nyawa Robin, mengapa dia harus membunuh teman baiknya sendiri?

Jaguar D. Saul Bagian SWORD di One Piece?

Melihat bagaimana sikap Saul kepada Robin rasanya memang cukup masuk akal jika kemudian dia menjadi bagian dari SWORD. Mengingat mereka bergerak sangat rahasia, mereka tentu tidak bisa berbuat banyak ketika pihak Pemerintah Dunia dan angkatan laut menghadirkan sebuah tindakan yang mereka anggap tidak pantas.

Bagaimana kemudian Jagual D. Saul terpilih untuk menjalankan misi Ohara pada awalnya tentu memiliki tujuan. Bisa jadi, sang pemimpin SWORD ingin tahu informasi baik dari luar atau pun dari dalam (dari pihak angkatan laut). Dengan begitu, para penduduk Ohara bisa selamat dari berbagai ancaman yang ada.

Namun, jika memang Jaguar kemudian adalah bagian dari SWORD kemungkinan dia memutuskan untuk keluar dari angkatan laut. Saul merasa bahwa dia tidak bisa mengorbankan Ohara demi operasi rahasia yang dia jalankan bersama SWORD. Saul mungkin merasa bahwa dia tidak bisa hanya diam melihat penderitaan besar penduduk Ohara.

Berdasarkan hal tersebut, membiarkan Robin untuk hidup dan “membunuh” Saul bisa jadi sebenarnya adalah sebuah rencana besar SWORD. Dengan Saul yang membeku, seperti yang sudah muncul sebelumnya, Saul bisa saja mencair dan kembali seperti semula. Hanya tinggal masalah waktu sebelum Saul kembali. Kapan hal itu akan terjadi? Itulah yang kemudian menjadi pertanyaan besar selanjutnya.

Namun, mungkin, dengan cerita serinya yang akan segera berakhir, kita akan melihat Saul kembali hidup dalam pertempuran puncak. Dalam pertempuran ini, seperti yang tertulis di artikel sebelumnya, benar-benar akan menjadi pertempuran paling besar dalam seri One Piece mengalahkan pertempuran di Onigashima. Semua pihak yang bertentangan dengan Pemerintah Dunia akan bergabung dengan Luffy, termasuk Saul dan Kuzan. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.