Setelah penantian yang cukup panjang dan proses yang rumit, akhirnya karakter Reed Richards alias Mister Fantastic Four bisa melakukan debutnya di Marvel Cinematic Universe melalui film baru Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Diperankan oleh aktor harapan penggemar John Krasinsky, Reed yang digambarkan sebagai varian dari Earth-838 ini melakukan penampilan singkat yang cukup berkesan, di mana dia muncul sebagai anggota penting Illuminati dan tewas sebagai ‘spageti’.

Menariknya, kemunculan singkat Reed di film Multiverse of Madness tersebut ternyata mengandung easter egg yang mengindikasikan bahwa ada koneksi yang cukup penting di antara dirinya dengan varian Kang the Conqueror yang lebih dahulu muncul di serial Loki (2021), yaitu He Who Remains yang diperankan oleh Jonathan Majors. Tanpa perlu basa-basi lagi, mari kita kupas lebih dalam arti dari easter egg tersebut, Geeks!

Menggunakan Teknologi yang Sama

Easter egg yang akan kita bahas kali ini adalah yang terlihat pertama kali pada saat Reed Richards muncul secara mengejutkan di ruang Council of Illuminati. Saat Sorcerer Supreme Mordo memperkenalkan Reed sebagai “the smartest man alive,” sebuah cahaya kotak berwarna biru tiba-tiba muncul dan bergerak ke atas untuk mengungkap sosok orang paling cerdas yang dimaksud. Alat tersebut sepertinya adalah sebuah teknologi portal yang digunakan oleh Reed untuk mencapai ruangan Illuminati dengan cepat.

Bagi Penggemar setia serial Loki, teknologi portal tersebut sangat mirip seperti yang digunakan oleh Time Variance Authority (TVA) saat mereka akan melakukan ekplorasi ke timeline lain. Bedanya, jika portal yang digunakan oleh Reed mempunyai warna biru terang dan berfungsi secara vertikal, portal yang dipakai oleh TVA justru mempunyai warna oranye dan umumnya dilalui dengan bergerak secara horizontal. Walaupun begitu, bentuknya sama-sama kotak dan mempunyai efek warna bercahaya yang sedikit transparan.

Mengingat semua teknologi yang digunakan oleh TVA adalah ciptaan He Who Remains yang muncul di episode final Loki, hal tersebut secara tidak langsung telah mengindikasikan bahwa Reed mempunyai hubungan dengan He Who Remains dan bahkan mungkin semua varian Kang the Conqueror yang ada di MCU. He Who Remains sendiri telah mengaku bahwa dia berasal dari abad ke-31 dan mempunyai nama asli Nathaniel Richards. Di Marvel Comics sendiri, Nathaniel adalah salah satu keturunan Reed yang hidup pada masa depan alternatif serta digadang-gadang mempunyai kecerdasan yang sama seperti leluhurnya.

Silsilah Keluarga

Hubungan keluarga antara Reed dan Nathaniel sendiri sudah cukup sering dibahas di Marvel Comics, di mana mereka mempunyai banyak sekali kemiripan. Reed adalah karakter Marvel yang melakukan debutnya di komik Fantastic Four #1 (1961) sebagai anggota Fantastic Four sekaligus penemu dan ilmuwan yang sangat terkenal di Bumi. Karena kecerdasannya, Reed sering kali dijadikan harapan oleh banyak orang ketika Bumi menghadapi suatu krisis. Sama halnya dengan Reed, Nathaniel yang debut di komik Fantastic Four #272 (1984) juga dikenal sebagai ilmuwan genius.

Bedanya, Nathaniel menggunakan kecerdasannya untuk menemukan sebuah alat time travel yang akhirnya dia gunakan untuk menjadi penguasa di timeline lain. Dengan teknologi yang dibawanya dari abad ke-31, Nathaniel yang pertama kali mengadopsi nama Rama-Tut ini diceritakan pergi ke zaman Mesir kuno dan berkuasa di sana. Namun, kekuasaanya tersebut runtuh setelah dia berhadapan dengan Reed dan anggota Fantastic Four lain. Singkat cerita, berkat kegagalannya tersebut pada akhirnya Nathaniel menjadi sosok yang lebih hebat dan menggunakan identitas baru sebagai Kang the Conqueror.

Meskipun belum muncul seutuhnya, karakter Kang the Conqueror sendiri sudah dipastikan akan menjadi Big Bad Villain baru yang mirip seperti Thanos di saga sebelumnya. Menjelang ajalnya di serial Loki, He Who Remains juga sempat menjelaskan bahwa dengan adanya multiverse seperti sekarang ini, dia berani menjamin bahwa varian yang lebih buruk darinya akan mulai bermunculan, dan salah satunya dipastikan akan muncul sebagai supervillain di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang akan datang.

Dengan hubungan silsilah keluarga antara Reed dan Nathaniel yang baru saja terungkap ini, setidaknya MCU sudah telah menjelaskan salah satu latar belakangnya. Sehingga saat nanti Kang the Conqueror muncul, para penggemar setidaknya sudah mengetahui mengapa dia begitu cerdas dan sulit untuk dikalahkan, di mana hal tersebut berhubungan dengan leluhurnya yang memang terkenal sebagai salah satu manusia paling cerdas yang pernah ada. Itulah pembahasan mengenai koneksi Reed dan Kang di MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.