Hampir semua penggemar Marvel Comics pasti sepakat bahwa Thor Odinson adalah superhero terkuat di Avengers. Selain terkenal sebagai sang God of Thunder dari Asgard, Thor juga mempunyai salah satu senjata paling hebat di alam semesta, Mjolnir. Dengan dua kombinasi kekuatan tersebut, hampir tidak ada yang tidak bisa dikalahkan oleh Thor, baik itu sesama dewa, maupun monster raksasa yang ukuranya jauh lebih besar dari dirinya. Namun, dibalik kehebatannya yang sekarang, ternyata ada lima kekuatan super yang dihilangkan dari Thor. Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Rune Magic

Saat peristiwa Ragnarok berlangsung, Thor pernah diceritakan meminum air sihir dari Well of Mimir untuk mencegah terjadinya kiamat Asgard tersebut. Hasilnya, seluruh tubuh Thor diberkahi dengan kekuatan Rune Asgard yang memberinya kekuatan sihir luar biasa. Dengan kekuatan ini, Thor terbukti bisa melampaui kehebatan ayahnya, Odin, bahkan sampai bisa melihat semua masa depan di mana hanya ada kehampaan. Setelah peristiwa tersebut, sampai saat ini tidak pernah ada cerita lain yang membahas kekuatan luar biasa dari Thor ini, jadi cukup aman untuk disimpulkan bahwa efek Rune Magic hanya bertahan sementara di tubuh pengguna.

Gamma Radiation

Mengingat betapa kuatnya Thor di Marvel Universe, Marvel pernah memperlihatkan seperti apa jadinya jika Thor mendapatkan kekuatan sang Raksasa Hijau tersebut. Ketika Avengers, Fantastic Four, dan X-Men saling bekerja sama untuk sebuah misi di komik Hulk Vol. 2 #21, supervillain bernama Intelligencia diceritakan dengan sengaja membuat para superhero tersebut terpapar radiasi Gamma. Pada titik ini, untuk pertama kalinya Thor diperlihatkan berubah menjadi sosok seperti Hulk yang mengamuk, lengkap dengan kekuatan fisik super yang jauh lebih superior. Tidak lama setelah Intelegencia berhasil dikalahkan, Thor akhirnya kembali sadar dan tidak pernah berubah lagi menjadi Hulk.

Black Lightning

Di komik Valkyrie: Jane Foster, Thor lagi-lagi diperlihatkan kehilangan kendali atas dirinya setelah terinfeksi oleh keberadaan entitas kegelapan bernama Røkkva. Saat dirinya terpapar Røkkva, Thor berubah menjadi versi terjahat dirinya yang sangat sulit sekali untuk dilukai. Hal tersebut bisa terjadi karena versi jahat Thor ini mendapatkan kekuatan tambahan dari kegelapan yang mengubah kekuatan petirnya menjadi berwarna hitam dan jauh lebih mematikan. Syukurnya, Jane berhasil mengembalikan kesadaran Thor, sehingga petir hitamnya tidak lagi mengancam alam semesta dan semua isinya.

Power Cosmic

Meskipun Thor terkenal sebagai dewa di Marvel Universe, tetapi dia baru benar-benar mendapatkan kekuatan kosmik setelah Galactus memberikan kekuatannya untuk mengalahkan entitas kosmik Black Winter. Kombinasi antara kekuatan kosmik murni dan All-Father yang didapatkan dari Odin, telah membuat Thor menjadi sosok kosmik maha kuat, di mana kekuatannya meningkat beribu-ribu kali lipat. Kekuatan kosmik ini hilang karena Thor sengaja mengumpulkan kekuatan kosmiknya untuk menciptakan sebuah bom kosmik yang berhasil membunuh Black Winter.

Nature Manipulation

Tidak banyak yang tahu bahwa ibu kandung Thor yang sebenarnya adalah elder god Gaea, itulah mengapa dia terlahir dengan fisik yang lebih kuat dari kebanyakan Asgardian. Dan ketika ras alien berbentuk tanaman yang disebut Cotati menyerang Bumi, kekuatan Thor yang didapat dari Gaea akhirnya bangkit, di mana kekuatan baru ini memungkinkan dia untuk memanipulasi alam, khususnya tanaman. Namun, pada akhirnya Thor menggunakan semua kekuatan tanamannya yang tersisa untuk menciptakan sebuah planet permanen bagi para Cotati. Sejak saat itu, kemampuan memanipulasi tanaman ini tidak pernah dikeluarkan lagi oleh Thor.

Itulah lima kekuatan super Thor yang dihilangkan dari dirinya. Meskipun kelima kekuatan ini hanya bersifat sementara di tubuh Thor, tetapi kedahsyatannya masih tercatat dalam sejarah Marvel sebagai kekuatan super paling kuat yang pernah dimiliki oleh Thor. Bisa dibayangkan apa jadinya jika Thor masih memiliki salah satu dari kelima kekuatan ini, mungkin statusnya sebagai superhero paling kuat akan makin solid. Apalagi jika kelimanya tetap dipertahankan oleh Thor sampai sekarang, sepertinya dia akan naik tingkat dari awalnya hanya seorang dewa, menjadi entitas kosmik yang setara dengan elder god.