Di Marvel Universe, hasil akhir dari sebuah peristiwa atau pertarungan antara superhero dan supervillain umumnya sangat bergantung pada benda atau senjata kuat yang tersebar di universe bahkan multiverse. Selain benda kosmik seperti Infinity Gems atau senjata seperti Mjolnir, di semesta Marvel juga terdapat banyak sekali benda sihir yang sering kali diperebutkan oleh para karakter di dalamnya, Dan dari sekian banyak benda sihir, buku adalah salah satunya yang tidak pernah gagal mengejutkan banyak orang dengan kesaktiannya. Dari mulai buku artefak sampai catatan yang diukir pada media batu, berikut lima buku sihir di Marvel Universe yang terkenal sangat sakti!

Darkhold

Darkhold adalah sebuah buku sihir legendaris sekaligus terkutuk yang mempunyai banyak sekali nama, termasuk sering disebut juga sebagai Book of Sins, Shiatra Book of the Damned, atau Scroll of Chthon. Diciptakan oleh elder god Chthon yang terkenal sebagai praktisi sihir kegelapan pertama, Darkhold berisi tentang mantra dan rahasia sihir kegelapan yang sangat sakti. Saking kuatnya buku terkutuk ini, penyihir sakti seperti Doctor Strange dan Merlin mengaku tidak bisa menghancurkannya. Ada pun penyihir yang pernah tergoda untuk menggunakan Darkhold di antara lain adalah Scarlet Witch dan Doctor Doom.

Book of Vishanti

Sebagai lawan dari buku terkutuk Darkhold, Book of Vishanti adalah buku sihir yang berisi tentang pelajaran serta mantra untuk menangkal sihir lain, termasuk sihir kegelapan. Berbeda dari Darkhold yang umumnya berisi sihir yang bersifat ofensif, di dalam Book of Vishanti yang halamannya tidak terbatas ini hanya berisi sihir-sihir defensif. Sebagai praktisi pertama sihir putih, elder God Vishanti sengaja menciptakan buku sihir untuk digunakan oleh Sorcerer Supreme seperti Doctor Strange, agar bisa menangkal kekuatan jahat dari para elder god yang berusaha untuk menguasai bahkan sampai menghancurkan alam semesta, seperti Chthon dan Shuma-Gorath.

Book of Cagliostro

Buku sihir berikutnya yang tidak kalah hebat adalah Il Libro di Cagliostro alias Book of Cagliostro. Ditulis oleh penyihir sakti nan misterius yang bernama Cagliostro alias O-Bengh pada abad ke-18, Book of Cagliostro berisi tentang sejarah dan pengetahuan tentang banyak artefak sihir serta makhluk kuat yang tersebar di Bumi, termasuk di dalamnya adalah bagian dari sihir Darkhold dan Book of Vishanti. Yang membuat buku ini menjadi rebutan para penyihir adalah karena di dalamnya juga terdapat cara untuk melakukan perjalanan waktu. Strange dan Baron Mordo sering kali memperebutkan Book of Cagliostro untuk menjadi penyihir paling sakti di Marvel Universe.

Lifeline Tablet

Meskipun diukir pada media batu, tetapi Lifeline Tablet termasuk ke dalam kategori ‘buku sihir’ yang diciptakan pada masa lalu dan diidam-idamkan oleh banyak orang. Hal itu disebabkan karena tablet yang pertama muncul dalam kisah The Amazing Spider-Man ini mengandung tulisan yang merupakan resep untuk membuat serum ‘kehidupan’. Konon serum yang diciptakan berdasarkan resep dari Lifeline Table ini dapat menyembuhkan semua luka, membuat awet muda, dan memaksa penggunanya untuk mencapai tingkat evolusi tertinggi di rasnya. Sejauh ini karakter yang sering memperebutkan Lifeline Tablet ini di antara lain adalah supervillain seperi Kingpin, Hammerhead, dan Lizard.

Word of God

Terakhir, buku sihir sakti yang menjadi incaran oleh banyak orang dari seluruh penjuru galaksi adalah Word of God. Keistimewaan dari buku yang konon mengandung perkataan para dewa ini adalah siapa pun yang membacanya dapat memanipulasi, menciptakan, dan bahkan menhancurkan realitas. Ada banyak sekali penyihir dari multiverse yang sangat menginginkan Word of God, untuk itu Merlin selaku entitas multiverse yang mengetahui betapa berbahayanya buku ini akan langsung memenjarakan siapa pun yang mencoba memilikinya secara paksa. Selain Merlin, penyihir seperti The Forgotten, Sir Isaac Newton, dan Baron Mordo, adalah orang-orang yang telah ‘mencicipi’ kekuatan buku Word of God.

Kelima buku sihir ini sampai saat ini masih menjadi benda sihir paling sakti di Marvel Universe yang menjadi incaran para praktisi sihir di seluruh multiverse. Karena selain berisi tentang pengetahun dan sejarah sihir, siapa pun yang memilikinya salah satu dari kelima buku sihir ini sering diakui sebagai salah satu penyihir terkuat di Marvel Universe. Sehingga tidak jarang para superhero harus turun tangan untuk mencegahnya agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Itulah lima buku sihir yang tidak perlu diragukan lagi kesaktiannya di Marvel Universe.