Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film Marvel Cinematic Universe ke-28 yang baru saja dirilis oleh Marvel Studios di seluruh dunia. Selain menghadirkan banyak sekali karakter populer dari Marvel Comics serta berhasil menyajikan nuansa horor dengan sangat baik, film Doctor Strange 2 ini kembali mengekplorasi multiverse Marvel secara lebih dalam, di mana para penggemar untuk pertama kalinya melihat seperti apa peristiwa ikonik yang disebut Incursion digambarkan di MCU.

Dengan multiverse Marvel yang lebih luas, serta peristiwa tabrakan antar universe yang telah diperkenalkan, sekarang Marvel Studios sepertinya telah mempunyai fondasi yang cukup untuk membawakan kisah yang lebih epik lagi. Dalam sejarah Marvel, Incursion sendiri adalah sebuah permulaan yang dapat memicu peristiwa besar seperti ‘Secret Wars’. Itulah mengapa perkenalannya di film Doctor Strange 2 dapat menjadi awal dari kisah legendaris tersebut di MCU. Sebelum membahas apa yang terjadi di filmnya, mari kita kenali lebih dahulu seperti apa peristiwa Secret Wars di Marvel Comics.

Incursion, Tanda Awal Malapetaka

Di Marvel Comics, multiverse Marvel adalah sebuah konsep besar yang telah diperkenalkan sejak lama melalui berbagi kisah ikoniknya, salah satunya adalah Secret Wars. Meskipun awalnya ribuan universe saling berdampingan dengan ‘tenang’ dan berjalan masing-masing di multiverse Marvel, tetapi ada sebuah dampak buruk atau bencana yang sama sekali tidak bisa dihindari, yaitu Incursion. Peristiwa buruk tersebut sangat mungkin terjadi jika tabir pemisah antara dua universe ditembus atau dirusak, di mana selanjutnya rentetan kejadian yang lebih buruk akan menghampiri sampai kedua universe benar-benar hancur.

Peristiwa Incursion biasanya disimbolkan dengan dua Bumi yang saling bertemu sebagai perwakilan dari masing-masing universe. Dari situlah terungkap bahwa satu-satunya cara untuk menghentikan bencana dahsyat ini adalah dengan menghancurkan salah satu Bumi yang akan bertabrakan, di mana cara tersebut tentunya dapat mengakibatkan miliaran nyawa melayang demi mengembalikan dua universe ke ‘jalurnya’ masing-masing. Menariknya, Incursion sendiri menjadi elemen penting di kisah Secret Wars versi 2015 yang ditulis oleh Jonathan Hickman.

Di komik New Avengers karya Hickman, penggemar melihat bagaimana kelompok rahasia Illuminati dibentuk oleh para superhero cerdas, seperti Doctor Strange, Black Panther, Namor, Iron Man, Beast, Mister Fantastic, dan Doctor Strange. Kelompok yang menrahasiakan keberadaan dan tujuannya ini dimaksudkan untuk mengambil keputusan penting agar tabir Incursion tidak rusak karena sebuah peristiwa besar, di mana tidak jarang Incursion tetap terjadi dan mereka harus mengambil keputusan sulit untuk menghancurkan salah satu Bumi.

Singkat cerita, setelah peristiwa Incursion terus terulang dan bertambah sering, pada akhirnya terungkap bahwa bencana tersebut sengaja ‘diatur’ oleh ras alien multiverse, Beyonders, yang sangat ingin menghancurkan semua realitas. Motif gila tersebut dilancarkan dengan cara memperalat semua Molecule Man di masing-masing universe sebagai ‘tombol’ untuk memulai Incursion, di mana hal tersebut berhasil mereka lakukan sampai hanya tersisa dua universe saja, Prime Earth-616 dan Ultimate Universe.

Di komik Secret Wars, ketika final Incursion dilancarkan untuk menghancurkan kedua universe yang tersisa, supervillain Doctor Doom muncul sebagai pahlawan kesiangan. Dengan kekuatan yang dia pinjam dari Molecule Man Earth-616, Doom yang mendapatkan kekuatan dewa akhirnya berhasil menciptakan Battleworld, sebuah planet yang terbentuk dari ‘pecahan’ berbagai universe. Secret Wars sendiri menceritakan bagaimana para karakter Marvel dari berbagai universe yang sekarang tinggal di Battleworld, mencoba melawan tirani Emperor Doom sambil mengembalikan keutuhan universenya.

Incursion dan Secret Wars Pada Masa Depan MCU

Kembali lagi ke peristiwa Doctor Strange 2 di MCU, diceritakan bahwa Incursion yang terjadi di filmnya telah menyebabkan semua realitas di dua universe saling ‘bersatu secara paksa’. Dua universenya memang tidak saling bertabrakan secara fisik seperti di Marvel Comics, tetapi semua kehidupan di dalamnya dinyatakan lenyap dan realitasnya menjadi saling tumpang tinding. Di adegan mid credit Doctor Strange 2, bahkan kemunculan Clea (Charlize Theron) yang mengejutkan telah mengisyaratkan bahwa Strange adalah sosok kunci yang bisa mencegah peristiwa Incursion selanjutnya.

Ending film Doctor Strange 2 tersebut mengindikasikan bahwa peristiwa Incursion akan kembali terjadi lagi pada masa depan MCU. Kedepannya, ada kemungkinan Doctor Strange akan mendirikan Illuminati versi Earth-616, yang terinspirasi dari Illuminati Earth-838 di film sekuelnya, untuk melindungi Prime Earth dari peristiwa Incursion yang akan datang. Jika benar seperti itu, bukan tidak mungkin Secret Wars akan menjadi film terakhir di saga baru MCU yang rencananya akan mempunyai tiga fase seperti Infinity Saga sebelumnya. Masih ada banyak waktu sampai teori ini bisa terbukti di Fase 6 MCU yang akan datang.

Dan yang lebih menariknya lagi, sebenarnya peristiwa mirip Secret Wars sendiri sudah pernah disinggung di serial Loki. Ketika Loki (Tom Hiddleston) dan Sylvie (Sophia Di Martino) bertemu dengan He Who Remains (Jonathan Majors) di Void, terungkap bahwa sebenarnya antagonis di serial tersebut mempunyai peran seperti Beyonders di Marvel Comics. He Who Remains adalah varian Kang yang berhasil ‘meniadakan’ multiverse dengan menyisakan satu universe saja, yaitu Sacred Timeline. Upaya tersebut sengaja dia lakukan karena muak terhadap variannya yang saling berebut universe untuk dikuasai.

Mungkin sejarah yang diceritakan oleh He Who Remains adalah peristiwa Secret Wars pertama, dan sangat mungkin kembali terjadi karena sekarang multiverse telah kembali dengan semua varian Kang di dalamnya, termasuk Kang the Conqueror yang digadang-gadang akan menjadi ‘Big Bad Villain’ selanjutnya di MCU. Bukan tidak mungkin nantinya para varian Kang di multiverse ini akan mengambil alih peran seperti Beyonders, di mana mereka akan membuat multiverse gaduh dengan Incursion dan perang yang terjadi di antara mereka.

Di sisi lain, sosok Doctor Doom mungkin akan muncul juga pada masa depan MCU, mengingat Marvel Studios tengah menyiapkan film solo Fantastic Four yang merupakan musuh bebuyutan Doom. Kang dan Doctor Doom adalah dua supervillain yang sangat mungkin mewujudkan Secret Wars di MCU. Dan sekarang dengan semua yang telah terjadi di film Doctor Strange 2, semuanya sangat mungkin untuk terjadi. Saat waktunya nanti tiba, para karakter dari berbagai universe sepertinya akan saling bersinggungan sekali lagi dalam peristiwa MCU yang jauh lebih besar, bersejarah, sekaligus epik.