Setelah penantian panjang dan antusiasme yang sudah tidak terbendung lagi, akhirnya film Doctor Strange 2 yang mempunyai judul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness, sudah bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia sejak tanggal 5 Mei lalu. Disutradarai oleh Sam Raimi serta ditulis oleh Michael Waldron, film solo kedua Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) ini kembali mengeksplorasi multiverse dengan menghadirkan lebih banyak lagi varian dan universe alternatif yang sangat menarik.

Selain Cumberbatch, film Marvel Cinematic Universe bernuansa horor ini juga dimeriahkan oleh Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch, Xochitl Gomez sebagai America Chavez, Benedict Wong sebagai Wong, Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo, Rachel McAdams sebagai Christine Palmer, Patrick Stewart sebagai Professor X, Hayley Atwell sebagai Captain Carter, dan masih banyak lagi. Tidak sedikit juga para penggemar yang telah menyaksikan filmnya bersyukur bisa melihat banyak sekali karakter kejutan di dalamnya.

Namun, dari sekian banyak karakter yang diharapkan muncul, ternyata Kang the Conqueror yang digadang-gadang akan menjadi ‘Big Bad Villain’ di Multiverse Marvel justru sama sekali tidak terlihat batang hidungnya. Dan untuk menjawab kegundahan tersebut, baru-baru ini, penulis Michael Waldron menjelaskan alasan Kang tidak muncul di film Doctor Strange 2 adalah karena kehadiran Kang dapat membuatnya terasa berlebihan, sedangkan Scarlet Witch sendiri sudah cukup cukup besar untuk filmnya.

“Ketika bekerja sama dengan Sam [Raimi], untuk menjadikan Wanda sebagai antagonis di filmnya, saya berpikir bahwa tidak akan ada film lain yang lebih menyenangkan dari itu, karena dia (Wanda) sangat luar biasa,” ungkap Waldron. “Di sisi lain, jika kami memperkenalkan Kang juga, yang kehebatannya sudah tidak diragukan lagi karena diperankan oleh Jonathan Majors, kami hanya akan membuat filmnya menjadi sangat beresiko, karena mungkin akan terasa berlebihan.”

Penjelasan mengapa Kang tidak muncul di film Doctor Strange 2 sebenarnya cukup masuk akal. Karena jika dia benar-benar muncul, mungkin hal tersebut akan mengerdilkan motif Wanda yang ingin kembali bersama anak-anaknya, mengingat Kang versi MCU adalah sosok yang ingin menguasai multiverse. Walaupun dia tidak muncul di film Doctor Strange 2, Kang the Conqueror dari Jonathan Majors dipastikan akan muncul di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania mendatang, yang akan dirilis pada 17 Februari 2023.