Doctor Strange 2 alias Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film Marvel Cinematic Universe ke-28 yang mengekplorasi multiverse secara lebih luas. Dengan kehadiran sosok America Chavez yang bisa melakukan perjalanan antar universe, Doctor Strange diceritakan melakukan petualangan bersamanya ke berbagai universe alternatif dan bertemu dengan banyak varian dari dirinya sendiri, termasuk Defender Strange, Illuminati Strange, dan juga versi jahat yang dipanggil Sinister Strange.

Disutradarai oleh Sam Raimi yang sebelumnya mengerjakan waralaba horor berjudul Evil Dead, film Doctor Strange 2 sendiri berhasil menyuguhkan tayangan yang sarat akan nuansa mengerikan, termasuk salah satunya adalah kehadiran Sinister Strange yang terlihat mempunyai mata tambahan di dahinya. Selain menjadi salah satu elemen horor, mata tiga yang terlihat dimiliki oleh Sinister sepertinya disebabkan oleh ‘sesuatu’ dan mempunyai arti tersendiri di MCU. Dan yang tidak kalah mengejutkan, di akhir filmnya sendiri, Doctor Strange versi utama dari Earth-616 ternyata mempunyai mata ketiga juga!

Fakta mengejutkan tersebut telah memicu berbagai pertanyaan dan spekulasi penggemar terkait perubahan fisik yang dialami oleh Doctor Strange tersebut. Apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Sebenarnya penjelasannya cukup sederhana, mata ketiga tersebut bisa muncul ketika ‘seorang Strange’ menggunakan buku terkutuk Darkhold terlalu lama. Perubahan fisik ini terlihat pertama kali dialami oleh Sinister Strange yang menggunakan Darkhold untuk mencari varian Christine yang bisa menerima dirinya di universe lain.

Salah satu mantra sakti di Darkhold sendiri adalah ‘Dreamwalk’, di mana penggunanya bisa merasuki varian dirinya di universe lain. Dan sepertinya jika seorang Strange terlalu lama menggunakan mantra Dreamwalk, maka mata ketiga akan muncul sebagai efek sampingnya. Secara fungsi mungkin mata ketiga ini mempunyai fungsi yang sama seperti Eye of Agamotto di Marvel Comics. Di komiknya, Eye of Agamotto sendiri sebenarnya adalah sebuah artefak sakti yang dipegang oleh Sorcerer Supreme Prime Earth, tetapi artefak tersebut pernah juga digunakan sebagai ‘mata ketiga’ oleh Doctor Strange.

Bedanya, jika mata ketiga ‘Eye of Agamotto’ di Marvel Comics hanya bisa digunakan oleh Strange untuk merapal sihir ‘putih’, mata ketiga ‘Darkhold’ di MCU justru muncul sebagai pertanda bahwa Doctor Strange telah menguasai sihir ‘hitam’ dari buku terkutuk yang ditulis oleh iblis pertama, Chthon. Sampai saat ini masih belum dijelaskan apa sebenarnya fungsi dari mata ketiga ini di MCU, tetapi kemungkinan besar mata tambahan ini memungkinkan Strange untuk melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh kedua mata aslinya.

Di Marvel Comics, mata ketiga tersebut memungkinkan Strange untuk melihat ‘kebenaran’, sedangkan mata ketiga di MCU mungkin memberi kemampuan tambahan kepada Strange untuk bisa melihat segalam macam ‘kepalsuan’. Kemampuan baru ini nantinya bisa saja digunakan oleh Strange untuk melihat wujud asli dari orang lain dan juga membuatnya tidak terkecoh oleh sihir ilusi, misalnya seperti penyamaran yang dilakukan oleh ras alien Skrull atau sihir ilusi yang sering menjadi andalan Loki. Dengan kemampuan inilah nantinya Strange akan makin mengukuhkan posisinya sebagai penyihir paling sakti.

Dan sepertinya akan lebih menarik lagi, jika mata ketiga ini nantinya memungkinkan Strange untuk melakukan lebih banyak lagi hal menarik lainnya, seperti membaca pikiran orang lain, menembakan proyektil dari mata tambahannya, dan juga melakukan Dreamwalk tanpa memelukan Darkhold. Itulah pembahasan tentang penyebab perubahan fisik Doctor Strange di Multiverse of MadnessĀ dan seperti apa teori dari kekuatan barunya tersebut. Bagaimana menurut kalian, Geeks?