Moon Knight merupakan sebuah serial yang menjadi bagian dalam fase keempat waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU). Serial ini dibintangi oleh aktor Oscar Isaac sebagai Marc Spector, seorang avatar dari Dewa Mesir Khonshu yang membuatnya menjadi superhero vigilante dengan sebutan Moon Knight. Marc berbeda dengan karakter pahlawan super lainnya karena ia mempunyai gangguan identitas disosiatif. Dengan gangguannya tersebut, ia pun memiliki kepribadian ganda yang akhirnya menciptakan sesosok karakter dalam dirinya yang bernama Steven Grant.

Dalam serial Moon Knight, Marc, dan Steven memiliki karakteristik yang sangat jauh berbeda, dan saling berlawanan. Marc secara singkat digambarkan sebagai seorang pembunuh bayaran yang bisa bertarung, dan lihai menggunakan beragam senjata, sedangkan Steven adalah pria cerdas yang hanya bekerja di British Museum di London. Di sisi lain, karakter Steven dalam serial ini ternyata juga mempunyai banyak perbedaan dengan versi originalnya yang ada pada komik aslinya mulai dari kepribadian, status hingga kemampuannya.

Marvel Studios rasanya merubah hal tersebut dengan cara yang apik, dan membuat para penggemar masih tetap bisa menikmati karakter Steven tanpa kehilangan sosok originalnya. Sepanjang serial Moon Knight, Steven Grant versi MCU pun harus diakui terlihat mengesankan, dan menarik perhatian. Lalu, perbedaan apa sajakah yang ada diantara Steven Grant versi komik, dan di serial Moon Knight? Geeks, inilah pembahasan selengkapnya!

Kekayaan

Perbedaan mencolok pertama dari Steven Grant versi komik, dan serialnya adalah soal kekayaan. Pada cerita originalnya, Steven terlihat sangat kaya, dan ia lebih mirip sosok Bruce Wayne. Ia tinggal di sebuah apartemen mewah yang dihiasi dengan berbagai macam buku. Berkat keterampilan finansial Steven, Marc pun pada akhirnya mampu membeli beragam gadget yang dibutuhkan untuk memperkuat Moon Knight.

Steven Grant dalam MCU digambarkan lebih membumi, dan terbilang memiliki kehidupan yang cukup sederhana. Sehari-harinya ia menjadi seorang pekerja di toko souvenir di museum London. Dia tinggal seorang diri di apartemen sederhana milik ibunya. Tetapi, kepintarannya dalam memahami peradaban Mesir Kuno membuatnya menjadi karakter yang mengesankan.

Pesona Kharismatik

Selama di serial Moon Knight, Steven seperti seorang kutu buku yang pintar, dan terkesan menawan. Tetapi, sayangnya dirinya canggung untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya. Layaknya orang introvert, Steven pun hidup sendiri, dan satu-satunya teman bicaranya adalah sesosok manusia patung berwarna emas yang selalu ia temui ketika pulang bekerja.

Dalam komik, Steven adalah seorang miliarder, dermawan, dan juga playboy. Kepribadiannya itu pun malah terlihat hampir serupa seperti Tony Stark alias Iron-Man. Steven juga mempunyai kemampuan sosialisasi yang baik, dan mampu berinteraksi dengan sejumlah tokoh penting di dalam masyarakat, dan sekaligus cerdik saat melakukan transaksi bisnis.

Cerdas Secara Intelektual

Di MCU, Steven Grant adalah seorang akademisi yang mengagumkan, dan ia mampu membaca hieroglif Makedonia dan Mesir Kuno. Selain itu, ia juga bisa berbahasa asing selain Inggris, salah satunya adalah Perancis. Lalu, Steven memiliki tingkat intelektualitas yang cekatan saat dirinya bisa memecahkan teka-teki untuk menemukan lokasi makam Dewa Ammit.

Sementara itu, dalam komik, Steven sama sekali tidak benar-benar “bodoh.” Meski tidak secerdas versi MCU, karakternya tetap pintar dengan tujuan yang berbeda. Sebagai seorang milliarder yang kaya raya, ia tentunya membutuhkan kepandaian dalam berbisinis, dan juga pengetahuan yang cukup banyak untuk membuatnya menjadi seorang pengusaha sukses.

Membenci Khonshu

Steven Grant dalam komik memiliki hubungan yang cukup baik dengan dewa Mesir Khonshu. Tetapi, ada beberapa momen yang membuat mereka kurang bersahabat. Salah satunya ketika Steven bersekutu dengan kepribadian lain, termasuk Jake Lockley, untuk mengasingkan Khonshu dari pikiran mereka. Meski begitu, hubungan Steven dengan Khonshu berjalan baik-baik saja dalam periode waktu yang cukup lama.

Sebaliknya di MCU, Khonshu secara terang-terangan menyebut Steven Grant bodoh, dan tidak ingin menjadikannya sebagai Moon Knight. Dia lebih memilih Marc Spector untuk selalu menjadi avatarnya yang paling dipercaya. Pada akhirnya, Steven juga tidak menyukai Khonshu setelah Marc mengungkapkan bahwa dia berniat menjadikan Layla sebagai avatar selanjutnya untuk menjadi Moon Knight.

Mr. Knight

Mr. Knight merupakan persona superhero Steven Grant sebagai salah satu kepribadian ganda dari Marc Spector. Di serial Moon Knight, karakter ini muncul setelah Steven memanggil kekuatan Khonshu karena dirinya sedang terdesak, dan ketakutan di kejar-kejar oleh monster serigala. Mr. Knight memiliki penampilan yang eksentrik dengan setelan serba warna putih mulai dari jas, celana, topeng, hingga sepatunya.

Sosok Mr. Knight dalam komik, dan MCU ternyata sama-sama tampil memukau, dan juga menarik perhatian. Perbedaannya, Mr. Knight sebenarnya adalah alter ego yang masih dimiliki oleh Marc Spector, namun dalam serialnya ini sosok tersebut langsung terikat dengan Steven Grant. Dengan sosok Mr. Knight di dalam diri Steven, ia pun mempunyai kemampuan bertarung yang mumpuni, dan kekuataanya tidak kalah dibandingkan dengan Moon Knight milik Marc.

Itulah dia Geeks beberapa perbedaan antara Steven Grant versi komik dan MCU. Perbedaan tersebut tentu saja dihadirkan untuk membuat ceritanya lebih menarik dan terlihat segar. Nah menurut Geeks, apalagi perbedaan Steven Grant versi komik dan MCU?