Lebih dari satu dekade lalu, film Avatar karya sutradara veteran James Cameron untuk pertama kalinya dirilis oleh 20th Century Studios ke seluruh dunia. Pada saat itu filmnya berhasil menggebrak standar box office dengan kualitas visual yang sangat visioner sekaligus memukau. Berkat keberhasilan konsep sinematografi yang menggabungkan aktor asli dengan teknologi CGI, pada saat itu banyak penggemar yang mengharapkan kelanjutkan kisahnya, di mana permintaan tersebut baru akan terwujud pada tahun ini.

Film Avatar 2 sendiri telah melalui waktu pengembangan yang cukup panjang, dengan Cameron yang berniat untuk membangun cerita yang bisa bertahan sampai film Avatar kelima. Bersama studio Disney yang sekarang menaungi film sekuelnya ini, tema Avatar 2 sendiri dipastikan masih tetap akan fokus pada pertempuran antara ras asli Planet Pandora, Na’vi, melawan para manusia Bumi yang berusaha menjajah sumber daya alam mereka.

Setelah sempat membuat penggemar penasaran, akhirnya Disney mengungkapkan judul resmi dari film Avatar 2 ini. Dalam acara CinemaCon yang berlangsung di Kota Las Vegas, Disney baru saja mengumumkan bahwa judul resmi sekuel Avatar adalah Avatar: The Way of Water. Judul ini sangat sesuai dengan premis sekuelnya yang akan bercerita tentang Jake dan Neytiri, bersama anaknya, yang pindah ke pesisir pantai dan bergabung dengan suku Na’vi yang menggantungkan hidupnya pada lautan di Planet Pandora.

Judul The Way of Water sendiri sebenarnya sempat terkuak pada tahun 2018 lalu bersamaan dengan ide judul-judul lainnya, seperti The Seed Bearer, The Tulkun Rider, dan The Quest For Eywa. Namun, pada saat itu, Cameron mengatakan bahwa mereka masih belum memutuskan judul mana yang akan benar-benar dipakai untuk sekuel pertama Avatar ini. Dan sekarang, setelah penantian yang panjang, akhirnya mungkin mereka menjatuhkan pilihannya pada judul yang lebih fokus dengan peristiwa di filmnya nanti.

Selain kembali melibatkan aktor Sam Worthington dan Zoe Saldana sebagai Jake dan Neytiri, film sekuel ini juga kabarnya akan kembali dimeriahkan oleh Sigourney Weaver dan Stephen Lang yang akan mengulang perannya sebagai Dr. Grace Augustine dan Colonel Miles Quaritch. Trailernya sendiri rencananya akan ditayangkan lebih dahulu di pembukaan film Doctor Strange 2 pada tanggal 5 Mei nanti, sebelum akhirnya dirilis secara global seminggu kemudian. Film Avatar: The Way of Water akan tayang pada 16 Desember 2022.