Masing-masing Road Poneglyph yang ada di cerita One Piece menghadirkan secara detail lokasi spesifik dari pulau terakhir, Laugh Tale, jika kemudian seluruh Road Poneglyph tersebut digabungkan. Jumlah Road Poneglyph sendiri diketahui ada empat, dua informasi Road Poneglyph sudah dikantongi oleh kelompok Topi Jerami. Di akhir arc Wano, para fans meyakini bahwa Luffy akan menemukan Road Poneglyph yang ketiga.

Disebutkan bahwa Poneglyph ketiga milik Kaido ada di Wano. Namun, di mana pastinya Kaido menyembunyikan Road Poneglyph miliknya tersebut? Gol D. Roger diketahui menjadi orang pertama dalam 800 tahun terakhir yang berhasil mencapai pulau Laugh Tale. Roger berhasil mengumpulkan keempat informasi Road Poneglyph mulai dari milik Big Mom, kemudian dari pulau manusia ikan yang sekarang menghilang, dan dua lainnya berasal dari Zou dan Wano.

Kelompok bajak laut Topi Jerami sudah berhasil mengumpulkan dua Road Poneglyph yang berasal dari Zou dan milik Big Mom. Mereka sekarang berada di ujung kemenangan untuk mengalahkan Kaido, yang artinya hanya tinggal selangkah lagi untuk menemukan posisi Road Poneglyph ketiga yang diketahui ada di Wano. Artinya Luffy harus menemukannya terlebih dahulu.

Namun, sayangnya, lokasi pasti di mana Road Poneglyph tersebut tersimpan masih menjadi misteri besar sejak pertama kali diketahui pada chapter 967. Kaido pun bahkan tidak memberi tahu di mana lokasi Road Poneglyph tersebut kepada Big Mom. Jawaban yang paling masuk akal dari pertanyaan tersebut adalah Road Poneglyph ada di pulau Onigashima.

Pulau Onigashima adalah markas dari Kaido dan kelompoknya, dan logikanya ini menjadi tempat yang paling aman di wilayah Wano. Trafalgar Law sempat menemukan sebuah Poneglyph di sebuah lantai di istana Kaido, seperti diperlihatkan dalam chapter 996 kemarin. Namun, sebagian fans sendiri ragu bahwa Poneglyph tersebut adalah Road Poneglyph.

Lagipula, reaksi yang diperlihatkan oleh Law nampak biasa saja yang artinya bisa jadi Poneglyph tersebut bukanlah Road Poneglyph. Serta, belum ada konfirmasi dari Oda Sensei bahwa itu adalah Road Poneglyph. Sampai chapter 1047 ini, kita mungkin sudah diperlihatkan hampir seluruh bagian dari istana Kaido.

Meskipun begitu, masih ada kecenderungan bahwa ada ruangan tersembunyi yang sampai saat ini masih belum diperlihatkan dalam ceritanya. Di sisi lain, muncul sebuah spekulasi lainnya. Apakah mungkin jika Road Poneglyph milik Kaido tersebut tidak berada di Onigashima? Apakah Kaido menyimpannya di suatu tempat di wilayah Wano?

Ketika Oden berpetualang bersama kelompok bajak laut Roger, dia kembali untuk mendapatkan informasi mengenai Road Poneglyph yang ada di Wano. Pada saat itu, Kaido dan Orochi sedang berkuasa di Wano, merubah wilayah damai ini menjadi sebuah tempat mengerikan sampai sekarang. Meskipun begitu, Oden masih tetap bisa mengambil informasi tersebut dan pergi tanpa masalah.

Tidak disebutkan adanya pertarungan atau masalah apa pun saat Oden berusaha untuk mengambil informasi dari Road Poneglyph tersebut. Bahkan, saking mulusnya semua hal yang dilakukan oleh Oden, dia tidak menyadari bahwa sang ayah, Kozuki Sukiyaki, sudah tewas di tangan Orochi dan Orochi menjadi sosok Shogun yang baru.

Berdasarkan hal tersebut, jelas bahwa akses untuk menuju Road Poneglyph yang ada di Wano tidaklah sulit. Ada kemungkinan bahwa Road Poneglyph tersebut tersimpan di wilayah Kuri, karena saat Oden kembali untuk mengambil Road Poneglyph tersebut dia mendarat di pantai, di mana terdapat kapal yang siap menunggunya.

Kemungkinan lainnya, Oda Sensei mungkin sengaja menyimpan Road Poneglyph tersebut di tempat yang tidak terduga seperti desa Amigasa yang sudah hancur. Itu adalah tempat di mana Luffy pertama kali bertemu dengan Tama. Kaido mungkin sudah mengetahui di mana lokasi Road Poneglyph tersebut dan memutuskan untuk memindahkannya ke lokasi lain.

Namun, tentu akan sangat menarik juga jika kemudian Poneglyph berwarna merah ini ditemukan di tempat yang tidak diduga oleh banyak orang. Jadi, kesimpulannya, Onigashima mungkin adalah tempat yang paling logis untuk menyimpan Road Poneglyph tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada lokasi lainnya untuk menyimpan Road Poneglyph ketiga ini. Mungkin, setelah pertarungan melawan Kaido selesai, akhirnya kita bisa mengetahui di mana lokasi pastinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.