Marvel Universe adalah semesta komik yang berisi banyak sekali superhero berkekuatan tangguh sekaligus unik. Dan dari sekian banyak superhero berkekuatan unik tersebut, Moon Knight adalah salah satunya. Digambarkan sebagai sosok yang menderita gangguan identitas disosiatif alias kepribadian ganda, Moon Knight adalah nama superhero yang dihidupkan oleh banyak alter ego sekaligus, termasuk Marc Spector, Steven Grant, Jake Lockley, dan Mr. Knight, yang semuanya berada dalam satu tubuh.

Setelah mendapatkan kekuatan dari Dewa Bulan Khonshu, Moon Knight kemudian menjadi avatarnya yang harus setia kepadanya dan juga mau menjadi kaki tangannya di muka Bumi. Karena Khonshu sendiri adalah dewa Mesir kuno yang melindungi malam dan pengembara, Moon Knight sering beraksi ketika malam tiba untuk membasmi para penjahat yang beroperasi di jalanan kota. Walaupun begitu, bukan berarti Moon Knight adalah superhero yang lemah, karena pada kenyataannya dalam suatu kisah, dia ternyata mampu menggunakan Mjolnir yang sangat jarang bisa digunakan leh superhero lain.

Mjolnir sendiri adalah senjata andalan Thor yang didapatkan dari ayahnya yang merupakan penguasa Nine Realms, Odin. Proses penciptaan Mjolnir sendiri bisa dibilang sangat sakral, setelah Odin menemukan logam uru yang berasal dari universe lain, dia kemudian menyuruh Eitri untuk menempa sebuah senjata pamungkas dari logam tersebut dengan panas bintang. Sebagai salah satu senjata terkuat di Marvel Universe, konon hanya orang-orang yang terbukti ‘layak’ yang bisa menggunakan Mjolnir. Menariknya, saat Moon Knight menggunakannya, ternyata dia justru tidak perlu membuktikan dirinya layak atau tidak.

Momen pertama ketika Moon Knight berhasil menggunakan Mjolnir terjadi di komik Doctor Strange: Damnation #3 (2018) karya Donny Cates. Saat sebagian besar Avengers diceritakan berubah menjadi iblis akibat ulah Mephisto, Moon Knight dan para superhero yang dipimpin oleh Wong kemudian berusaha untuk menyelamatkan Doctor Strange dari cengkraman Raja Neraka tersebut. Dan dalam salah satu adegan komiknya, Moon Knight yang dalam wujud Mr. Knight tiba-tiba bisa mengangkat Mjolnir, yang sebelumnya dilemparkan oleh versi iblis Jane Foster alias Thor.

Walaupun pada saat itu Mr. Knight tidak sempat menggunakannya, karena Thor lebih dahulu memanggil Mjolnirnya, tetapi adegan tersebut telah membuat banyak penggemar terkejut. Dan setelah sempat membuat penggemar penasaran dengan apa yang terjadi sebelumnya, penjelasan tentang bagaimana Moon Knight bisa mengangkat Mjolnir akhirnya dijelaskan dua tahun kemudian di komik Avengers #33 (2020) karya Jason Aaron. Di komik Avengers ini, Moon Knight sekali lagi diperlihatkan berhasil menggunakan Mjolnir.

Kisahnya dimulai ketika Moon Knight menyerang para superhero dan mencuri kekuatan mereka, demi membantu Khonshu yang ingin mengalahkan Mephisto. Saat Thor berhadapan dengannya di bulan dan melemparkan Mjolnir kepada Moon Knight, sang Fist of Khonshu tersebut ternyata bisa mengembalikannya kepada Thor sekaligus mengendalikannya dari jarak jauh. Sambil menghajar Thor, Moon Knight menjelaskan bahwa alasan mengapa dia bisa menggunakan Mjolnir adalah karena logam uru Mjolnir sebenarnya adalah pecahan baru bulan yang berasal dari universe lain.

Karena Moon Knight mendapatkan kekuatannya dari Dewa Bulan, itulah mengapa dia bisa mengendalikan Mjolnir yang terbuat dari batu bulan dengan mudah tanpa perlu membuktikan kelayakannya. Meskipun kali ini Moon Knight tidak mengangkatnya langsung, tetapi di komik Avengers edisi selanjutnya, Khonshu diperlihatkan mengangkat dan menggenggam Mjolnir dengan tangannya sendiri. Dan sepertinya alasannya masih sama, karena Khonshu adalah Dewa Bulan yang mampu mengendalikan Bulan.

Meskipun kisah Avengers tidak berakhir seperti yang direncanakan oleh Moon Knight, di mana dia terpaksa harus mengalahkan Khonshu yang berusaha menguasai Bumi, tetapi sejarah tentang bagaimana dirinya bisa berhasil menggunakan Mjolnir tidak pernah dilupakan oleh penggemar. Karena mungkin hanya dia satu-satunya karakter Marvel yang bisa mengangkat palu uru tersebut tanpa perlu membuktikan dirinya layak atau tidak.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.