Semua yang terjadi saat ini dalam cerita di seri manga Boruto: Naruto Next Generation sepertinya sesuai dengan apa yang direncanakan oleh Amado sejak lama. Amado selalu menjadi sosok yang misterius di sepanjang serinya, di mana dia dicurigai merencanakan sesuatu yang jahat yang mungkin bisa mengancam kedamaian dan keberlangsungan dunia Shinobi.

Selain Sumire Kakkei, sepertinya tidak ada satu pun yang menaruh curiga terhadap semua aktivitas yang Amado lakukan selama berada di Konoha – terlepas dari semua orang termasuk Naruto yang tidak percaya terhadapnya. Sosok secerdas Amado rasanya tidak mungkin bergerak secara tiba-tiba. Amado pasti selalu memperhitungkan setiap gerakan yang dia rencanakan.

Amado dikenal sebagai sosok ilmuwan yang sangat jenius, di mana dia mampu menciptakan hybrid manusia yang kekuatannya mampu menandingi kekuatan Otsutsuki. Hal ini bisa dilihat dari sosok Eida dan Daemon, yang kekuatannya jelas sangat melampaui kekuatan manusia biasa. Level kekuatan keduanya dianggap mampu setara dengan kekuatan dari seorang Otsutsuki.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya ada sosok yang spesial yang dihadirkan di franchise Naruto. Salah satu sosok yang luar biasa lainnya yang diperkenalkan dalam ceritanya adalah Hidan dari kelompok Akatsuki. Hidan merupakan pengikut dari sebuah aliran yang memuja sosok dewa Jashin, yang memberikannya keabadian dengan cara yang mengerikan yaitu pertumpahan darah.

Sayangnya, dalam seri Naruto Shippuden, sosok dewa Jashin tersebut tidak pernah diperkenalkan di serinya. Sehingga, tidak ada informasi yang benar-benar valid mengenai sosok dewa tersebut. Meskipun begitu, kekuatannya bisa diasumsikan sangat dahsyat karena mampu memberikan keabadian kepada pengikutnya, yang mana dalam hal ini adalah Hidan.

Hal tersebut juga sama seperti yang dilakukan oleh Amado, di mana dia memberikan “keabadian” kepada Boro. Dia juga mampu membangkitkan kembali Delta dan menciptakan makhluk seperti halnya Eida dan Daemon. Ini tentunya memunculkan sebuah pertanyaan besar, apakah Amado dari cerita Boruto merupakan sosok dewa Jashin yang ada dalam cerita sebelumnya?

Meskipun untuk saat ini masih belum ada jawaban pasti dari pertanyaan tersebut, ada beberapa poin yang mungkin bisa dianggap sebagai petunjuk untuk membuktikan bahwa Amado bisa jadi adalah sosok dewa Jashin yang selama ini dipuja oleh Hidan dan pengikut alirannya. Selain Amado menjadi pencipta dari sosok seperti Borot, Daemon, Delta, dan sebagainya, Amado pun berhasil menyembuhkan lengan Kawaki dengan sangat mudah.

Yang juga luar biasa adalah bagaimana Amado memberikan Kawaki sebuah Karma baru yang sepenuhnya adalah senjata. Karma baru ini memberikan Kawaki berbagai teknik atau kemampuan Isshiki, termasuk Doujutsu miliknya. Padahal, ketika Kawaki masih memiliki segel Karma Isshiki, Kawaki tidak mampu atau tidak memiliki kekuatan Doujutsu tersebut.

Berbagai hal yang sangat luar biasa tersebut nampak mirip dengan berbagai hal yang diberikan oleh Jashin kepada pengikutnya, seperti keabadian yang diberikan kepada Hidan. Juga, yang menarik adalah simbol yang digunakan oleh Amado dan Jashin benar-benar sangat mirip. Selain kemungkinan bahwa sosok Amado adalah dewa Jashin yang dipuja oleh Hidan, ada kemungkinan juga Amado adalah seorang Otsutsuki.

Dengan asumsi usia Amado saat ini berada di akhir 40 atau 50 tahun, ada kemungkinan bahwa Amado sudah bekerja untuk Jigen selama 3 sampai 4 dekade. Logikanya, secerdas apa pun Amado rasanya dia tidak mungkin mampu menciptakan cyborg yang mampu menandingi kekuatan seorang Otsutsuki jika bukan karena pengalaman yang sangat banyak.

Atau jalan pintasnya adalah Amado merupakan seorang Otsutsuki, salah satu Otsutsuki yang tablet batunya hancur seperti yang diperlihatkan ketika Sasuke pergi dimensi Isshiki. Katasuke dan Orochimaru adalah dua sosok cerdas lainnya yang ada di dunia Naruto, namun pencapaian mereka tidak bisa melampaui pencapaian Amado.

Orochimaru sendiri pencapaian terbesarnya adalah menciptakan Shin Uchiha dan tentunya menciptakan Mitsuki. Dengan Amado yang mampu menciptakan cyborg canggih dengan kekuatan Otsutsuki, pertanyaannya dari mana dia mendapatkan kemampuan untuk melakukan hal tersebut? Kemudian, dalam ceritanya, penduduk bumi yang mampu menandingi seorang Otsutsuki saat itu adalah Kaguya.

Kaguya adalah sosok yang mengkhianati Isshiki dan kemudian memakan buah chakra. Kaguya adalah seorang Otsutsuki, yang mana artinya dia bisa saja menanamkan segel Karma kepada manusia atau wadah yang dia pilih. Amado mungkin adalah sosok atau wadah yang diwariskan kekuatan Karma oleh Kaguya. Hal ini bisa dilihat dari seberapa paham dan seberapa mendalamnya Amado bisa mengetahui komposisi tubuh Otsutsuki.

Dengan begitu, dia kemudian mampu meningkatkan kekuatan tubuh manusia agar bisa sama seperti kekuatan tubuh Otsutsuki atau bahkan menirukan berbagai hal yang menjadi bagian dari klan tersebut seperti kekuatan Karma. Ketika berbicara mengenai Jashin, kita pernah diperlihatkan bagaimana Hidan menerima tanda hitam di tubuhnya yang kemudian berubah menjadi gelap seperti halnya pengguna Karma.

Jadi, kesimpulannya adalah Amado bisa jadi adalah sosok dewa Jashin yang selama ini dipuja oleh Hidan dan pengikutnya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk. Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa Amado adalah salah satu bagian dari klan Otsutsuki, yang bisa dilihat dari pemahamannya mengenai tubuh Otsutsuki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.