Marvel adalah media komik Amerika yang telah berdiri lebih dari 80 tahun. Dimulai oleh Martin Goodman yang memperkenalkan Human Torch dan The Submariner, Marvel Comics kemudian makin populer di tangan komikus seperti Stan Lee dan Jack Kirby, di mana mereka menciptakan berbagai serial komik terkenal, seperti The Amazing Spider-Man, Eternals, Fantastic Four, dan masih banyak lagi.

Pada era modern seperi sekarang ini, warisan dari Marvel tersebut telah dilanjutkan oleh para komikus besar, termasuk Johnathan Hickman yang menciptakan Secret Wars, Brian Michael Bendis yang menggarap X-Men dan Spider-Man: Miles Morales, dan G. Willow Wilson yang memperkenalkan karakter Kamala Khan alias Ms. Marvel. Di antara para komikus besar tersebut, ternyata ada juga komikus asal Indonesia yang cukup sering terlibat dalam Marvel Comics. Dari mulai ilustrator sampai colorist, berikut para komikus Indonesia yang mengerjakan berbagai proyek komik Marvel!

Ario Anindito

Ario Anindito adalah seorang komikus asal Bandung yang telah memulai kerja samanya dengan Marvel Comics sejak tahun 2014 silam. Bertindak sebagai ilustrator utama, Ario tercatat pernah menggambar beberapa komik Marvel yang cukup populer, termasuk House of M (2015), Wolverine (2015), Hyperion (2016), Venom: Space Knight (2016), Agents of SHIELD (2016), Uncanny Inhumans (2017), Secret Warps: Iron Hammer Annual (2019), dan masih banyak lagi. Selain komik superhero Marvel, saat ini Ario juga tengah sibuk mengerjakan komik Star Wars: Obi-Wan Kenobi yang akan dirilis pada bulan Mei besok.

Alti Firmansyah

Ilustrator Indonesia yang mempunyai nama lengkap Miralti Morena Firmansyah ini mulai menekuni dunia ilustrator karena kecintaaanya terhadap manga Jepang. Walaupun begitu, hasil karyanya justru telah membuat Marvel Comics tertarik dan langsung mengajaknya untuk terlibat sebagai ilustrator komik. “Komik Amerika tidak seperti komik Jepang yang ekspresif. C.B. Cebulski menyukai cara saya mengekspresikan karakter dan membuat gesture,” ungkap Alti pada Pesona. Saat ini Alti sendiri terkenal sebagai ilustrator komik Star-Lord and Kitty Pride (2015), X-Men ’92 (2016), dan Unbelievable Gwenpool (2017).

Sunny Gho

Sunny Gho adalah seorang komikus Indonesia yang telah terlibat dengan Marvel Comics selama kurang lebih 12 tahun. Sejak tahun 2009 sampai sekarang, dia telah menjadi colorist dari berbagai karya Marvel yang fenomenal, termasuk Civil War II (2015), Secret Empire (2017), Captain America (2018), Daredevil (2019), X-Men (2019), Devil Reign (2022), Carnage (2022), dan masih banyak lagi. Selain itu Sunny juga terkenal sebagai ilustrator sampul untuk Iron Man: Titanium (2010), Incredible Hulk (2011), dan Avengers (2013). Saat ini dia juga bertindak sebagai CEO dari Kosmik, penerbit komik Indonesia.

Yasmine Putri

Meskipun awalnya sempat ingin menjadi dokter, tetapi pada akhirnya Yasmine Putri menetapkan hatinya pada dunia komik. Selama lebih dari 13 tahun, Yasmine telah terlibat dalam berbagai media komik Amerika, termasuk salah satunya adalah Marvel, di mana dia menjadi ilustrator sampul untuk The Totally Awesome Hulk (2015), Amazing Spider-Man (2015), Invincible Iron Man (2015), Avengers No Road Home (2019), dan House of X (2019). Menariknya, saat ini ternyata Yasmine juga bekerja dengan DC sebagai ilustrator utama dari komik Dark Knight of Steel, yang tengah populer di kalangan penggemar.

Itulah para komikus asal Indonesia yang cukup sering terlibat dalam berbagai proyek Marvel Comics. Terlepas dari peran mereka sebagai colorist yang memberi warna pada setiap halamannya, maupun ilustrator utama yang menggambar setial detail di dalam komiknya, para komikus ini telah membuktikan bahwa seniman Indonesia juga dihargai di mata dunia. Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah membaca komik buatan mereka, tetapi mungkin baru menyadari bahwa berbagai komik menarik tersebut adalah hasil karya dari tangan komikus asli Indonesia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.