Arc Wano Country sampai saat ini masih terus berjalan di seri manga One Piece. Menurut Oda Sensei sendiri, arc ini akan menghadirkan cerita dan pertempuran yang jauh lebih epik dan besar dibandingkan arc sebelumnya. Sehingga, rasanya memang wajar jika arc Wano masih berjalan saat ini dengan berbagai hal penting yang masih muncul dalam ceritanya.

Dan apa yang diungkapkan oleh Oda Sensei sendiri memang terbukti sampai sejauh ini. Ada beberapa momen epik yang sedang terjadi di arc Wano sekarang, misalnya Luffy yang sedang bertarung menghadapi Kaido. Sedangkan, di sisi lain, Big Mom sendiri berhasil dikalahkan oleh dua Worst Generation lainnya yaitu Law dan Kid. Yang paling baru tentunya adalah ketika Luffy diperlihatkan membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Dengan cerita arc Wano yang sudah berjalan lebih dari dua tahun, masih belum diketahui kapan arc Wano akan selesai, meskipun dari berbagai petunjuk yang ada sepertinya arc ini akan selesai dalam waktu dekat. Namun, kemungkinan semuanya akan selesai jika kedua Yonko sudah dilumpuhkan dan Wano mendapatkan masa depan yang baru. Setelah semuanya selesai di Wano, kru Topi Jerami kemungkinan akhirnya akan diakui sebagai kru Yonko.

Lalu, ke mana tujuan mereka selanjutnya pasca arc Wano yang sangat epik ini? Banyak teori yang berkembang di kalangan fans menyebutkan bahwa Elbaf akan menjadi destinasi kru Topi Jerami selanjutnya. Di sana, mereka dispekulasikan bertemu kembali dengan sosok yang sudah lama Luffy temui, Shanks. Setelah apa yang terjadi pada peristiwa sebelumnya, kemungkinan salah satu kru dari Topi Jerami akan melihat bahwa dua Yonko lainnya – Blackbeard dan Shanks – memiliki sebuah Road Poneglyph.

Para kru Topi Jerami pun bertanya kepada Shanks terkait hal tersebut. Namun, Shanks mungkin akan berkata bahwa dia tidak memiliki Road Poneglyph terakhir. Meskipun begitu, Shanks mengetahui di mana lokasi Road Poneglyph terakhir tersebut. Selain teori mengenai lokasi terakhir Road Poneglyph, ada satu teori lainnya yang kemungkinan menjadi alasan mengapa Elbaf menjadi tujuan selanjutnya dari kru Topi Jerami.

Seperti yang pernah diceritakan oleh Dorry dan Broggy, pemimpin para suku raksasa sedang saling bertikai untuk sebuah alasan yang masih belum diketahui. Selain itu, wilayah Elbaf sendiri diketahui sering berada dalam masa peperangan antara saudara alias sesama raksasa. Hal ini dikarenakan bagi suku raksasa, mereka selalu menjunjung tinggi kekuatan.

Dorry dan Broggy sendiri pernah saling bertarung selama ratusan tahun, yang artinya konflik antar petinggi suku raksasa masih belum akan selesai dalam waktu dekat. Lalu, apa kaitannya dengan Luffy? Seperti yang kita ketahui, Luffy selalu berhasil memecahkan konflik atau membebaskan sebuah wilayah dari kesengsaraan. Misalnya, apa yang terjadi kepada Alabasta di awal serinya.

Kemudian, kita juga melihat perjuangan kru Topi Jerami di pulau manusia ikan dan terakhir saat ini di arc Wano Country. Mengetahui bahwa pulau Elbaf menjadi sebuah pulau yang sering menghadirkan konflik internal membuat Luffy pun akan berusaha melakukan hal yang sama, yaitu membuat semuanya kembali seperti semula. Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa Luffy?

Seperti yang dijelaskan pada chapter 1044 kemarin, Gorosei menyebutkan bahwa buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika mampu memberikan penggunanya rasa keadilan dan kebebasan yang tinggi, sehingga kemudiannya akan mendapatkan julukan “Pejuang Kebebasan.” Penggunanya juga akan menyebarkan kebahagiaan dan tawa kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

Hal inilah yang kemudian akan “dimanfaatkan” oleh Luffy, di mana dengan kekuatan buah iblis yang dia miliki Luffy akan mengakhiri semua peperangan yang terjadi di pulau Elbaf. Bagaimana caranya? Tentu dengan cara yang biasa dilakukan para raksasa, yaitu menunjukan kekuatan dari Luffy dan membuktikan bahwa dia adalah yang terkuat. Dengan begitu, barulah Luffy akan mendapatkan rasa hormat dari para suku raksasa.

Selain Luffy akan membebaskan pulau Elbaf dari perang saudara yang terjadi, Luffy juga akan membawa kebahagiaan dan tawa baru bagi para suku raksasa. Hal ini sesuai dengan apa yang sering Luffy lakukan selama ini, baik di Alabasta, pulau manusia ikan, atau pun di Wano. Juga, bisa jadi kemunculan kru Topi Jerami di pulau Elbaf menjadi momen untuk mengeksplor pulau dan wilayah sekitarnya.

Buat Geeks yang belum tahu, pulau Elbaf merupakan sebuah pulau yang berada di sebuah teritori bernama Warland. Di wilayah tersebut terkenal karena ombak dan arus laut yang sangat berbahaya. Tidak lupa juga berbagai makhluk mengerikan berukuran besar siap menghadang siapa pun yang mencoba melintas di lautan tersebut. Bisa diibaratkan bahwa Elbaf adalah pulau Whole Cake Island yang berada di wilayah Totto Land.

Artinya Elbaf masih merupakan salah satu pulau yang ada di wilayah Warland, dan ketika One Piece menghadirkan arc Elbaf kita bisa mengeksplor wilayah lainnya selain Elbaf. Mungkin kita akan menemukan fakta bahwa ada berbagai jenis atau sub jenis dari ras raksasa yang tinggal atau menghuni pulau lainnya selain di Elbaf. Karena itulah, mungkin akan sangat menarik jika kemudian memang Elbaf menjadi pulau selanjutnya dari kru Topi Jerami untuk dikunjungi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.