Ketika seri Naruto menghadirkan time-skip sebelum era Shippuden dimulai, periode waktunya tidak terlalu panjang sehingga belum terlalu banyak perubahan di dunia shinobi. Time-skip tersebut lebih digunakan untuk menghadirkan momen di mana para shinobi seperti Naruto dan yang lain sudah bertambah dewasa dan kuat, setelah cukup lama berlatih.

Namun, hal berbeda diperlihatkan dalam seri Boruto, di mana perbedaan waktu atau tahunnya sangat jauh sekali dari era Naruto. Karena itulah perubahan besar sangat terasa di era Boruto, misalnya perkembangan teknologi yang semakin mutakhir. Meskipun begitu, faktanya masih ada beberapa hal yang tetap dipertahankan sampai sekarang. Apa saja? Berikut adalah penjelasannya.

Jutsu Khusus

Meskipun ada beberapa skill atau kemampuan shinobi dasar yang dipelajari oleh generasi baru Konoha di sepanjang seri Naruto dan Boruto, tetapi tidak semua mereka pelajari. Ada beberapa Jutsu khusus atau Jutsu tertentu yang tidak semua shinobi bisa pelajari. Biasanya, hal tersebut ada kaitannya dengan garis keturunan atau mereka bukan bagian dari klan tersebut.

Jutsu spesial atau Jutsu khusus dari sebuah klan itu biasanya sangat dilindungi oleh para anggota klannya. Jutsu ini dikenal sebagai Hiden Jutsu. Hiden Jutsu masih tetap dipertahankan di era Boruto, di mana tidak semua orang bisa mempelajarinya, namun semua orang bisa mengetahui Jutsu tersebut. Misalnya, ketika Shikadari fokus terhadap Jutsu Kage keluarga Nara. Atau Chocho yang mempelajari teknik keluarga Akichimi.

Formasi Tim Shinobi Tetap Sama

Geeks tentu menyadari sejak seri Naruto sampai era Boruto sekarang, semua tim shinobi di desa Konoha pasti beranggotakan tiga orang. Masih belum diketahui secara jelas sampai sekarang mengapa dan bagaimana kemudian desa Konoha memutuskan bahwa satu tim shinobi harus berisikan tiga orang.

Formasi ini seperti sudah menjadi tradisi, bahkan sejak puluhan tahun silam sebelum era Naruto dimulai. Setelah para Genin lulus dari akademi ninja, akan dibentuk tim yang berisi tiga orang dan seorang mentor yang akan membantu latihan mereka. Dan sama halnya seperti era Naruto dahulu, beberapa tim shinobi tersebut bisa saja melebur untuk menjadi satu tim besar demi menjalani misi khusus.

Syarat Hokage Tetap Sama

Hokage merupakan sebuah posisi politik penting di desa Konoha, yang mana peran ini sudah ada sejak desa tersebut didirikan. Di Konoha, posisi Hokage tidak bisa diisi atau diberikan dengan begitu saja. Selain itu peran dari Hokage sendiri bukan hanya seseorang yang bisa bernegosiasi dengan baik atau mampu memainkan permainan politik.

Mereka yang dipilih atau ditunjuk untuk menjadi Hokage biasanya adalah sosok yang memang dianggap kuat atau pantas untuk mengisi posisi tersebut. Hal ini bisa dilihat dari para Hokage terdahulu yang memiliki berbagai Jutsu dahsyat dan mengerikan. Teknik tersebut digunakan untuk melindungi desa Konoha dari berbagai ancaman yang ada.

Tidak Percaya Desa Lain

Salah satu dari sekian banyak alasan mengapa pada era Naruto situasi dunia shinobi sangat menegangkan dan penuh dengan peperangan adalah karena shinobi dari desa lainnya saling tidak percaya satu sama lain. Selain saat Ujian Chunin berlangsung, Konoha sebenarnya tidak terlalu senang dengan kemunculan atau kedatangan penduduk asing atau shinobi dari desa lain.

Hal ini pun ternyata masih tetap terjadi sampai era Boruto. Ketika ada shinobi luar mengunjungi Konoha, maka para shinobi Konoha akan bertindak selayaknya tuan rumah yang baik. Misalnya ketika Ujian Chunin berlangsung, meskipun pertarungan antara shinobi dari desa Suna dan shinobi Konoha merupakan pertarungan persahabatan, namun tensi tinggi tetap terasa diantara mereka.

Jabatan Shikamaru

Shikamaru Nara mungkin adalah satu-satunya orang di franchise Naruto yang tetap sama pada posisinya selama lebih dari dua dekade. Saat Shikamaru masih remaja, dia adalah teman Naruto pertama yang menjadi seorang Chunin. Hal tersebut mendapatkan perhatian khusus dari Tsunade, di mana Tsunade sangat percaya penuh terhadap Shikamaru.

Tsunade sering memanggil Shikamaru untuk meminta nasihat atau saran serta untuk menjalankan misi. Hal inilah yang kemudian membuat Shikamaru kemudian ditunjuk menjadi penasihat saat dunia sedang berperang. Hal yang sama juga dilakukan oleh Shikamaru ketika Kakashi menggantikan posisi Tsunade. Shikamaru menjadi penasihatnya, dan 15 tahun kemudian, Shikamaru menjadi penasihat bagi temannya, Naruto.

Tradisi merupakan sesuatu yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh sebuah desa atau wilayah. Ada sebagian tradisi yang memang baik untuk dipertahankan, namun ada juga tradisi yang mungkin sebaiknya dihilangkan. Terlepas dari hal tersebut berbagai tradisi ini membuat franchise Naruto semakin menarik dan unik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.