Di Serial Moon Knight Episode 2 yang baru saja tayang kemarin, terungkap bahwa ada kostum lain yang dikenakan oleh Steven Grant/Marc Spector (Oscar Isaac) selain kostum Moon Knight yang terlihat di akhir episode sebelumnya. Kostum baru ini terlihat lebih simpel dan elegan daripada kostum penuh Moon knight, di mana Steven terlihat mengenakan setelan jas serba putih lengkap dengan topeng yang hanya memperlihatkan matanya.

Dalam poster serial Moon Knight sebelumnya disebutkan bahwa karakter yang baru saja melakukan debutnya di episode 2 ini dipanggil “Mr. Knight”. Namun, yang tidak disangka-sangka oleh penggemar adalah fakta bahwa sosok Mr. Knight ini sama sekali bukan Moon Knight dari Marc, melainkan versi alternatif dari sang Fist of Khonshu yang dihidupkan oleh alam bawah sadar Steven. Siapa sebenarnya Mr. Knight ini, dan apa perbedaan antara versi komik dan serialnya? Berikut pembahasan tentang Mr. Knight yang misterius.

Kostum Kedua di Marvel Comics

Sementara Marc Spector alias Moon Knight adalah karakter Marvel yang telah melakukan debutnya pada tahun 1975, kostum setelan jas serba putih yang terlihat di serial Moon Knight baru pertama kali diceritakan pada tahun 2011 melalui komik Secret Avengers #19 karya Warren Ellis dan Michael Lark. Di komiknya diceritakan bahwa kostum rapi ini dipakai oleh Moon Knight ketika melakukan misi rahasia agar kehadiran dirinya tidak diketahui oleh musuh atau orang lain.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014, barulah sosok dengan kostum serba putih tersebut diperkenalkan ulang sebagai alter ego baru Marc yang bernama Mr. Knight. Sementara Moon Knight adalah superhero brutal yang akan langsung menyergap musuh di mana pun mereka berada, Mr. Knight adalah sosok yang lebih kalem ketika beraksi di mana dia biasanya akan melakukan beberapa pendekatan persuasif terlebih dahulu, baik kepada polisi maupun langsung kepada penjahat.

Meskipun tidak dilengkapi dengan berbagai peralatan dan senjata seperti Moon Knight. Mr. Knight sering terlihat membawa dua buah baton pemukul yang multifungsi. Selain digunakan sebagai alat pemukul, dua baton ini juga bisa difungsikan sebagai pengait, mirip seperti grapling hook milik Moon Knight. Dalam kesempatan lain, dua baton ini juga terlihat bisa dilemparkan sebagai senjata jarak jauh, serta mempunyai kabel panjang yang diikatkan satu sama lain pada kedua batonnya.

Dalam komik terbaru Moon Knight, saat ini alter ego Mr. Knight sendiri bertugas sebagai High Priest Khonshu yang membuka jasa pertolongan kepada siapa pun yang membutuhkan Moon Knight. Perlu dicatat juga, karena sejak awal Marc adalah penderita gangguan kepribadian ganda, Mr. Knight versi Marvel Comics adalah sosok alter ego lain selain dirinya, begitu juga dengan Steven Grant yang sama sekali berbeda dari Marc dan Mr. Knight, walaupun mereka mempunyai tubuh yang sama.

Mr. Knight Versi MCU

Meskipun di Marvel Comics karakter seperti Marc, Steven, Mr. Knight adalah sosok yang berbeda, tetapi kali ini MCU sepertinya ingin melakukan sesuatu yang berbeda terhadap karakter mereka. Sementara Marc adalah sosok yang diceritakan bisa berubah menjadi Moon Knight, ternyata Steven juga bisa berubah menjadi superheronya sendiri, yang terwujud dalam bentuk Mr. Knight. Di serial Moon Knight Episode 2, ketika Steven menolak untuk memberikan tubuhnya kepada Marc, dia pada akhirnya tiba-tiba bisa berubah menjadi Mr. Knight ketika dalam keadaan terdesak, tepatnya ketika dikejar monster Jackal.

Jika di komiknya Steven dan Mr. Knight adalah sosok yang berbeda, versi MCU-nya justru diperkenalkan sebagai sosok yang sama, begitu juga dengan Marc yang pada dasarnya adalah sosok vigilante Moon Knight. Secara kekuatan Mr. Knight dari Steven juga tampaknya mempunyai kekuatan yang sama dengan Moon Knight dari Marc, di mana dia terlihat bisa meremas dan melepas bumber mobil dengan mudah. Dia juga terlihat mempunyai dua baton seperti di komiknya. Sayangnya, di episode 2 ini kita masih belum bisa melihat aksi Mr, Knight saat menggunakan kedua batonnya.

Itulah pembahasan mengenai dua kostum Moon Knight di serial MCU. Untuk saat ini cukup aman untuk disimpulkan bahwa Marvel sepertinya memang sengaja membuat karakter Moon Knight lebih sederhana daripada versi komiknya. Alih-alih memunculkan banyak karakter dalam satu tubuh, versi MCU justru hanya memperkenalkan dua alter ego saja, yaitu Steven Grant sebagai Mr. Knight dan satu lagi Marc Spector sebagai Moon Knight. Jangan lewatkan aksi dari Steven/Marc saat episode Moon Knight selanjutnya tayang pada hari Rabu, 13 April 2022, hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.