Sarada Uchiha adalah salah satu shinobi hebat yang dihadirkan dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Anak dari Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura ini merupakan bagian dari Team 7 bersama Mitsuki dan Boruto Uzumaki. Sama halnya seperti Boruto, meskipun usianya masih sangat muda namun kekuatan dari Sarada patut untuk diperhitungkan.

Salah satu bukti kehebatan dari Sarada sendiri adalah dia berhasil membangkitkan Sharingannya di usia yang masih kecil. Memang masih butuh banyak latihan lagi bagi Sarada untuk membuat kekuatannya sempurna. Namun, sebagian besar fans sendiri banyak yang memprediksi Sarada akan berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya. Bagaimana kemudian dia melakukan hal tersebut? Berikut adalah beberapa caranya.

Melihat Kematian Sang Ayah

Seperti halnya Boruto, Sarada memang tidak terlalu dekat dengan sang ayah. Sasuke dan Naruto memang sering kali pulang larut malam, sehingga waktu untuk keluarganya sangat sedikit sekali. Meskipun begitu, Sarada tetap menyayangi sang ayah dengan segala kekurangannya. Kematian Sasuke tentu akan menjadi pukulan yang sangat berat bagi Sarada.

Berdasarkan hal tersebut, ketika Sarada melihat kematian dari sang ayah dispekulasikan bahwa momen ini akan membangkitkan Mangekyou Sharingan dalam diri Sarada. Seperti yang kita ketahui, untuk mengaktifkan Mangekyou Sharingan seorang pengguna Sharingan harus mengalami sebuah trauma yang sangat berat akibat kehilangan sosok yang dia cintai. Dan dalam kasus Sarada, kematian ayahnya di tangan musuh tentunya akan membuat kondisi psikologisnya terguncang hebat.

Melihat Kematian Uzumaki Naruto

Cerita di seri Boruto memang cukup unik, di mana anak-anak mereka justru tidak mengidolakan ayah mereka melainkan rekan dari ayah mereka. Jika Boruto mengagumi sosok Sasuke, Sarada justru mengagumi sosok Naruto yang dianggap sangat bijak dan baik. Bahkan, Sarada sendiri bercita-cita menjadi seorang Hokage karena dia terinspirasi sosok Naruto.

Ketika Sarada kemudian melihat bagaimana Naruto tewas dalam sebuah pertarungan, hal itu tentu akan membuat Sarada bersedih. Seperti halnya kematian Sasuke, kondisi psikologis dari Sarada akan sangat terguncang. Apalagi, petunjuk kematian Naruto sudah diperlihatkan di serinya sejak awal. Dan hal inilah yang kemudian akan menjadi pemicu Sarada mengaktifkan Mangekyou Sharingan miliknya.

Kehilangan Teman-temannya

Layaknya seorang anak pada umumnya, Sarada pun memiliki teman dalam hidupnya baik itu di akademi atau pun teman bermain. Chocho, Mitsuki, Shikadai, Boruto, dan Inojin adalah beberapa teman-teman dari Sarada. Namun, mungkin hanya beberapa dari mereka yang dianggap sebagai teman dekatnya seperti Boruto dan Chocho. Kematian salah satu dari mereka atau keduanya, tentu akan membuat Sarada sedih yang bisa menjadi pemicu munculnya Mangekyou Sharingan di dalam diri Sarada.

Rasa Emosional Mendalam

Seperti yang disebutkan di atas, untuk mengaktifkan Mangekyou Sharingan seorang pengguna Sharingan harus mengalami sebuah trauma yang sangat berat atau kesedihan yang medalam. Sarada mungkin akan mengalami sebuah peristiwa yang membuat dirinya menjadi sangat emosional dan sedih – selain tiga momen di atas – misalnya melihat bagaimana Konoha hancur. Rasa depresi dan kesedihan mendalam membuat Mangekyou Sarada bisa saja bangkit. Namun, memang masih perlu dibuktikan lebih lanjut apakah emosional berlebih dari pengguna Sharingan bisa menjadi jalan kebangkitan Mangekyou Sharingan.

Rasa Cinta Mendalam

Biasanya, klan Uchiha membangkitkan Sharingan atau dengan cara kesedihan, kehilangan, depresi, dan sebagainya. Namun, hal berbeda diperlihatkan oleh Sarada. Di episode 20 seri animenya, diperlihatkan bagaimana Sharingan Sarada aktif untuk sebuah alasan yang luar biasa. Bukan untuk balas dendam atau melindungi rekannya, melainkan rasa cinta.

Sarada sangat senang ketika dia berhasil menemui ayahnya di sebuah gedung, yang menjadi tempat Sasuke bersembunyi. Sarada sendiri berhasil menyelinap dari Chocho dan Boruto untuk bisa menemui Sasuke. Rasa cinta terhadap Sasuke inilah yang kemudian membangkitkan Sharingan Sarada, yang mana mungkin rasa cinta juga yang akan membangkitkan Mangekyou Sharingan Sarada. Jika hal ini memang terjadi, maka Sarada akan menjadi Uchiha pertama yang melakukannya.

Kebangkitan Mangekyou Sharingan dalam diri Sarada menjadi salah satu hal yang dinantikan oleh para fans. Meskipun hal tersebut memang masih cukup lama, karena Sarada masih belum bisa menguasai penuh Sharingannya, para fans sudah tidak sabar untuk segera melihat Sarada dengan kekuatan Doujutsu epik tersebut. Apakah dia akan berhasil membangkitkannya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.