Putih

Sama seperti kuning, putih adalah warna lightsaber yang sangat jarang ditemui. Proses untuk mendapatkan lightsaber putih sendiri adalah dengan memurnikan kembali kristal kyber yang sebelumnya telah “berdarah” saat digunakan oleh Sith. Alih-alih kembali ke warna semula, lightsaber Sith yang dimurnikan kembali pasti akan menjadi warna putih. Itulah mengapa warna putih dari lightsaber sendiri mewakili kemurnian, permulaan, netralitas, dan sifat positif, seperti yang ditunjukan oleh Ahsoka Tano ketika dirinya memutuskan untuk tidak berada di pihak Jedi maupun Sith.

Hitam

Yang membuat bilah berwarna hitam sangat langka adalah karena hanya ada satu lightsaber hitam di semesta Star Wars, yaitu Darksaber, di mana senjata legendaris tersebut dianggap sebagai simbol kejayaan, kehormatan, misteri, dan kekuatan dari bangsa Mandalorian. Konon siapa pun yang mendapatkannya dengan cara yang sah, dia akan menjadi pemimpin bangsa Mandalorian yang hampir punah. Setelah sempat terlihat digunakan oleh Moff Gideon, saat ini Darksaber berada di tangan seorang Mandalorian bernama Din Djarin.

Merah Muda

Meskipun jarang sekali terlihat, tetapi berbagai kisah Star Wars telah mengonfirmasi bahwa ada juga lightsaber berwarna merah muda. Selain digunakan oleh Cal Kestis di video game Star Wars Jedi: Fallen Order, lightsaber merah muda juga pernah digunakan oleh Mara Jade dan Scions of Zakuul di kisah Star Wars Legends. Keunikan dari warna lightsaber merah muda sendiri mempunyai arti harmoni, pesona, kasih sayang, dan feminitas. Walaupun begitu, bukan berarti lightsaber ini hanya digunakan oleh wanita, karena pada kenyataannya banyak juga Jedi yang dengan bangga memperlihatkan lightsaber merah mudanya.

Ungu

Dari sekian banyak Jedi di semestanya, Mace Windu adalah salah satu yang paling terkenal sebagai pengguna lightsaber dengan bilah berwarna ungu. Selain Mace, pada era High Republic juga pernah ada dua orang Jedi yang terlihat menggunakan lightsaber ungu, yaitu Vernestra Rwoh dan Ty Yorrick. Ungu sendiri adalah warna yang berada di antara merah dan biru, di mana umumnya mempunyai arti kombinasi antara kesetiaan dan kekuatan. Itulah mengapa konon pengguna lightsaber ungu adalah orang yang bisa dengan mudah berpindah-pindah antara Light Side dan Dark Side.

Itulah arti dari berbagai warna lightsaber di semesta Star Wars. Masing-masing warna ini memang tidak dijelaskan secara langsung oleh waralabanya, tetapi berdasarkan apa yang tersirat dari para penggunanya, cukup aman untuk menyimpulkan bahwa warna bilah dari lightsaber ternyata mempunyai arti tersendiri yang filosofis. Bagiamana menurut kalian, Geeks, warna apa yang paling mencerminkan sifat kalian?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.