Ketika berbicara tentang Star Wars, hampir semua orang pasti akan langsung mengingat lightsaber sebagai senjata paling ikonik di semestanya. Lightsaber sendiri adalah ciri khas dari para pengguna Force, baik Jedi maupun Sith, di mana cara untuk menghidupkannya adalah dengan menyalurkan energi Force ke dalam core yang terbuat dari kristal kyber. Menariknya, warna dari lightsaber sendiri sebenarnya tergantung dari para penggunanya. Dari mulai lightsaber merah yang hanya digunakan oleh Sith, sampai warna pelangi yang biasanya dipakai oleh Jedi, berikut arti warna lightsaber di semesta Star Wars!

Biru

Ketika Star Wars pertama kali dirilis pada tahun 70-an, awalnya biru adalah satu-satunya warna yang dimaksudkan untuk digunakan oleh Jedi, seperti merah yang hanya digunakan oleh Sith. Sementara warna biru sendiri mempunyai corak yang bervariasi, dari biru muda sampai biru tua, arti warnanya sendiri kurang lebih masih tetap sama, yaitu kebijaksanaan, kepercayaan, kesetiaan, dan kontrol. Semua arti warna tersebut adalah sifat-sifat yang umumnya harus dimiliki oleh seorang Jedi, seperti Rey dan Obi-Wan Kenobi.

Hijau

Warna lightsaber kedua yang paling umum di kalangan Jedi adalah hijau, di mana warna ini biasanya dimiliki oleh para Jedi Master yang terkenal bijak, seperti Yoda dan Qui-Got Jinn. Warna hijau sendiri adalah simbol dari alam, pertumbuhan, dan rasa aman. Arti warna tersebut senada dengan para penggunanya yang hanya akan mengeluarkan lighsabernya ketika benar-benar dibutuhkan. Selain para Jedi Master, lightsaber hijau juga pernah terlihat dipakai oleh Ahsoka Tano dan Luke Skywalker saat diri mereka masih padawan.

Merah

Semua penggemar setia Star Wars pasti mengetahui bahwa lightsaber merah hanya digunakan oleh Sith. Alasan mengapa mereka sering terlihat membawa lightsaber merah adalah karena Sith hanya bisa menggunakannya setelah merusak struktur kristal kyber yang asli dan membuatnya “berdarah” agar benar-benar bisa selaras dengan Dark Side. Warna merah sendiri mempunyai arti kemarahan, kekuatan, bahaya dan ambisi, di mana semua sifat tersebut ada di dalam diri para Sith, termasuk Darth Vader dan Kylo Ren.

Kuning

Berbeda dari tiga warna sebelumnya, kuning adalah warna lightsaber yang sangat langka di semesta Star Wars. Terakhir kali lightsaber kuning menampakan diri adalah ketika Rey mengklaim dirinya sebagai Skywalker di akhir The Rise of Skywalker, di mana lightsabernya yang semula berwarna biru berubah menjadi kuning. Selain Rey, lightsaber kuning juga pernah terlihat digunakan oleh Asajj Ventress. Dan warna kuning sendiri mempunyai arti energi, kehangatan, dan optimisme, seperti mentari yang tidak pernah lelah dalam menyinari Bumi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.