Chapter 1044 dari seri manga One Piece benar-benar merubah pandangan pembaca mengenai buah iblis Luffy. Selama 25 tahun, para fans meyakini bahwa Luffy mengonsumsi Gomu Gomu no Mi, buah iblis Paramecia yang merubahnya menjadi karet. Namun, hal tersebut akhirnya berubah dengan apa yang  diperlihatkan pada chapter 1044 kemarin. Ternyata itu bukanlah nama asli dan jenis dari buah iblis Luffy.

Pemerintah Dunia memang sengaja menyembunyikan fakta sebenarnya mengenai buah iblis ini. Buah iblisnya sendiri ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan termasuk dalam jenis Zoan. Ternyata, Oda Sensei sebenarnya sudah sejak lama memberkan petunjuk bahwa Gomu Gomu sebenarnya adalah buah iblis Zoan.

Dilihat Dari Daya Tahannya

Buah iblis Zoan bisa merubah wujud penggunanya menjadi hewan, entah dalam bentuk yang sempurna atau hybrid. Penggunanya juga akan menerima peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat. Crocodile sempat menyebutkan hal tersebut saat di arc Impel Down, ketika dia mencoba kabur dari para penjaga yang merupakan hewan Awakened Zoan.

Mythical Zoan bahkan jauh lebih kuat lagi dalam hal kekuatan fisik. Di sepanjang serinya, Luffy sempat berhadapan dengan beberapa musuh yang tangguh dan kuat. Jika Luffy bukanlah pengguna buah iblis Zoan, rasanya dia mungkin tidak akan bertahan dari berbagai serangan tersebut. Ada juga beberapa momen Luffy yang luar biasa:

  • Kalah dari Kaido beberapa kali dalam penyerbuan di Onigashima, namun dia selalu berhasil kembali bangkit.
  • Mampu mengangkat batu berukuran besar saat berada di penjara Udon, padahal dia sedang menggunakan borgol batu laut yang melemahkan kekuatannya.
  • Dalam arc Enies Lobby, Luffy hampir saja tidak selamat dalam beberapa serangan mengerikan Rob Lucci.
  • Luffy justru menjadi kebal terhadap racun setelah tubuhnya terkena serangan racun milik Magellan di Impel Down.
  • Menghadapi dua Sweet Commanders di Whole Cake Island, yang mana dua pertarungan tersebut berlangsung selama lebih dari 11 jam.

Melihat bagaimana “mengerikannya” kemampuan fisik dari Luffy, kemudian kekuatan, daya tahan, dan stamina yang tidak habis-habis membuat kita berpikir memang rasanya masuk akal jika kemudian buah iblis Luffy tersebut adalah Zoan, dan bukanlah Paramecia.

Kemampuan yang Tidak Berkaitan dengan Karet

Meskipun membuat tubuhnya menjadi elastis seperti halnya karet, namun yang terjadi justru Luffy memiliki berbagai serangan yang tidak ada kaitannya dengan kemampuan karet. Misalnya Red Roc. Sudah sejak lama dijelaskan bahwa Luffy mampu bergerak dengan sangat cepat, sehingga menimbulkan gesekan (friksi) di tubuhnya.

Hal itulah yang kemudian memunculkan api di tubuhnya atau yang menjadi penyebab berbagai serangan api dari Luffy. Tetapi, penjelasan lainnya adalah hal tersebut bisa terjadi karena Luffy adalah pemilik buah iblis Mythical Zoan. Pemilik kekuatan Zoan biasa hanya bisa berubah ke wujud hewan, namun Mythical Zoan mampu memiliki kekuatan yang jauh lebih dahsyat dari itu.

Ada beberapa contoh nyata dari hal ini. Misalnya, Kaido yang diketahui mampu menggunakan elemen api, angin, dan petir dalam form naga miliknya. Sengoku mampu menghadirkan sebuah gelombang kejut besar dalam form Buddha emas miliknya. Sedangkan Yamato mampu menghadirkan elemen es dalam form serigalanya.

Hal ini pun sesuai dengan kemampuan Luffy yang mampu menghasilkan api dalam form Gear miliknya. Luffy mampu melakukan hal tersebut karena pengguna Mythical Zoan mampu menggunakan serangan elemen. Jika menilik hal ini, Luffy rasanya mampu menandingi kekuatan Ace dan Sabo, yang memakan buah iblis Mera Mera.

Jadi, kesimpulannya, jika diperhatikan dengan seksama sebenarnya Eiichiro Oda sudah menghadirkan berbagai momen kemampuan dari Luffy yang memberikan petunjuk bahwa sebenarnya kekuatan dari Luffy bukanlah Paramecia melainkan Mythical Zoan. Oda bisa dibilang berhasil “menyembunyikan” fakta ini selama lebih dari 20 tahun.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.