Ozymandias

Pada tahun 1986, DC pernah memperkenalkan sekelompok tim superhero baru yang disebut Watchmen, di mana di dalamnya berisi para superhero tangguh yang berusaha untuk menciptakan perdamaian di Bumi, salah satunya adalah Adrian Veidt alias Ozymandias. Sayangnya, karena dia mempunyai cara sendiri untuk menyelamatkan Bumi, pada akhirnya dia justru berubah menjadi sosok villain. Hal itu terjadi ketika dirinya dengan sengaja membuat alien menginvasi Bumi agar perang nuklir dibatalkan. Meskipun rencana tersebut berhasil mengagalkan perang, tetapi korban jiwa akibat serangan alien telah membuat populasi manusia diambang kepunahan.

Robot

Terlepas dari namanya yang sederhana, Robot sebenarnya adalah superhero yang sangat tangguh di komik Invincible. Dengan kegeniusannya dalam menciptakan banyak penemuan yang visioner, dia berhasil menjadi salah satu anggota tim superhero di semestanya, dari mulai Teen Team, Guardians of the Globe, sampai tim tertinggi Global Defense Agency. Namun, karena dia sangat ingin menciptakan perdamaian Bumi yang sesuai dengan keinginannya, pada akhirnya dia mencoba mengambil alih kekuasaan dengan cara paksa, dimulai dengan membunuh para sahabatnya di tim GDA, sebelum akhirnya para superhero bersatu untuk menghentikan rencana gilanya.

Sinestro

Di DC Universe sendiri, Green Lantern Corps adalah polisi galaksi yang tersebar di seluruh alam semseta untuk menciptakan perdamaian di wilayahnya. Dan di antara para anggotanya, Sinestro adalah orang yang bertanggung jawab untuk melatih Hall Jordan sebagai Green Lantern baru. Sayangnya, karena dia terbukti menyebarkan teror di wilayahnya, Sinestro akhirnya dikeluarkan dari Green Lantern Corps, sebelum akhirnya dia membentuk Yellow Corps yang menebar teror dan menjadi ancaman bagi galaksi.

Superboy-Prime

Seperti yang kita tahu, di Multiverse DC ada banyak sekali varian Superman yang hidup dengan kisah latar belakangnya masing-masing. Dan salah satunya yang sangat berbeda dari Superman utama adalah Superboy-Prime. Alih-alih menjadi superhero, setelah melihat banyak para superhero yang gagal mempertahankan universenya, Superboy-Prime memilih untuk mencoba mengulang multiverse, di mana dalam prosesnya dia tidak segan-segan membunuh para Titans dan superhero lain. Sejak saat itu dia dikenal sebagai salah satu Supervillain paling ganas di Multiverse DC.

The Maker

Dalam salah satu universe alternatif Marvel, ada seorang varian Reed Richards alias Mister Fantastic yang menjadi jahat setelah dirinya diceritakan gagal dalam banyak hal. Merasa bersalah karena dia tidak berhasil menyelamatkan para superhero di kisah Ultimatum, pada akhirnya dia memutuskan untuk menjadi sosok yang lebih tangguh. Namun, niat tersebut justru membuatnya menjadi sangat jahat ketika Sue Storm di universenya menolak ajakannya untuk menikah. Setelah menghabiskan waktu ribuan tahun untuk bereksperimen dengan kecerdasaannya, pada akhirnya dia menjadi sosok ambisius bernama The Maker yang menjadi ancaman bagi keselamatan Multiverse Marvel.

Kesepuluh mantan superhero ini membuktikan bahwa dengan kisah yang kelam dan tujuan yang sangat ambisius, pada akhirnya sosok pelindung Bumi seperti mereka ternyata bisa juga menjadi jahat dan berbalik menjadi penghancur Bumi. Itulah sepuluh superhero yang diceritakan berubah menjadi penjahat, di mana akhirnya sebagian besar dari mereka tidak bisa lagi kembali ke jalur yang benar, karena sudah terlalu banyak korban yang jatuh oleh tangan mereka.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.