Superhero adalah tugas yang sangat berat jika dibandingkan dengan supervillain, karena setiap harinya mereka harus terus berjaga sekaligus bertarung dengan banyak musuh, yang tidak pernah lelah untuk menghancurkan atau hanya sekadar menguasainya Bumi. Baik di DC Comics, Marvel Comics, maupun media komik lainnya, kurang lebih tugas mereka masih tetap sama, itulah mengapa banyak superhero yang pada akhirnya memilih jalur lebih mudah, yaitu dengan menjadi supervillain. Karena hanya dengan berfokus pada satu tujuan, mereka tidak perlu bersusah payah untuk memikirkan hal yang lain. Siapa saja superhero yang pernah diceritakan menjadi penjahat? Simak di bawah ini, Geeks!

Captain America

Dalam sejarah panjangnya di Marvel Universe, Steve Rogers alias Captain America sebenarnya terkenal sebagai simbol kebebasan dan perdamaian. Namun, hal tersebut seketika berubah setelah seorang villain menulis ulang sejarah Marvel dengan menggunakan Cosmic Cube, termasuk Captain America yang digambarkan ulang sebagai salah satu agen rahasia Hydra. Dalam realitas ini, Captain America menjadi sosok mengerikan yang berusaha menguasai Amerika dan tega membunuh para sahabatnya, termasuk Black Widow yang lehernya dia patahkan menggunakan perisai andalannya.

Green Goblin (Phil Ulrich)

Sebagai salah satu karakter Marvel, awalnya Phil Ulrich adalah seorang manusia biasa yang bekerja di Daily Bugle. Namun, suatu hari dia menemukan tempat penyimpanan rahasia milik Norman Osborn alias Green Goblin asli, yang berisi perlengkapan dan semua senjata Green Goblin. Alih-alih menggunakannya untuk tujuan jahat, Phil memutuskan untuk menjadi superhero dengan kostum Green Goblin yang ditemukannya. Sayangnya, ketika kostumnya hancur, dia menjadi serakah dan rela membunuh untuk mendapatkan kostum lain. Sejak saat itu dia menjadi sosok supervillain yang dikenal sebagai Hobgoblin, kemudian Goblin Knight dan Goblin King, sampai akhirnya dia tewas sebagai villain.

Kid Marvelman

Kid Marvelman adalah salah satu superhero yang mempunyai kemampuan seperti Shazam dari DC. Hadir sebagai sidekick dari superhero bernama Marvelman, Kid Marvelman pada akhirnya berubah menjadi lebih ambisius setelah Marvelman diceritakan hilang ingatan karena sebuah serangan dari supervillain alien. Pada titik ini, dia tidak pernah kembali menjadi sosok anak kecil, dan mulai membangun kerajaan jahatnya di Inggris. Dan ketika ingatan Marvelman kembali, Kid Marvelman malah mengamuk dengan menghancurkan Kota London, di mana hal tersebut membuat Marvelman terpaksa membunuhnya.

Maestro

Pada dasarnya Maestro adalah Hulk dari semesta utama yang berubah menjadi jahat karena keadaan. Setelah perang nuklir terjadi, di mana banyak manusia yang tewas atau bermutasi, Bruce pada akhirnya menyerahkan dirinya pada Hulk dan membiarkan dia tumbuh menjadi sosok Maestro yang tidak kenal ampun. Selain cerdas dan juga kuat, Maestro juga pada akhirnya menjadi penguasa Bumi yang tidak akan memberikan kesempatan kepada superhero untuk mengambil alih wilayah kekuasaaan.

Plutonian

Sebagai mantan superhero di komik Boom Studios, Plutonian sebenarnya adalah sosok yang sangat sempurna untuk menjadi pelindung Bumi. Karena dengan kekuatan supernya yang mirip seperti Superman dari DC, dia hampir tidak pernah gagal dalam mengalahkan para supervillain. Namun, semua langsung berubah setelah dirinya mengungkap identitas rahasianya kepada pacarnya, di mana akhirnya dunia mulai mengetahui sosok aslinya. Merasa dia harus merahasiakannya, Plutonion kemudian mulai membunuh orang-orang yang mengetahui identitasnya. Sejak saat itu, dia akhirnya menyerah sebagai superhero dan memilih untuk menguasai dunia dengan menebar ketakutan di muka Bumi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.