Eida menjadi salah satu karakter baru yang menarik yang diperkenalkan dalam seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Eida menjadi tambahan baru yang dihadirkan di serinya, di mana dalam ceritanya diperlihatkan bahwa Eida berusaha membantu Code untuk menyelesaikan misi yang diberikan oleh Isshiki kepadanya. Seperti diperlihatkan di chapter 56 kemarin, setelah Code mendapatkan tugas dari Isshiki Otsutsuki yang tewas oleh Kawaki, Code kemudian bergerak untuk mencari bantuan.

Dan dia pun pergi ke fasilitas rahasia milik salah satu Inner Kara, yaitu Boro. Di sana, para fans mendapatkan fakta yang sangat mengejutkan di mana ternyata selain Kawaki dan Code, ada juga manusia buatan Amado yang ternyata masih selamat. Tubuhnya tersimpan dengan baik dan dijaga dengan ketat. Sosok tersebut bernama Eida.

Sampai sejauh ini masih belum diketahui banyak mengenai sosok Eida ini. Namun, berdasarkan penuturan dari Kawaki, dia adalah sosok yang sangat kuat. Diketahui Eida memiliki sebuah kekuatan yang epik bernama Senrigan. Saat mengaktifkan kemampuan ini, Eida mampu melihat ke masa depan atau pun masa lalu. Dan hal ini juga yang membuat Eida bisa membantu Code dalam misinya.

Kemampuan lainnya, Eida diketahui mampu membuat orang jatuh cinta. Tidak peduli pria atau pun wanita. Namun, hanya Amado dan juga Otsutsuki saja yang kemudian tidak mampu atau tidak terpengaruh oleh kekuatan Eida tersebut. Dengan sosok Eida yang misterius, para fans sendiri banyak yang berspekulasi dan berteori tentang sosoknya. Salah satu teori tentang Eida yang sangat populer di kalangan fans adalah Eida disebut-sebut merupakan putri dari Amado yang sudah sejak lama tewas.

Selain itu, ternyata ada juga teori menarik lainnya yang berkaitan dengan Eida di mana teorinya menyebutkan bahwa Eida mungkin dahulunya adalah seorang Otsutsuki. Atau Amado menciptakan Eida dan menghadirkan kekuatan Senrigan serta kemampuan jatuh cinta tersebut berdasarkan dari kemampuan Otsutsuki sebelumnya. Sosok Otsutsuki yang dijadikan “inspirasi” untuk kekuatan Eida mungkin adalah Otsutsuki yang simbolnya hancur.

Teori ini bisa dibilang cukup menarik dan masuk akal. Hal tersebut mungkin bisa menjadi alasan mengapa kemudian kemampuan jatuh cinta Eida tidak berlaku kepada klan Otsutsuki dan juga Amado, karena mereka adalah “pencipta” dari Eida. Selain itu, teori bahwa kemungkinan Eida adalah seorang Otsutsuki atau “tiruan” dari Otsutsuki pun didukung dengan kemampuan Senrigan yang dia miliki.

Selama ini, para fans mempertanyakan mengenai perbedaan kekuatan antara Eida dan Daemon dengan para cyborg lainnya. Level cyborg seperti Delta atau Boro, meskipun sangat kuat, namun mereka berada di bawah Daemon dan Eida. Kekuatan Eida pun sangat epik, di mana cyborg lain tidak ada yang memiliki kemampuan Otsutsuki. Jadi, wajar jika kemudian banyak para fans mempertanyakan hal tersebut.

Teori di atas sebenarnya berkaitan juga dengan teori lainnya dari sosok Amado. Dalam teori ini, disebutkan bahwa Amado mungkin sempat juga menjadi “pelayan” dari Otsutsuki lain sebelum kemudian dia bekerja untuk Jigen. Mungkin, Otsutsuki yang pernah dilayani oleh Amado adalah dua orang yang simbolnya hancur. Dan salah satu dari Otsutsuki tersebut memiliki kemampuan Senrigan, yang kemudian Amado aplikasikan dan tirukan terhadap Eida.

Teka-teki mengenai sosok Eida, Daemon, dan Amado memang akan selalu menarik untuk dibahas dan pasti akan selalu dikaitkan dengan koneksinya bersama klan Otsutsuki. Tetapi, tentunya menarik jika kemudian Eida memang benar dahulunya adalah seorang Otsutsuki atau kekuatan yang dia miliki merupakan kekuatan dari Otsutsuki sebelumnya, yang pernah menjadi tuan dari Amado sebelum dia bekerja untuk Jigen/Isshiki. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.