Apa yang ditakutkan oleh banyak orang terkait dengan sosok Uzumaki Boruto akhirnya benar-benar terjadi seperti diperlihatkan dalam chapter sebelumnya di seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Seperti yang kita ketahui, Boruto ditanamkan segel Karma oleh Momoshiki Otsutsuki yang artinya Boruto pun menjadi wadah bagi kebangkitkan Momoshiki. Menjadi wadah Otsutsuki memiliki satu kemungkinan terburuk, yaitu tewas.

Setelah Boruto ditanami segel Karma oleh Momoshiki, proses Otsutsukifikasi pun akhirnya dimulai. Otsutsukifikasi sendiri merupakan proses ekstraksi data dari seorang Otsutsuki terhadap wadahnya. Inilah yang kemudian menjadi cara dari seorang Otsutsuki untuk bisa terus bereinkarnasi, yaitu dengan memindahkan data dari diri mereka ke tubuh orang lain.

Setelah prosesnya selesai, maka tubuh dari wadah barunya siap untuk digunakan. Wadah tersebut bisa digunakan kapan pun, sesuai dengan keinginan pemiliknya. Berbicara mengenai proses penanaman Karma dan juga memindahkan data ke tubuh lain, banyak dari Geeks yang mungkin bertanya-tanya apakah Boruto juga bisa melakukannya mengingat dia juga sekarang adalah Otsutsuki.

Menanamkan segel Karma diketahui hanya bisa dilakukan oleh mereka yang menjadi bagian dari klan Otsutsuki, karena kemampuan ini eksklusif milik klan tersebut. Uzumaki Boruto sendiri saat ini sudah resmi menjadi seorang Otsutsuki yang seutuhnya, meskipun proses Otsutsukifikasi yang dia lakukan baru berjalan 82% seperti yang diungkapkan oleh Momoshiki di chapter sebelumnya.

Dengan Boruto yang sudah menjadi seorang Otsutsuki sepenuhnya, logikanya dia pun bisa melakukan apa pun yang menjadi kemampuan seorang Otsutsuki, terutama Momoshiki. Bahkan, bukan hanya Momoshiki, Boruto pun mungkin juga bisa menggunakan kekuatan dari Kinshiki mengingat Kinshiki sempat dimakan oleh Momoshiki. Dan hal ini pun sempat juga dibahas di artikel lainnya bahwa mungkin saja Boruto bukan hanya memiliki kekuatan Momoshiki, tetapi juga Kinshiki.

Dengan Boruto memiliki kemampuan Otsutsuki, apakah Boruto bisa menanamkan segel Karma ke tubuh orang lain? Jawabannya adalah bisa. Namun, untuk bisa melakukannya, ada syarat utama yang wajib untuk terpenuhi. Seperti yang dilakukan Isshiki terhadap Kawaki, jika Boruto ingin menanamkan segel Karma ke tubuh orang lain maka dia memerlukan wadah yang tepat.

Jika dia tidak bisa menemukan wadah yang tepat, tubuhnya tidak akan bisa menampung kekuatan besar Boruto. Hal ini seperti yang terjadi kepada Jigen. Tetapi, di balik itu semua, ada juga pertanyaan besar lainnya. Mengapa kemudian Boruto harus menanamkan segel karma di tubuh orang lain? Seharusnya, yang melakukan hal tersebut adalah Momoshiki karena dia masih terjebak di tubuh Boruto.

Boruto bukanlah sosok yang jahat seperti halnya para klan Otsutsuki, yang menanamkan segel Karma miliknya di tubuh orang lain agar mereka bisa bereinkarnasi. Sementara, pemilik asli dari tubuh tersebut dipastikan akan tewas. Dalam momen yang terjadi di masa yang akan datang, kita melihat bagaimana Boruto tetaplah Boruto. Dia tidak menggunakan tubuh orang lain. Nampak Boruto sudah tumbuh menjadi dewasa seperti halnya yang terjadi kepada Kawaki.

Artinya, Boruto tidak pernah menanamkan segel Karma miliknya kepada siapa pun, meskipun kita masih belum tahu apa yang terjadi selanjutnya. Bukan hal yang mustahil bagi Boruto untuk menanamkan segel Karma miliknya di tubuh orang lain. Sebenarnya, teknik ini sempat juga diusulkan kepada Boruto sebelum mereka menemukan cara lain untuk bisa menghentikan proses dari Otsutsukifikasi.

Ide ini diberikan oleh Kawaki setelah mereka kembali dari pertempuran melawan Isshiki. Namun, Boruto sendiri sebenarnya nampak ragu dan tidak ingin melakukan hal tersebut karena dia tahu bahwa hal tersebut akan merugikan orang lain. Pertanyaan lainnya apakah kemudian Momoshiki bisa menanamkan segel Karma miliknya di tubuh orang lain, selagi dia terjebak di dalam tubuh Boruto?

Pertanyaan ini tentunya menjadi pertanyaan yang belum bisa terjawab untuk saat ini, karena Momoshiki sendiri di chapter 67 kemarin nampak sudah menyerah untuk sementara dengan keadaan tersebut. Momoshiki sudah tidak bisa lagi bereinkarnasi di tubuh Boruto, karena dia harus menyerahkan 18% sisa  proses Otsutsukifikasi untuk menghidupkan kembali Boruto. Banyak fans yang berspekulasi bahwa Momoshiki akan mencari cara agar dia bisa kembali hidup. Salah satunya adalah dengan menanamkan segel Karma di tubuh orang lain. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.