R.I.P.D. (2008)

Masih pada tahun yang sama dengan Going Sane, DC juga pernah merilis komik Batman: R.I.P.D. yang mempunyai hubungan dengan berbagai komik Batman lainnya. Di komik ini, Batman diceritakan harus menghadapi kelompok Black Glove yang ingin menghancurkan sang Dark Knight. Salah satu upaya pertamanya untuk mencapai tujuan tersebut, para Black Glove dengan bodohnya malah mengundang Joker yang terbukti tidak pernah bisa dipercaya. Merasa bahwa Batman adalah miliknya, bukannya membantu Black Glove, Joker malah menipu mereka untuk mengirim sinyal bantuan kepada Robin, Nightwing dan League of Assassins, yang pada akhirnya berhasil menghentikan rencana busuk mereka.

White Knight (2017)

Dari semua kisah Batman yang menarik, komik Batman: White Night adalah salah satunya yang cukup populer. Berlangsung di semesta alternatif, di komik ini Joker pernah diceritakan sebagai kesatria berkuda putih yang akan membela kota Gotham dengan kekuatannya. Diperkenalkan sebagai karakter yang mempunyai nama asli Jack Napier, sama seperti di film Batman karya Tim Burton, Joker adalah salah satu anggota dewan kota Gotham yang ingin memberantas korupsi. Dan karena ceritanya berlangsung di semesta alternatif, Joker dengan kecerdasannya akhirnya berhasil mengalahkan pusat korupsi dan kejahatan yang ternyata adalah Batman.

Dark Knight: Metal (2017)

Di komik Dark Nights: Metal, DC untuk pertama kalinya memperkenalkan supervillain baru bernama Batman Who Laughs, yang pada dasarnya adalah gabungan Joker dan Batman dari Dark Multiverse. Setelah terbukti berhasil mengalahkan Justice League, Batman yang tidak mempunyai pilihan lain diceritakan meminta bantuan kepada Joker untuk mengalahkan Batman Who Laughs. Mungkin karena melihat Batman Who Laughs sebagai Batman sekaligus saingannya, Joker pun setuju untuk membantu Batman. Dan dengan kelicikan Joker yang berkolaborasi dengan ketangguhan Batman, pada akhirnya Batman Who Laughs bertekut lutut di hadapan dua inkarnasinya tersebut.

Dari sebagian kisah Joker yang menjadi baik ini, satu hal yang kita sadari bahwa motivasi Joker menjadi orang baik secara garis besar hanya terjadi karena dua alasan. Yang pertama karena dia berasal di universe alternatif di mana supervillain menjadi orang baik. Dan yang kedua adalah karena dia tidak ingin saingan sekaligus “belahan jiwanya” dimiliki atau dikalahkan oleh orang lain. Dan lucunya, kedua motivasi tersebut cukup masuk akal dan bisa dimaklumi. Itulah tujuh momen di mana Joker menjadi baik di DC Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.