Jika berbicara tentang karakter Joker, pasti banyak hal mengerikan yang akan muncul di benak para penggemar. Selain digambarkan sebagai musuh bebuyutan Batman, Joker adalah karakter DC yang paling gila, sadis, dan juga sangat sulit ditebak. Dan uniknya, karena hal tersebut pada akhirnya Joker menjadi salah satu villain paling populer di kalangan penggemar. Tidak sedikit juga penggemar yang bertanya-tanya, apakah di balik kisah-kisahnya yang super jahat, Joker pernah melakukan sesuatu hal yang baik? Tidak disangka-sangka ternyata jawabannya “cukup sering”. Momen apa saja yang pernah menceritakan Joker menjadi “orang baik”? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

The Laughing Fish (1978)

Di komik The Laughing Fish, yang juga diadaptasi dalam bentuk animasi, Batman diceritakan harus berhadapan dengan seorang villain bernama Rupert Thorne, yang ternyata mengetahui identitas rahasianya sebagai Bruce Wayne. Dan setelah Joker mengetahui rencana busuk dari Rupert, yang kemungkinan akan membuat Batman pensiun sebagai musuhnya, dia langsung turun tangan untuk mencegahnya. Rupert yang ketakutan dengan ancaman dari Joker, pada akhirnya berjanji untuk tidak membongkar rahasia Batman. Berkat perbuatan Joker yang seolah-olah “baik” ini, akhirnya Bruce bisa melanjutkan tugasnya sebagai vigilante bertopeng di kota Gotham.

Distant Fires (1998)

Selain muncul di komik-komik Batman, Joker yang pada dasarnya adalah salah satu penjahat terkenal di alam semesta ini pernah juga muncul di komik Superman: Distant Fires. Di komik ini, dunia diceritakan mengalami kepunahan massal setelah perang nuklir terjadi. Kejadian nahas tersebut pada akhirnya membuat para supervillain dan superhero bersatu untuk membangun kembali “tempat bermain” mereka. Sebagai mantan supervillain yang bertobat, Joker diperlihatkan dengan tersenyum membantu para superhero dan manusia dalam melawan mutan jahat, termasuk ketika akhirnya terungkap bahwa penjahat yang sebenarnya adalah Billy Batson alias Shazam.

Countdown (2007)

Semua penggemar setia DC pasti mengetahui sebuah semesta alternatif, di mana para superhero menjadi jahat dan para supervillain melakukan sebaliknya, semesta tersebut adalah Earth-3. Di komik Countdown yang berlangsung di semesta Earth-3, Jokester (Joker Earth-3) digambarkan sebagai orang baik dan Owlman (Batman Earth-3) sebagai orang jahat. Setelah berhasil melalui masa kecil kelam, di mana dia dirundung, pada akhirnya Jokester tumbuh sebagai seorang komedian di Kota Gotham. Dan karena Owlman telah merobek mulutnya, pada akhirnya dia bersumpah untuk melindungi kota Gotham dari kejahatan Owlman yang tidak terkendali.

Going Sane (2008)

Setelah melakukan berbagai upaya kejahatan di DC Universe, Joker pada akhirnya diceritakan berhasil mengalahkan Batman di komik Batman: Going Sane. Namun, karena saingannya tersebut telah tidak ada, Joker pada akhirnya mulai sadar bahwa tidak ada alasan lain untuk melanjutkan peran jahatnya. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi orang biasa yang menjalani kehidupan normal. Setelah mengganti namanya menjadi Joseph Kerr, dia tampaknya cukup bahagia dengan hidup barunya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.