Avengers adalah salah satu elemen yang sangat penting, bukan hanya di Marvel Comics saja, tetapi juga di Marvel Cinematic Universe yang telah berjalan lebih dari 10 tahun. Dimulai dengan anggota inti yang dibentuk di fil The Avengers (2012), termasuk Iron Man, Captain America, Black Widow, Hawkeye, Hulk, dan Thor, tim superhero terbaik Marvel ini makin berkembang dengan banyak anggota tambahan, seperti Ant-Man, Falcon, Scarlet Witch, Spider-Man, Vision, Black Panther, War Machine, dan masih banyak lagi.

Namun, nasib dari Avengers sendiri akhir-akhir ini menjadi ambigu pasca kejadian di film Endgame (2019), tepatnya setelah Captain America memilih untuk pensiun karena usianya sudah tidak lagi muda, kemudian Iron Man dan Black Widow juga tampaknya sudah tidak ada lagi di dunia karena telah melakukan pengorbanan heroik, begitu juga dengan Hulk, Hawkeye, dan Thor yang saat ini tengah sibuk dengan urusannya masing-masing. Hal tersebut pada akhirnya memicu pertanyaan besar di kalangan penggemar, “Benarkah Avengers dibubarkan?” Untuk itu, mari kita coba telusuri kebenarannya, Geeks.

Ketidakjelasan Pasca Endgame

Tidak lama setelah Captain America meneriakan “Avengers Assemble!”, disusul dengan pengorbanan heroik Iron Man yang menggunakan Infinity Stones untuk mengalahkan Thanos di film Avengers: Endgame, Fase 3 MCU dan Infinity Saga yang telah dibangun selama 10 tahun dinyatakan resmi berakhir dengan film epilog Spider-Man: Far From Home (2019). Sejak saat itu nama Avengers tidak pernah terdengar lagi, begitu juga dengan kejelasan nasibnya pasca Endgame.

Hawkeye memang mendapatkan serial solonya di Disney+, kemudian kedepannya Hulk juga dipastikan akan muncul di serial She-Hulk, begitu juga dengan Thor yang akan kembali dengan film solo keempatnya Thor: Love and Thunder. Namun, sampai detik ini mereka tidak pernah kembali bersama untuk membahas kelanjutan Avengers. Beberapa superhero memang terlihat kembali berkumpul di credit scene Shang-Chi, di mana Wong, Bruce/Hulk, Captain Marvel, terlihat berbicara via hologram dengan Shang-Chi dan Katy. Namun, mereka sama sekali tidak merepresentasikan Avengers, karena Wong hanya mengatakan “welcome to the circus” dan bukan “Avengers” kepada Shang-Chi dan Katy.

Avengers Bubar Bukan Hal Baru

Sebenarnya Avengers bubar bukanlah hal yang baru di semesta Marvel, karena di Marvel Comics sendiri, tim superhero ini pernah diceritakan beberapa kali berpisah, baik secara resmi maupun tidak. Salah satu cerita yang sempat menyinggung pembubaran Avengers pernah terjadi di komik Onslaught: Marvel Universe (1996). Di komik ini, ketika para X-Men dibantai oleh sosok supervillain Onslaught, para Avengers diceritakan tiba untuk membantu. Sayangnya, meskipun Onslaught berhasil dikalahkan, tetapi banyak anggota Avengers yang diceritakan tewas. Di mana setelah kejadian tersebut Avengers secara tidak langsung dibubarkan.

Kemudian pembubaran lainnya pernah terjadi juga di komik Avengers: Disassemble (2004), di mana Scarlet Witch yang pikirannya terganggu diceritakan mengamuk dan mengacaukan realitas disekitarnya. Akibatnya, para Avengers juga mengalami kekacauan di dalam kubunya, di mana She-Hulk terlihat membelah Vision, kemudian Hawkeye juga melakukan pengorbanan konyol dengan menabrakan dirinya ke pesawat Hydra, dan masih banyak lagi. Setelah kejadian tersebut, pada akhirnya para Avengers mengambil keputusan berat dengan mengeluarkan Scarlet Witch dan kemudian membubarkan timnya.

Dan pembubaran ikonik lainnya pernah terjadi juga di komik Civil War (2006-2007), di mana Avengers terpecah menjadi dua kubu karena Iron Man ingin semua superhero didaftarkan secara resmi di pemerintahan, sedangkan Captain America menentang hal tersebut. Pertempuran antara dua kubu superhero pun akhirnya tidak terelakan, di mana kejadian tersebut menewaskan banyak superhero, supervillain, dan warga sipil. Captain America yang mencoba menghentikan pertempuran tersebut dengan menyerahkan diri, bahkan diceritakan dibunuh, meninggalkan Iron Man yang dipenuhi penyesalan.

Berbagai Alasan yang Memperkuat

Ketidakjelasan Avengers pasca Endgame, dan berbagai kisah pembubarannya di Marvel Comics, sebenarnya secara tidak langsung telah memberikan gambaran kepada penggemar bahwa banyak faktor dan cara bagi Avengers untuk akhirnya dibubarkan, baik secara resmi maupun tidak. Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali petunjuk yang mengarah bahwa Marvel Studios “tidak” mempunyai rencana terkait film Avengers 5. Salah satunya adalah pernyataan dari presiden Marvel Studios Kevin Feige di episode 8 tayangan Marvel Studios: Assembled.

Di episode yang berjudul “The Making of Eternals”, Feige mengisyaratkan bahwa film Avengers: Endgame adalah film penutup Infinity Saga sekaligus “film terakhir Avengers.” Meskipun pernyataan tersebut sempat membuat penggemar bersedih sekaligus khawatir dengan nasib Avengers selanjutnya, dalam sesi wawancara lain dengan Collider, Feige mengungkapkan bahwa dia tengah mengembangkan sebuah saga dengan para karakter baru. “Kita membutuhkan waktu untuk membangun saga baru sebelum mengumpulkan semua karakternya,” ungkap Feige.

Banyak penggemar yang percaya bahwa saat ini Feige dan seluruh tim kreatif Marvel Studios tengah mempersiapkan sebuah tim baru yang bisa dibilang mirip dan bisa juga tidak, mereka adalah “Young Avengers”. Berdasarkan apa yang sudah terlihat di berbagai tayangan Fase 4 MCU, ada Beberapa Superhero Muda yang Telah Diperkenalkan, termasuk Kate Bishop, America Chavez, Cassie Lang, Billy, Tommy Maximoff, Kid Loki, Eli Bradley, Kamala Khan, Riri Williams, dan sebagainya. Jadi, para anggota Young Avengers sebenarnya sudah ada di depan mata, tinggal menunggu sampai mereka berkumpul.

Untuk saat ini cukup aman untuk disimpulkan bahwa Avengers mungkin dibubarkan dan warisannya akan segera dilanjutkan oleh Young Avengers pada masa depan MCU. Di sisi lain, para superhero senior, seperti Thor, Hawkeye, Hulk, dan sebagainya, mungkin nanti akan tetap hadir untuk mengawasi sekaligus membimbing para superhero muda agar bisa menjadi tim Avengers baru yang diharapkan oleh umat manusia dan juga para penggemar secara keseluruhan. Itulah pembahasan mengenai nasib Avengers di MCU sampai saat ini. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.