Di sepanjang cerita dalam seri Naruto, hanya sedikit orang atau shinobi yang mampu menandingi kehebatan dari sosok Uchiha Sasuke. Orochimari dan Itachi bahkan tidak mampu menandingi Sasuke. Sementara itu, banyak dari para fans berpendapat bahwa satu-satunya orang yang mampu menandingi sosok Sasuke hanyalah Naruto. Sasuke sendiri kemudian membuktikan ketangguhannya.

Dia menjadi salah satu sosok terkuat selain Madara, Kaguya, dan juga Otsutsuki lain seperti Isshiki, Momoshiki, dan Kinshiki. Sasuke merupakan seorang shinobi yang berada di kelasnya sendiri, yang mana inilah kemudian banyak para fans yang menganggap bahwa Sasuke merupakan salah satu karakter terbaik. Sayangnya, harus diakui bahwa Kishimoto perlahan mulai mengurangi kemampuannya di seri Boruto.

Salah satu momen yang paling diingat para fans adalah bagaimana Sasuke harus kehilangan Rinnegan miliknya, akibat Borushiki yang menusuk mata kirinya. Namun, seperti yang para fans ketahui, Sasuke memiliki banyak cara yang membuatnya memang lebih cocok untuk bergerak sendiri. Selama ini, Sasuke belum lagi menemukan lawan yang seimbang.

Namun, chapter 68 kemarin sepertinya memberikan Sasuke lawan yang selama ini belum dia temui lagi. Bahkan, mungkin, ini adalah musuh terkuat yang dihadapi oleh Sasuke sekarang. Sasuke sempat menghilang selama beberapa chapter. Dia terakhir kali terlihat pada chapter 61, setelah Sasuke melihat dan memperhatikan bekas Claw Marks milik Code yang ada di gerbang Konoha.

Tetapi, pada chapter 68 kemarin akhirnya kita melihat kembalinya sosok Sasuke. Dia kembali dengan membawa segudang informasi mengenai Code. Sasuke bahkan tahu di mana persembunyian dari Code, yang merupakan tempat atau fasilitas milik Boro. Meskipun Sasuke mengaku bahwa dia belum menggali informasi lebih dalam apakah Code memang ada di sana, namun dia mengaku mengetahui sosok Bug.

Sasuke mungkin berpikir bahwa di tempat tersebut hanya ada sosok shinobi penjaga biasa, yang bisa saja dihadapi dengan mudah oleh Sasuke. Namun, Sasuke mungkin akan terkejut ketika dia bertemu dengan Daemon, adik dari Eida. Seperti yang diperlihatkan di akhir chapter 68, Eida pada akhirnya muncul di hadapan Amado.

Dia ditarik masuk ke Konoha oleh Code, dan hal tersebut artinya meninggalkan Daemon sendirian di fasilitas milik Boro. Dengan tidak adanya Code dan Eida, artinya Sasuke bisa saja pergi kembali ke lokasi tersebut dan kemudian menghancurkannya. Dan saat itulah momen pertemuan antara Sasuke dan Daemon terjadi.

Mengapa kemudian Daemon kemungkinan menjadi lawan terberat dan paling mematikan yang dihadapi oleh Sasuke? Seperti yang diketahui, Daemon memiliki kemampuan misterius yang disebut sebagai “Reflective” di mana serangan apa pun yang mengarah kepadanya akan kembali kepada orang yang menyerangnya. Hal tersebut, secara teknis, bisa diartikan bahwa Daemon menjadi sosok yang tidak akan bisa diserang.

Setiap serangan Jutsu yang dilancarkan oleh Sasuke kepada Daemon bisa dipastikan akan kembali kepadanya. Hal ini pun tentunya akan memberikan Sasuke sebuah tantangan besar bagaimana kemudian menyerang Daemon tanpa ada efek serangan balik. Tanpa adanya Rinnegan, Sasuke tentu akan kesulitan untuk mengetahui kemampuan Daemon tersebut.

Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi Daemon dalam pertarungannya. Justru, mungkin Daemon yang akan membawa Sasuke dalam perangkapnya, yang mana hal tersebut akan menunjukan kepada Sasuke bahwa Daemon pun bisa menjadi ancaman besar bagi Konoha dan dunia. Seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, kemungkinan cara yang bisa digunakan untuk menghadapi Daemon adalah menggunakan Genjutsu.

Sasuke mungkin sudah kehilangan Rinnegan miliknya, namun dia masih memiliki Sharingan. Sasuke bisa saja menggunakan teknik Genjutsu miliknya untuk memanipulasi pikiran Daemon. Lagipula, di sisi lain, Daemon hanyalah seorang anak kecil biasa. Pikirannya belum terlalu luas dan dalam sehingga hal ini bisa dimanfaatkan oleh Sasuke untuk menggunakan genjutsu.

Pertarungan antara Sasuke dan Daemon bisa dipastikan akan menjadi salah satu pertarungan yang epik, dan ini pun bisa menjadi ajang pembuktian bahwa Sasuke masih belum kalah. Dia masih memiliki kekuatan dahsyat dalam dirinya yang bisa dimanfaatkan oleh Konoha untuk menghadapi berbagai ancaman dan kejahatan. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.