Amado menjadi salah satu karakter yang membuat seri Boruto: Naruto Next Generation semakin berwarna. Pasalnya, Amado masih menjadi sebuah misteri besar sampai saat ini. Amado sendiri merupakan mantan ilmuwan Kara, yang meminta perlindungan kepada desa Konoha dengan imbalan informasi lengkap bagaimana cara untuk membunuh Isshiki Otsutsuki dan Otsutsuki lainnya.

Dengan Amado sekarang menjadi bagian dari desa Konoha, sepertinya perlahan-lahan obsesi atau impian terselubung dari sang ilmuwan mulai terungkap, dengan Code yang berusaha untuk membalas dendam kematian dari Isshiki Otsutsuki. Lalu, apa kira-kira obsesi terbesar dari Amado? Apakah Amado berusaha untuk menghancurkan Konoha? Atau justru Amado berusaha membunuh Naruto?

Meskipun Code pada akhirnya berhasil dikalahkan dalam chapter sebelumnya, berkat kekuatan Karma milik Isshiki, dan Boruto berhasil dihidupkan kembali berkat kekuatan Karma milik Momoshiki, kepala riset Kara yaitu Amado sepertinya sudah kehabisan waktu untuk mempersiapkan rencana besar untuk menyerang Konoha – jika memang itu yang menjadi rencana awal dari Amado untuk datang ke Konoha.

Dengan jeda waktu saat ini, Shikamaru kemudian memanfaatkan kesempatan tersebut untuk “menginterogasi” Amado perihal apa yang dia lakukan dengan mengaktifkan kembali Karma Isshiki di tubuh Kawaki. Seperti yang kita ketahui, Kawaki – entah disadari atau tidak – mengaktifkan Karma Isshiki dalam tubuhnya untuk melindungi Naruto dari serangan Oodama Rasengan milik Borushiki.

Semua orang yang ada di sana terkejut dengan hal tersebut, karena tidak menyangka bahwa hal tersebut bisa terjadi. Shikamaru sendiri berusaha untuk menggali informasi mengenai alasan Amado melakukan tersebut, namun terdapat sebuah detail yang menarik mengenai Amado.

Setting aside the result, what you did was not for Konoha or Kawaki’s benefit. If you ask me, you seem obsessed with Kawaki’s Karma itself. Why? (Dengan mengesampingkan hasilnya, apa yang kau lakukan (mengaktifkan Karma Isshiki) bukanlah untuk keuntungan Konoha atau Kawaki. Jika kau bertanya kepadaku, kau (Amado) sepertinya sangat terobsesi dengan Karma milik Kawaki tersebut. Mengapa?)”

Sayangnya, kita tidak bisa mendengar jawaban Amado dari pertanyaan tersebut karena Code kemudian tiba-tiba muncul dari Claw Marks yang dia tinggalkan di tubuh Shikamaru. Beruntung bagi para penduduk Konoha, Amado sudah menyiapkan sesuatu untuk menghadapi situasi genting seperti itu. Kita melihat kemunculan dari Delta yang diprogram ulang untuk membantu Konoha dan juga para shinobi lainnya.

Meskipun kita belum mendapatkan jawaban pasti dari mengapa Amado begitu terobsesi dengan Karma Kawaki, namun kita mendapatkan detail penting bahwa Amado memang sepertinya sangat terobsesi atau tergila-gila dengan kekuatan Karma. Mengapa demikian? Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjawab hal tersebut. Pertama, Amado adalah sosok yang jahat dan dia haus akan kekuatan.

Seperti halnya para villain pada umumnya, mereka haus akan kekuatan dan kekuasaan. Dan hal ini pun kemungkinan terjadi kepada Amado. Setelah melakukan penelitian cukup lama tentang Karma, dia menyadari seberapa besar potensi dari Karma. Karena itulah dia pun sangat tergila-gila dengan kekuatan Karma. Tetapi, karena dia tidak memiliki kekuatan tersebut Amado pun memanfaatkan Kawaki.

Dalam spekulasi yang banyak beredar sebelumnya, Amado memang sengaja memanfaatkan Kawaki sebagai senjata untuk misi terbesarnya. Karena itulah, Amado pergi ke Konoha karena dia tahu bahwa Kawaki bersembunyi atau meminta perlindungan ke desa tersebut. Amado ingin menguasai seluruh dunia ini dengan memanipulasi Kawaki, dengan merubahnya menjadi “senjata.”

Kemungkinan kedua adalah Amado ingin membalas dendam atas Isshiki. Dalam cerita sebelumnya diketahui bahwa Amado bergabung dengan Kara karena dia ingin membalas dendam kematian anaknya. Dia ingin menghabisi Jigen. Dia pun secara diam-diam menyusun rencana untuk melakukan hal tersebut, termasuk membuat sebuah cyborg yang diprogram untuk menghabisi Jigen, seperti Kashin Koji.

Para fans pun kemudian berspekulasi bahwa kemungkinan Eida adalah anak dari Amado, apalagi setelah Amado mengatakan kepada Naruto bahwa anaknya meninggal puluhan tahun lalu. Spekulasi ini pun semakin kuat dengan reaksi yang diperlihatkan oleh Amado saat dia melihat sosok Eida di panel terakhir chapter 68 kemarin.

Amado seolah nampak tidak percaya dengan apa yang dia lihat. Antara bingung, takut, dan aneh. Reaksi ini sangat berbeda saat Amado bertemu dengan Code. Meskipun kemungkinan kedua cukup menarik, namun kemungkinan pertama cukup besar peluang terjadinya. Banyak fans yang menaruh curiga bahwa Amado adalah sosok yang jahat, dengan semua gelagat yang dia perlihatkan.

Karena itulah, kemungkinan pertama dirasa cukup masuk akal untuk menjadi alasan mengapa kemudian Amado begitu terobsesi dengan kekuatan Karma, terutama dengan Karma Isshiki di tubuh Kawaki. Apakah akan ada hal mengejutkan lainnya terjadi? Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada Amado dan juga Kawaki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.