Illuminati Marvel adalah salah satu topik pembahasan yang akhir-akhir ini santer dibicarakan oleh para penggemar. Hal tersebut bisa terjadi kelompok rahasia dari Marvel Comics ini kabarnya akan segera melakukan debutnya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness mendatang. Namun, sebelum benar-benar melihatnya benar muncul di MCU, perlu dicatat terlebih dahulu bahwa Illuminati bukanlah tim superhero seperti Avengers atau sebagainya.

Karena di Marvel Comics sendiri, kelompok rahasia yang didirikan oleh Iron Man, Professor X, Namor, Black Bolt, Doctor Strange, Mister Fantastic, dan beberapa superhero lainnnya ini, tidak akan segan-segan untuk melakukan segala cara demi mencapai tujuan mereka, termasuk dengan melakukan sesuatu yang jahat. Apa saja kejahatan yang pernah dilakukan oleh Illuminati? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Merahasiakan Keberadaan dari Superhero Lain

Sejak awal, alasan mengapa Illuminati Marvel dibentuk adalah karena para anggotanya ingin menciptakan sebuah kelompok rahasia yang bergerak di balik layar Marvel Universe. Sebagai kelompok tertutup yang hanya terdiri dari beberapa anggota saja, Illuminati telah melakukan berbagai tindakan untuk menyelamatkan alam semesta tanpa sepengetahuan superhero lain, termasuk “menyetir” kejadian Civil War dan Secret Invasion. Ketika pada akhirnya keberadaan Illuminati terkuak, banyak di antara para superhero Marvel yang terkejut bahkan sampai marah, memaksa Illuminati untuk dibubarkan selamanya.

Menghapus Ingatan Captain America

Selain para pemimpin superhero, Illuminati juga pernah mengajak beberapa superhero lain untuk bergabung, tetapi tidak semuanya setuju dengan perbuatan diam-diam dari Illuminati. Salah satunya yang paling vokal ketika mengetahui keburukan Illuminati adalah Captain America. Setelah mengetahui keberadaan Illuminati yang ternyata memegang kendali Infinity Gems, Cap langsung menyuruh semua anggota dari kelompok rahasia tersebut menghentikan perbuatannya. Alih-alih menurut, Doctor Strange langsung menghapus ingatan Captain America tentang keberadaan Illuminati di muka Bumi.

Mengasingkan Hulk ke Luar Angkasa

Bukan hanya Captain America saja yang pernah menjadi korban Illuminati, Bruce Banner alias Hulk juga pernah mendapatkan perlakuan yang lebih buruk. Tidak lama setelah menganggap Hulk sebagai salah satu potensi yang dapat mengancam Bumi, semua anggota Illuminati sepakat untuk mengasingkannya ke luar angkasa. Hulk yang terlambat mengetahuinya kemudian menaruh dendam kepada Illuminati setelah tiba di planet Sakaar. Kejadian ini justru membuat ketakutan Illuminati benar-benar terwujud, karena pada akhirnya Hulk berhasil kembali dan menyebabkan berbagai kehancuran di muka Bumi.

Bekerja Sama dengan Villain

Pada dasarnya Illuminati bukan lah kelompok yang bisa dikategorikan jahat atau baik, karena mereka akan melakukan segala cara demi memastikan Marvel Universe benar-benar terhindar dari segala macam ancamannya. Hal itu bahkan dibuktikan ketika para anggota Illuminati terpaksa bekerja sama dengan berbagai supervillain, dari mulai Thanos sampai tim supervillain Cabal alias Dark Illuminati. Mereka biasanya akan menyuruh para supervillain ini untuk menghancurkan sebuah planet demi menghindari Incursion (tabrakan antar planet), di mana hal tersebut sekaligus menjadi misi bunuh diri bagi para villain.

Menghancurkan Banyak Dunia

Dan terakhir, hal jahat yang pernah dilakukan oleh Illuminati Marvel adalah menghancurkan berbagai dunia demi menyelamatkan semestanya sendiri. Selain mengirim berbagai villain ke dunia lain saat kejadian Incursion, Illuminati juga pernah menciptakan berbagai senjata pemusnah planet yang sangat mematikan. Beberapa senjata pemusnah massal yang pernah terbukti menghancurkan planet dan semua isinya adalah Sol’s Hammer ciptaan Iron Man, kemudian Black Swan yang dikembangkan oleh Mister Fantastic dan Black Panther, kemudian sebuah buku sihir milik Doctor Strange yang bisa menghilangkan sebuah planet dengan sekejap.

Kelima kejahatan ini membuktikan bahwa Illuminati bukanlah tim superhero seperti Avengers yang akan selalu menjunjung tinggi moral superhero. Karena pada kenyataannya yang telah dilakukan oleh Illuminati cenderung membuat mereka terlihat seperti tim supervillain, walupun tidak bisa dimungkiri juga bahwa tujuan mereka adalah dengan kebaikan yang lebih besar lagi. Itulah lima kejahatan yang pernah dilakukan oleh Illuminati di Marvel Universe. Apakah mereka akan seburuk ini di MCU? Kita lihat saja nanti saat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang di Indonesia pada 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.