Seri manga Boruto: Naruto Generations menghadirkan sebuah jenis model baru dari salah satu cybrog Kara buatan Amado, yaitu Delta, seperti yang diperlihatkan di akhir chapter terbaru serinya. Manganya sendiri sudah menghadirkan cerita puncak dari arc yang berfokus pada sosok Code ini, di mana kita melihat akhir yang kacau dari pertarungan antara Boruto Uzumaki, Kawaki, dan Code.

Meskipun pertarungan diantara ketiga karakter tersebut menyajikan momen-momen intens di setiap chapternya, namun sepertinya Amado sedang menyiapkan sesuatu yaitu sebuah rencana misterius demi bisa mempersiapkan diri menghadapi ancaman besar seperti Code atau ancaman lainnya. Chapter sebelumnya memperlihatkan kepada para fans tentang sebuah proyek misterius yang sedang Amado kerjakan.

Proyek tersebut diketahui dilakukan untuk menghadapi ancaman yang muncul pada masa yang akan datang, seperti halnya Code. Proyek tersebut adalah Amado sedang mempersiapkan cyborg lainnya dengan menggunakan pod atau wadah yang sama seperti yang pernah dia gunakan untuk menciptakan cyborg lainnya di organisasi Kara.

Berdasarkan dari petunjuk-petunjuk yang disebutkan oleh Amado, sosok cybrog baru tersebut merupakan sosok yang kita kenal selama ini. Dan akhirnya banyak spekulasi pun bermunculan di kalangan fans mengenai siapa kira-kira sosok yang “dibangkitkan kembali” oleh Amado. Dan akhirnya jawaban dari pertanyaan dan spekulasi tersebut pun terjawab dalam chapter 68 kemarin.

Dalam chapter tersebut, kita melihat bagaimana seluruh shinobi Konoha kembali ke desa. Semuanya masih tidak percaya dengan apa yang terjadi dengan Boruto. Mereka pun masih cukup terkejut dengan kemampuan dahsyat yang dimiliki oleh Code, dan tidak lupa juga bagaimana Shikamaru marah besar melihat sikap Amado yang mengaktifkan kembali kekuatan Karma Isshiki tanpa izin.

Namun, yang paling menyita perhatian adalah bagaimana Code pada akhirnya berhasil menyusup ke desa Konoha, melalui Claw Marks yang dia tinggalkan di tubuh Shikamaru. Kemunculan Code tersebut pun tidak pelak membuat Shikamaru dan Amado terkejut, karena seperti yang kita ketahui bahwa Konoha dijaga ketat oleh ninja sensor yang dipimpin oleh Ino.

Selain kemunculan dari Code, yang juga membuat kejutan di chapter tersebut adalah bagaimana kemudian kita melihat “kebangkitan” dari salah satu android ciptaan Amado, Delta. Ternyata, sosok yang ada di dalam kotak atau peti yang merupakan proyek besar Amado, merupakan sosok Delta yang diprogram ulang untuk menjadi senjata yang membantu Konoha.

Sosok Delta “terbaru” ini tidak memiliki perbedaan apa pun dengan versi sebelumnya. Kekuatan yang dia miliki masih tetap sama dengan versi yang asli, bahkan sikap dan kepribadiannya pun masih tetap sama. Yang membedakan adalah kali ini Delta berada di sisi Konoha alias dia bertarung untuk Konoha, bukan sebaliknya.

Dan kemunculan dari Delta ini, sesuai fungsinya, bisa digunakan untuk membantu mengalahkan Code. Namun, kita masih belum mengetahui apakah Amado sudah melakukan sesuatu terhadap sosok Delta yang baru ini. Mungkin saja Amado melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan terhadap Kawaki, di mana Amado melakukan peningkatan kekuatan secara diam-diam.

Mengingat Amado sudah tahu siapa ancaman yang menjadi lawan Konoha selanjutnya, dan Amado juga tahu seberapa kuat ancaman besar tersebut, rasanya masuk akal jika kemudian Amado melakukan peningkatan kekuatan dari Delta untuk mempersiapkan dirinya menghadapi Code yang diketahui memiliki kekuatan bertarung yang epik.

Meskipun begitu, masalah lainnya kemudian muncul. Di panel terakhir chapter 68 kemarin, kita melihat bagaimana Code membawa serta Eida dari tempat persembunyian mereka. Kemunculan Eida ini pun tentunya berada di luar dugaan mereka, karena para shinobi Konoha sendiri tidak tahu menahu tentang sosok Eida.

Geeks tentunya sudah mengetahui tentang sosok Eida dan bagaimana kekuatannya. Naruto sendiri harus mengalami kesulitan untuk menghadapi Delta, dalam pertarungan sebelumnya. Kekuatan dahsyat yang diandalkan oleh Delta adalah tembakan sinar laser yang keluar dari matanya. Dan tembakan laser tersebut bisa dipastikan sangat mematikan dan memiliki daya hancur tinggi.

Menarik tentunya melihat bagaimana Delta atau shinobi Konoha lain bertarung menghadapi Eida dan juga Code. Melihat bagaimana limiter dari Code masih belum terlepas, peluang Delta untuk menang bisa dibilang cukup besar. Hanya saja, hal tersebut tidaklah mudah apalagi dengan adanya Eida di samping Code yang pastinya akan membantu Code mengalahkan Delta.

Tetapi, peluang menang Delta akan Eida kemungkinan hanya sekitar 40%. Mengapa? Ada beberapa alasan untuk menjawab hal tersebut. Pertama, kita masih belum mengetahui sampai sejauh mana level kekuatan dari Eida. Eida hanya diketahui memiliki Senrigan dan kemampuan untuk membuat orang jatuh cinta kepadanya.

Kita masih belum tahu apakah Eida memiliki kemampuan bertarung, dan sejauh mana kemampuan bertarungnya. Alasan kedua, Eida masih memiliki sang adik, Daemon, yang juga masih sangat misterius kekuatannya. Yang kita tahu, Daemon memiliki kekuatan dahsyat yang bisa membalikan atau mengembalikan berbagai serangan yang mengarah kepadanya.

Jadi, seberapa besar atau seberapa kuat penambahan kekuatan yang dialami oleh Delta kemungkinan besar hal tersebut akan mengalami kendala yang sangat besar, mengingat ada sosok Daemon di samping Eida dan Code. Tentunya hal ini akan menjadi tantangan lain bagi para shinobi Konoha, danĀ  menjadi peran dari Amado untuk kemudian menemukan jalan keluarnya.

Apakah Delta akan berkhianat kepada Amado? Apakah Delta akan sanggup menghadapi Eida dan Code? Bagaimana kemudian sikap dari shinobi Konoha dalam menghadapi situasi ini? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.