Joker

Salah satu musuh Batman lain yang pernah diceritakan mengalahkan Justice League adalah sang Clown Prince of Crime, yaitu Joker. Pada era New 52, ada satu kisah yang disebut “Endgame”, di mana di dalamnya Joker pernah diceritakan berhasil menciptakan sebuah racun mengerikan yang dapat mengubah seseorang menjadi gila. Dan ketika Batman diceritakan menghilang setelah kejadian “Death of the Family”, Joker diperlihatkan berhasil menggunakan racunnya untuk menginfeksi Justice League dan mengubah mereka menjadi gila.

Anti-Monitor

Supervillain berikutnya yang pernah diceritakan berhasil menghancurkan harga diri Justice League adalah Anti-Monitor. Sebagai villain kosmik yang mempunyai kekuatan sangat dahsyat, di mana dia mempunyai senjata anti materi yang bisa menghancurkan sebuah universe, Anti-Monitor pernah diceritakan hampir membuat Justice League menyerah. Di kisah Crisis on Infinite Earths, dia pernah berhasil membunuh superhero kuat, seperti Flash Barry Allen dengan senjata anti materinya, dan Supergirl hanya dengan tinjunya. Meskipun pada akhirnya dia berhasil dikalahkan, tetapi Anti-Monitor telah berhasil mencapai tujuannya, yaitu hanya menyisakan satu multiverse tunggal seperti sekarang ini.

Crime Syndicate

Crime Syndicate pada dasarnya adalah sebuah tim supervillain yang merupakan kebalikan dari Justice League. Berasal dari universe alternatif Earth-3, Crime Syndicate beranggotakan para supervillain tangguh seperti Ultraman, Power Ring, Johnny Quick, Superwoman, dan Owlman. Di kisah Forever Evil, Crime Syndicate pernah diceritakan berhasil meratakan Justice League dengan bantuan Cyborg versi jahat bernama Grid. Salah satu perbuatan mengerikan dari tim supervillain ini adalah dengan menyiksa dan membunuh Nightwing dalam sebuah acara TV.

Meskipun pada akhirnya Justice League diceritakan berhasil membalikan keadaan, tetapi hal tersebut tidak bisa mengubah fakta bahwa mereka benar-benar pernah dikalahkan sebelumnya. Dan bisa dibilang korban yang berakhir di tangan ketujuh supervillain ini masih terlalu besar untuk kemenangan akhir mereka yang masih terasa menyakitkan. Selain itu, para supervillain ini juga telah membuktikan bahwa sebenarnya tim superhero terbaik di DC Universe ini juga mempunyai celah untuk bisa dikalahkan.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.