Sebagai tim superhero terbaik di DC Universe, sepak terjang Justice League sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi jika menyangkut para villain yang berusaha untuk menyerang Bumi dan semua isinya. Selama bertahun-tahun, Justice League sering kali diceritakan berhasil mengalahkan banyak supervillain tangguh yang berusaha membuat kekacauan di DC Universe.

Dengan para anggota, seperti Batman, Superman, Wonder Woman, Flash, Green Lantern, dan masih banyak lagi, tampaknya akan sangat sulit untuk mengalahkan Justice League. Namun pada kenyataannya, fakta tersebut berhasil dibantah oleh para supervillain yang terbukti pernah mengalahkan mereka. Siapa saja villain yang dimaksud? Berikut tujuh supervillain yang pernah diceritakan mengalahkan Justice League!

Deathstroke

Mempunyai nama asli Slade Wilson, Deathstroke sebenarnya adalah musuh abadi dari Teen Titans dan Batman. Namun, dalam kisah Identity Crisis, dia pernah tampil lebih mengerikan sebagai sosok yang membuat Justice League “bertekuk lutut”. Di komiknya, Deathstroke diceritakan disewa oleh Dr. Light untuk mengalahkan para anggota dari tim superhero terbaik DC tersebut, di mana dalam prosesnya dia berhasil menggunakan berbagai taktik genius untuk mengalahkan Flash, Green Arrow, Black Canary, Hawkman, Atom, Zatanna, dan bahkan mengungguli Green Lantern Kyle Rayner.

Doomsday

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Doomsday pernah memorak-porandakan Justice League di kisah “The Death of Superman”. Hampir semua anggota inti JL International, seperti Green Lantern Guy Gardner, Blue Beetle, Booster Gold, Maxima, Fire, Ice, dan Bloodwynd, tampak tidak berkutik dihadapan Doomsday. Sampai akhirnya Superman datang dan bisa menyeimbangi supervillain mengerikan ini. Sayangnya, sebagai bayaran untuk mengalahkan Doomsday, Superman juga diceritakan tewas karena babak belur.

Nekron

Dalam sejarah DC, Nekron alias Black Lantern adalah salah satu supervillain yang pernah diceritakan mempunyai dampak sangat mengerikan, tepatnya di kisah Blackest Night. Di komik tersebut, Nekron bukan hanya diceritakan berhasil mengalahkan Justice League saja, tetapi juga mengubah mereka menjadi mayat hidup. Adapun superhero yang dihidupkan kembali oleh Nekron sebagai mayat hidup di antaranya adalah Hawkman, Hawkgirl, Firestorm, dan Martian Manhunter. Kejadian ini pada akhirnya memaksa superhero yang tersisa, seperti Green Lantern dan Flash, untuk mengalahkan para “mantan” sahabatnya tersebut.

Ra’s Al Ghul

Dari sekian banyak musuh Batman, Ra’s Al Ghul adalah salah satu villain yang dikenal sangat sulit untuk dibunuh, hal itu dikarenakan dia mempunyai akses ke kolam Lazarus Pit yang membuatnya bisa hidup kembali apapun keadaannya. Dan di kisah Tower of Babel, Ra’s al Ghul pernah diceritakan mengalahkan para anggota Justice League setelah mencuri “Contingency Plan” milik Batman. Dalam prosesnya, Ra’s Al Ghul berhasil mengetahui kelemahan semua anggota Justice League, termasuk Superman yang tidak berkutik setelah terkenal cincin Krypronite.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.