Fakta bahwa Momoshiki Otsutsuki sudah tidak bisa lagi bangkit di tubuh Boruto Uzumaki tentunya menjadi sebuah angin segar bagi Boruto dan juga para fans. Namun, sepertinya ancaman dari Momoshiki sendiri masih belum selesai. Meskipun dia tidak bisa lagi bangkit di tubuh Boruto, masih ada hal lainnya yang bisa mengancam nyawa Boruto.

Setelah pertarungan yang epik dan menegangkan yang terjadi dalam beberapa chapter sebelumnya, akhirnya Boruto, Shikamaru, Kawaki, dan Naruto kembali ke desa Konoha seperti diperlihatkan dalam chapter 68. Dalam chapter tersebut, Boruto menjadi perhatian penting dari Sai, Amado, dan Katasuke. Mereka penasaran dengan apa yang terjadi dengan Boruto, dan bertanya apa benar Boruto dibangkitkan kembali menggunakan Karma.

Seperti dijelaskan dalam chapter 67 kemarin, setelah Kawaki berhasil membunuh Boruto demi mencegah Momoshiki mengambil alih tubuh Boruto, sesuatu yang luar biasa terjadi. Dengan menggunakan sisa Karma dalam proses Otsutsukifikasinya, Momoshiki kemudian membangkitkan kembali Boruto dari kematiannya dengan menyembuhkan luka yang diderita oleh organ dalam Boruto.

Mendengar penjelasan dari Boruto tersebut, Katasuke sendiri senang bahwa pada akhirnya Momoshiki dipastikan tidak akan bisa bangkit kembali. Dan Amado pun mengonfirmasi hal tersebut. Amado sendiri sempat terkejut dengan keputusan Momoshiki, dan tidak percaya bahwa Momoshiki rela “mengorbankan diri” demi melindungi wadahnya. Namun, hal tersebut pun masuk akal karena jika Boruto mati maka dia pun akan mati.

Amado sendiri kemudian memberikan kesimpulan lain dari analisis Boruto tersebut. Menurut Amado, meskipun Momoshiki mungkin tidak akan bisa kembali atau tidak akan bisa bereinkarnasi, tetapi ancamannya masih tetap ada. Bagaimana kemudian Momoshiki masih mampu untuk mengambil alih kesadaran Boruto sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Dan yang paling penting, Amado sendiri menegaskan bahwa masih belum ada solusi yang pas atau solusi yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah tersebut. Di sisi lain, Boruto sendiri nampak percaya diri dengan kekuatan baru yang dia dapatkan. Ketika Katasuke meminta Boruto untuk tetap meminum obat yang diberikan Amado, Boruto pun menolaknya.

Menurut Boruto, dia sudah tidak lagi membutuhkan obat milik Amado karena dia merasa dia sudah mulai mampu mengalirkan atau menguasai kekuatan dari Momoshiki tersebut. Terlepas dari itu semua, rasanya Boruto masih terlalu dini untuk percaya diri seperti itu. Mendengar peringatan dari Amado bahwa Momoshiki bisa saja kembali mengambil alih alam bawah sadar Boruto, tentu tidak bisa diremehkan.

Belum lagi, Momoshiki juga sempat mengatakan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi kepada Boruto terkait dengan mata biru yang dia miliki tersebut. Untuk masalah ini, kita masih belum mengetahui apa yang dimaksud oleh momoshiki tersebut meskipun dia mengatakan bahwa momen tersebut jauh lebih mengerikan dari apa yang terjadi sebelumnya.

Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa ramalan dari Momoshiki tersebut ada kaitannya dengan Boruto yang harus kehilangan orang-orang tercintanya, mungkin Himawari, Hinata, atau bahkan sosok Naruto. Namun, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa mungkin ramalan Momoshiki tersebut adalah momen yang kita lihat di chapter pertama, di mana Konoha hancur lebur.

Pada intinya, terlepas dari Momoshiki Otsutsuki sekarang sudah tidak bisa lagi bereinkarnasi di tubuh Boruto, namun ancamannya masih tetap ada dan harus diwaspadai. Ancaman tersebut adalah bagaimana Momoshiki bisa saja kembali mengambil alih kesadaran Boruto. Dan seperti yang disebutkan oleh Boruto, masih belum ada cara untuk menghentikan atau mencegah hal tersebut. Jadi, selama Boruto masih hidup, maka Momoshiki pun masih akan tetap ada dalam diri Boruto, meskipun dia hanya akan “menonton” semua yang terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.