Setelah sekian lama menghilang, akhirnya sosok karakter favorit para fans, Uchiha Sasuke, kembali ke desa Konoha. Sasuke kembali dengan berbagai informasi yang sangat penting yang siap dibagikan kepada Naruto dan yang lain terutama yang berkaitan dengan Code. Kembalinya Sasuke juga disambut hangat oleh Sarada dan shinobi muda lainnya. Namun, ke mana perginya Sasuke selama ini?

Seperti yang diketahui, sosok Sasuke terakhir kali muncul di chapter 61 kemarin. Saat itu, Sasuke sedang menginvestigasi berbagai hal mencurigakan berwarna hitam yang ada di sekitar gerbang desa Konoha. Hal tersebut diduga merupakan Claw Marks dari Code yang sengaja dia tinggalkan. Sejak saat itu, Sasuke pun kemudian pergi tanpa kabar.

Semenjak Sasuke menghilang tanpa kabar, pertanyaan tentang keberadaan Sasuke hampir selalu muncul di setiap perilisan chapter terbaru dari seri Boruto. Dan para fans pun semakin penasaran dengan keberadaan Sasuke mengingat keadaan Konoha sedang dalam kondisi genting di mana Code menjadi ancaman serius.

Namun, dalam chapter 68 ini akhirnya kita kembali melihat Sasuke yang sudah pulang ke Konoha secara mengejutkan. Dalam percakapannya dengan Shikamaru, Sasuke mengatakan bahwa dia memiliki informasi mengenai Code. Sasuke bahkan menggali lebih dalam mengenai sosok Code sampai kemudian dia tahu di mana lokasi persembunyiannya dan Sasuke bahkan sempat menyinggung sosok Bug.

Hal ini pun sesuai dengan spekulasi yang sempat muncul di artikel sebelumnya, di mana Sasuke kemungkinan besar menghilang karena mencoba mencari informasi sebanyak mungkin dan sedetail mungkin mengenai Code dan kekuatannya. Seperti yang kita ketahui, Sasuke adalah sosok yang selalu diandalkan untuk mencari informasi dalam berbagai masalah seperti yang terjadi saat ini.

Sebelumnya, saat melakukan penelitian tentang Isshiki Otsutsuki, Sasuke yang pergi ke koordinat di mana dia melihat emblem para anggota Otsutsuki di dimensi lain. Dalam chapter 61 kemarin sendiri Sasuke nampak melihat benda misterius yang diduga adalah sabuk milik Code. Namun, Sasuke dan shinobi lainnya sendiri tidak tahu tentang benda tersebut dan apa fungsinya.

Seperti yang diketahui bahwa sabuk dari Code bisa berfungsi sebagai portal bagi dia untuk bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain. Mungkin Sasuke sedang mencoba masuk ke sabuk tersebut dan mencari tahu bagaimana sistem kerjanya. Atau mungkin juga Sasuke sedang mencoba mencari di mana asal sabuk tersebut, di mana ujung dari sabuknya.

Kemudian juga bisa jadi Sasuke sedang pergi ke tempat lain untuk mencari tahu tentang Code dan kekuatan sabuknya tersebut. Sasuke mungkin meneliti bekas atau jejak dari sabuk tersebut, dan sampai pada kesimpulan di mana dia mengetahui lokasi dari markas pesembunyian Code. Dengan Sasuke yang mengetahui tentang sosok Bug, artinya Sasuke pun sempat pergi ke fasilitas rahasia milik Boro.

Bahkan, bukan tidak mungkin Sasuke menggali informasi banyak dari sosok Bug tentang Code. Sasuke berhasil melacak keberadaan lokasi Boro tersebut kemungkinan berkat jejak Claw Marks yang ditinggalkan oleh Code. Selain menggali informasi tentang Code, dengan Sasuke yang kemungkinan berbicara dengan Bug, artinya Sasuke pun kemungkinan mengetahui tentang sosok Daemon dan Eida.

Ini tentunya bisa menjadi informasi penting bagi seluruh shinobi Konoha, karena Eida dan Daemon juga tidak kalah mengerikan dan menjadi sebuah ancaman serius bagi semuanya. Sasuke pun kemungkinan tahu tentang kerja sama antara Code dan Eida, yang mana hal ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh Sasuke.

Sasuke bisa memanfaatkan keinginan Eida yang sangat mengharapkan Kawaki, untuk kemudian menjadi “senjata makan tuan” bagi Code. Memang, saat ini, Konoha sudah memiliki Delta yang diprogram ulang oleh Amado untuk membantu mereka mengalahkan Code. Namun, dibandingkan Eida, kekuatan Delta tentunya jauh di bawah Eida.

Sasuke juga mungkin bertemu dengan Orochimaru di tempat persembunyiannya. Orochimaru dikenal sebagai ilmuwan cerdas, dan Sasuke bisa menggali informasi banyak tentang Code dan juga Claw Marks milik Code. Orochimaru mungkin bisa menjelaskan bagaimana cara kerja atau pun apa yang menjadi kelemahan dari Claw Marks tersebut yang tentunya bisa digunakan untuk menghadapi Code.

Orochimaru juga mungkin membantu Sasuke dalam melacak keberadaan lokasi persembunyian Code dan hal lainnya yang dibutuhkan Sasuke. Menarik tentunya untuk mengetahui apa saja informasi yang sudah dikumpulkan oleh Sasuke terkait dengan Code dan juga Eida serta Daemon, yang mana pastinya informasi tersebut akan sangat berguna bagi shinobi Konoha.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.