Beberapa chapter terakhir dari seri manga Boruto: Naruto Next Generation benar-benar menghadirkan ketegangan dan juga aksi yang luar biasa dari Kawaki, Boruto, dan Code. Seperti diperlihatkan dalam chapternya, ketiganya terlibat dalam sebuah pertarungan yang sangat epik. Code pada awalnya memegang kendali pertarungan di mana dia unggul dalam hal kekuatan.

Namun, situasi kemudian mulai berubah saat Boruto mengaktifkan kekuatan Karma miliknya. Code sempat kesulitan menghadapi Boruto, namun karena Boruto masih belum terbiasa dengan Karma, Code yang akhirnya kembali memegang kendali situasi. Code akhirnya harus kewalahan saat Kawaki mengaktifkan kembali Karma Isshiki dalam dirinya. Code sama sekali tidak mampu untuk menandingi kedahsyatan dari Kawaki.

Situasi semakin pelik saat Boruto – yang setengah sadar – meminta Kawaki untuk membunuhnya. Kawaki pun akhirnya menuruti keinginan Boruto. Sempat disangka tewas, ternyata Boruto kembali hidup. Namun, ada fakta menarik dibalik bangkitnya kembali Boruto. Ternyata, Momoshiki menggunakan sisa proses Otsutsukifikasi untuk menyembuhkan luka Boruto. Itu artinya Momoshiki dipastikan tidak akan bisa kembali bereinkarnasi karena prosesnya sudah berhenti.

Hal ini tentunya dianggap sebagai sebuah kemenangan bagi Boruto dan yang lain. Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah bagaimana kemudian Naruto dan shinobi Konoha lainnya menghadapi situasi Boruto saat ini? Apakah Boruto masih bisa dianggap sebagai sebuah ancaman meskipun Momoshiki diketahui sudah tidak bisa lagi bangkit di tubuh Boruto?

Kemungkinan besar, para shinobi Konoha – terutama Shikamaru – masih akan menganggap Boruto sebagai sebuah ancaman yang besar. Hal yang paling logis yang mungkin akan dilakukan dalam situasi Boruto saat ini adalah dengan mengawasi Boruto secara ketat, seperti yang mereka lakukan sebelumnya saat mengetahui adanya ancaman dari Code.

Tetapi, di sisi lain, bisa saja mereka tidak terlalu ketat mengawasi Boruto karena Naruto yang akan bertanggung jawab atas semuanya dan Naruto pula yang akan mengawasi anaknya. Meskipun begitu, rasanya kecil kemungkinan jika mereka akan membiarkan Boruto begitu saja. Para penduduk Konoha juga akan semakin sulit menerima kondisi dan situasi Boruto, mengingat dia sekarang adalah Otsutsuki sepenuhnya.

Apakah Boruto sekarang bisa menjadi ancaman utama? Jawabannya adalah ya. Seperti yang dijelaskan dalam chapter sebelumnya, Momoshiki mungkin sudah tidak akan bisa bereinkarnasi secara penuh di tubuh Boruto, mengingat dia menggunakan 18% data Otsutsuki miliknya untuk membangkitkan kembali Boruto.

Meskipun begitu, potensi dari Momoshiki untuk bisa tetap mengambil alih tubuh Boruto masih tetap terbuka. Momoshiki mungkin sengaja menceritakan hal tersebut kepada Boruto, karena dia tahu bahwa Boruto akan mengatakan hal yang dia alami tersebut kepada Naruto dan Sasuke. Artinya, ada kemungkinan semua ucapan yang dilontarkan oleh Momoshiki adalah kebohongan.

Momoshiki mungkin saja masih bisa bangkit meskipun proses Otsutsukifikasinya berhenti di 82%. Dia mungkin menunggu momen yang tepat untuk bisa bangkit kembali. Lagipula, seperti yang pernah diungkapkan dalam artikel sebelumnya ada kemungkinan bahwa Momoshiki akan mencari jalan lain agar dia bisa kembali hidup atau bereinkarnasi. Mungkin dia akan mencoba menanamkan segel Karmanya di tubuh orang lain.

Dan yang paling buruk adalah ramalan yang diungkapkan oleh Momoshiki. Saat Momoshiki berhasil dikalahkan oleh Boruto, dia sempat mengatakan kepada Boruto bahwa mata biru miliknya akan membawa petaka besar bagi semua orang. Dalam chapter 67, ketika Boruto dan Momoshiki berbincang, Boruto menduga bahwa ramalan yang dia maksud adalah momen kematiannya oleh Kawaki.

Namun, Momoshiki kemudian tertawa mendengar hal tersebut dan mengatakan bahwa ramalan yang dia lihat mengenai Boruto jauh lebih buruk dan mengerikan dari momen tersebut. Mungkin ramalan mengerikan yang dimaksud oleh Momoshiki adalah momen ketika Konoha hancur dan seluruh dunia shinobi menghilang.

Jadi, kesimpulannya, meskipun Boruto tidak lagi dikuasai Momoshiki dia tetap menjadi ancaman utama dalam ceritanya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya kepada Boruto dan juga terhadap Konoha dan seluruh dunia. Apakah mungkin Boruto akan tiba-tiba berubah menjadi sosok yang mengerikan? Bisa jadi. Apakah Boruto akan menjadi sosok yang menghancurkan Konoha? Mungkin. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.