Siapa sebenarnya sosok Amado? Apa tujuan utama dari Amado? Itulah yang masih menjadi pertanyaan besar para fans dari seri Boruto: Naruto Next Generation terhadap sosok Amado. Dengan sosoknya yang pendiam dan misterius, banyak para fans yang memunculkan berbagai teori-teori menarik tentang Amado. Amado merupakan sosok yang sangat misterius dalam cerita Boruto.

Sampai saat ini, informasi mengenai karakternya masih belum banyak diketahui. Sejak pertama kali diperkenalkan, Amado muncul sebagai kepala penelitian dari organisasi Kara. Amado adalah dari terciptanya berbagai macam peralatan canggih ninja, yang digunakan oleh para villain seperti Delta, Boro, Code, dan sebagainya. Bahkan, dia juga yang menciptakan para cyborg tersebut.

Hal itu membuat Amado menjadi salah satu sosok yang paling cerdas di franchise Naruto. Namun, di balik kecerdasannya tersebut Amado diyakini adalah sosok yang mengerikan. Dengan sikapnya yang pendiam, dan juga kecerdasan yang dia miliki – terutama untuk menyusun rencana – menjadi hal yang membuat sosoknya menakutkan. Bahkan, sebagian fans meyakini bahwa Amado sebenarnya adalah villain utama dari seri ini.

Terdapat sebuah teori yang menarik mengenai sosok Amado dan juga mengenai asal-usulnya. Dalam teorinya disebutkan bahwa Amado kemungkinan adalah orang suruhan dari klan Otsutsuki, yang ditugaskan untuk mengawasi perkembangan buah chakra. Namun, yang terjadi justru Amado malah mengkhianati mereka dan berencana membalas klan Otsutsuki.

Seperti yang kita ketahui, klan Otsutsuki merupakan klan yang sering kali menjelajah ke planet-planet lainnya yang ada di alam raya ini. Tujuan mereka sendiri adalah menanam pohon suci dan kemudian memanen buah chakra. Buah chakra sendiri terbentuk setelah pohon suci menyerap seluruh chakra atau energi kehidupan di sebuah planet.

Setelah semua chakranya terkumpul, maka pohon suci tersebut akan menghasilkan buah chakra yang mana siapa pun Otsutsuki yang memakannya akan mendapatkan peningkatan kekuatan secara drastis. Karena klan Otsutsuki tidak mungkin mengawasi secara terus menerus pohon suci di sebuah planet, maka mereka pun mengutus seseorang untuk melakukan tugas tersebut.

Dan teorinya sendiri menyebutkan bahwa Amado mungkin adalah sosok yang ditugaskan atau ditunjuk untuk mengawasi pohon suci tersebut. Amado ditugaskan untuk mengawasi pohon suci yang ada di bumi. Namun, untuk alasan tertentu, Amado justru terkagum-kagum dengan sejarah dunia shinobi, dan pada akhirnya dia pun berubah pikiran. Dia tidak lagi mau menjadi orang suruhan dari klan Otsutsuki.

Amado pun memulai sebuah revolusi di mana dia berencana untuk membuat setiap Otsutsuki yang mencoba untuk menginvasi bumi menjadi senjata yang dia gunakan untuk menyerang balik klan Otsutsuki. Kaguya Otsutsuki kemungkinan terlibat dalam rencana besar Amado tersebut. Mungkin inilah alasan mengapa kemudian Kaguya – yang merupakan rekan dari Isshiki – memutuskan untuk berkhianat dan menunda rencana memanen buah chakra.

Dua hologram Otsutsuki yang hancur yang dilihat oleh Sasuke kemungkinan adalah hologram milik Kaguya Otsutsuki dan juga milik Amado. Mungkin ini juga alasan mengapa kemudian Amado “tidak sengaja” memberikan koordinat di mana Sasuke bisa menemukan lokasi dari “markas” Otsutsuki  tersebut.

Teori ini juga mungkin bisa menjadi penjelasan mengapa kemudian dia bisa menciptakan sosok seperti Eida dan Daemon. Seperti yang kita ketahui, Eida dan Daemon merupakan cyborg yang berbeda dibandingkan dengan Delta, Boro, atau bahkan Code. Eida dan Daemon memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di mana kekuatannya sulit untuk ditaklukan.

Pertanyaan besarnya kemudian dari mana Amado mampu mendapatkan atau memasangkan kekuatan sedahsyat itu terhadap tubuh cyborg? Amado mungkin adalah sosok yang cerdas, namun manusia biasa rasanya akan sulit untuk menanamkan kekuatan sedahsyat itu terhadap tubuh buatan. Hal tersebut sempat memunculkan spekulasi bahwa mungkin Amado adalah bagian dari klan Otsutsuki, yang mana hal ini ada kaitannya dengan teori di atas.

Kemungkinan lainnya adalah Amado mungkin memanfaatkan Karma Isshiki untuk menanamkan berbagai kekuatan epik tersebut kepada Daemon dan Eida. Bisa jadi ini pun alasan mengapa kemampuan Eida – dan mungkin Daemon – tidak berpengaruh atau tidak memiliki efek terhadap klan Otsutsuki.

Untuk saat ini, para fans hanya bisa berteori dan berspekulasi mengenai sosok Amado selama Kishimoto masih belum memberikan informasi detail mengenai sosoknya. Dan teori mengenai Amado adalah bagian dari Otsutsuki dirasa cukup menarik. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.