Semua penggemar setia Marvel di seluruh dunia pasti mengenal siapa Thanos yang sebenarnya. Dan tidak diragukan lagi bahwa dia adalah salah satu villain terhebat sepanjang sejarah. Sebagai makhluk yang tumbuh di planet Titan, dan sering digambarkan sebagai Deviant atau makhluk terburuk dalam suatu planet, Thanos tumbuh menjadi sosok yang mengerikan dengan tujuan yang sangat membahayakan bagi Marvel Universe.

Karena masa lalunya tersebut, ditambah lagi ketika dewasa dia sangat mencintai entitas kosmik bernama Death, pada akhirnya Thanos hanya mempunyai satu tujuan yaitu membunuh sebanyak mungkin makhluk di alam semesta. Dengan Infinity Gems dan Infinity Gauntlet di tangannya, dia hanya perlu menjentikan jarinya agar setengah kehidupan di alam semesta musnah, baik untuk memuaskan dirinya sendiri maupun untuk menarik perhatian Death. Namun, dengan skenario paling buruk tersebut, ternyata ada yang jauh lebih buruk lagi dari Thanos, dan dia adalah Victor Von Doom alias Doctor Doom.

Lebih Kuat dari Thanos?

Ketika mendengar namanya, mungkin sebagian penggemar masih ada mengira bahwa dia hanya seorang lawan tangguh dari Fantastic Four yang melakukan debutnya di komik The Fantastic Four #5 (1962). Namun, pada kenyataannya dia lebih mengerikan dari yang kita kira selama ini, karena dalam sejarah panjangnya di Marvel Universe dia tercatat telah mengalahkan banyak superhero dan juga supervillain. Bahkan dalam salah satu kisahnya, Doctor Doom pernah membunuh Thanos dengan menarik tulang belakangnya saat Doom diceritakan mendapatkan kekuatan entitas kosmik Beyonder di kisah Secret Wars (2015).

Seakan-akan hal tersebut masih belum cukup untuk membuktikan bahwa dia lebih buruk dari Thanos, Doctor Doom juga tercatat sebagai salah satu villain yang telah membunuh lebih banyak dari sang Mad Titan, di mana hal tersebut diceritakan oleh lebih dari satu kisah Marvel Comics. Jika Thanos dikenal sebagai seorang villain yang rela mengorbankan setengah kehidupan di alam semesta hanya untuk memuaskan hasratnya, Doctor Doom justru tidak segan-segan untuk menghancurkan “satu alam semesta penuh” hanya karena tidak suka melihat varian dirinya yang menjadi orang baik!

Membunuh Karena Alasan Sepele

Doctor Doom adalah supervillain yang terkenal mempunyai kekuatan beragam, umumnya kekuatan yang dia miliki merupakan gabungan dan teknologi dan kemampuan sihirnya. Terkenal sebagi salah satu villain yang paling genius, Doctor Doom juga berada di antara pengguna sihir paling sakti di Marvel Universe. Hal tersebut juga baru-baru ini ditunjukan di komik Avengers #53 karya Jason Aaron dan Juan Frigeri yang dirilis pada bulan Februari kemarin. Di komik baru ini, Avengers diceritakan telah diserang oleh seorang villain multiverse yang memburu para varian Avengers di seluruh Multiverse Marvel.

Villain yang dimaksud ternyata adalah varian Doctor Doom yang diceritakan lebih memfokuskan dirinya pada kekuatan sihir daripada teknologi. Varian Doctor Doom ini menggunakan energi kegelapan yang dia tarik dari seluruh alam semesta untuk menghancurkan sebuah planet dengan mudah. Di mana dalam hal ini dia telah terbukti membunuh miliaran makhluk hidup di Multiverse Marvel. Jika itu masih belum cukup mengejutkan, dalam kisah lain ternyata sebelumnya dia juga pernah menghancurkan sebuah alam semesta hanya karena alasan yang sepele.

Di komik Doctor Doom #10 (2020) karya Christopher Cantwell dan Salvador Larroca, Doctor Doom pernah diceritakan melakukan perjalanan ke universe alternatif di mana dia bertemu dengan varian dirinya. Alih-alih menjadi supervillain, ternyata varian Doctor Doom adalah sosok baik yang menggunakan semua kekuatannya untuk membuat Bumi menjadi lebih baik. Merasa kesal dan jijik terhadap varaiannya tersebut, Doctor Doom utama kemudian menggunakan senjata terhebat di alam semesta, yaitu Ultimate Nullifier, untuk menghancurkan seluruh universe alternatif tersebut beserta semua isinya.

Dengan sejarah mengerikan tersebut, Doctor Doom berarti telah menghancurkan banyak planet dengan miliaran nyawa di dalamnya, dan juga telah menghancurkan “sebuah universe” hanya karena tidak suka melihat variannya yang menjadi baik. Pada titik ini, cukup aman untuk mengatakan bahwa dalam sejarah Marvel Universe sendiri, Doctor Doom telah membunuh lebih banyak dari Thanos yang hanya menargetkan “setengah kehidupan” di alam semesta. Bagaimana menerut kalian, Geeks, apakah kalian setuju?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.