Fakta baru terungkap dalam chapter terkini dari seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Seperti yang kita ketahui, bahwa Boruto ditanami segel Karma oleh Momoshiki Otsutsuki ketika dia muncul dan mengancam keberadaan bumi. Momoshiki saat itu muncul ketika ujian Chunin berlangsung. Naruto, Sasuke, dan Boruto pun kemudian berusaha untuk mengalahkan Momoshiki.

Dan pada akhirnya, Momoshiki berhasil dikalahkan oleh Boruto. Namun, sebelum Momoshiki benar-benar tewas dia sempat menanamkan segel Karma miliknya kepada Boruto. Karma merupakan sebuah kemampuan klan Otsutsuki untuk memindahkan data kehidupan mereka ke tubuh orang lain, yang menjadi wadah bagi tubuh mereka nanti.

Wadah tersebut akan berubah menjadi Otsutsuki sepenuhnya setelah mereka menjalani proses Otsutsukifikasi. Diketahui bahwa proses Otsutsukifikasi dalam tubuh Boruto sudah berjalan selama 82% yang mana artinya tidak butuh waktu lama bagi Boruto untuk benar-benar berubah menjadi 100% Otsutsuki. Namun, pada chaptyer 67 kemarin fakta baru kemudian muncul. Proses Otsutsukifikasi Boruto berhenti di angka tersebut setelah Momoshiki menggunakan 18% sisa proses tersebut untuk membangkitkan kembali Boruto.

Di chapter 66 kemarin, kita melihat bagaimana Kawaki membunuh Boruto atas permintaannya sendiri. Boruto sadar untuk bisa menghindari Momoshiki mengambil alih tubuhnya untuk selamanya, dia memilih untuk mengakhiri nyawanya. Kawaki pun menyetujui hal tersebut dan akhirnya Boruto pun tewas, sebelum Momoshiki kembali membangkitkan Boruto.

Berdasarkan penjelasan Momoshiki, dengan sisa 18% proses Otsutsukifikasi digunakan untuk membangkitkan Boruto, artinya dia tidak bisa melanjutkan proses tersebut. Dengan kata lain, Momoshiki sudah tidak akan bisa bangkit di tubuh Boruto. Namun, ada beberapa poin penting yang muncul dalam percakapan Boruto dan Momoshiki. Pertama, meskipun proses Otsutsukifikasi tidak mencapai 100% Boruto tetap sudah menjadi sosok Otsutsuki sempurna.

Kedua, Momoshiki mengatakan bahwa momen yang jauh lebih mengerikan dari kematian Boruto akan segera tiba. Seperti yang pernah Momoshiki sampaikan kepada Boruto, bahwa mata biru miliknya akan membawa petaka besar pada masa yang akan datang. Namun, kita masih belum mengetahui apa petaka besar yang akan datang tersebut.

Meskipun Momoshiki sudah dipastikan tidak akan mampu kembali bereinkarnasi di tubuh Boruto, namun banyak fans yang meyakini bahwa Momoshiki mungkin tidak akan menyerah begitu saja. Dia akan mencari jalan lain untuk bisa kembali bangkit. Bagaimana caranya? Dengan cara kembali menanamkan segel Karma miliknya. Lalu, siapa yang mungkin akan menjadi wadah Momoshiki selanjutnya?

Sosok yang dianggap paling memungkinkan dari hal tersebut adalah Himawari Uzumaki. Himawari merupakan anak kedua dari pasangan Uzumaki Naruto dan juga Hinata Hyuga. Adik dari Boruto ini memiliki kemiripan seperti sang kakak, yaitu mewarisi chakra dari Asura Otsutsuki dan juga Hamura Otsutsuki. Meskipun begitu, chakra Hamura mungkin menjadi yang paling dominan karena Himawari mewarisi mata Byakugan dari Hinata.

Ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa Himawari bisa menjadi wadah Otsutsuki yang baik. Seperti yang diketahui, bahwa sampai saat ini belum ada informasi resmi dan pasti apa syarat untuk seseorang bisa ditanami segel Karma. Alasan mengapa hanya Code dan Kawaki yang berhasil mewarisi Karma Isshiki pun masih menjadi misteri.

Namun, asumsinya adalah kemungkinan hanya mereka yang mewarisi chakra Otsutsuki saja yang bisa ditanami Karma. Bagaimana kemudian Code dan Kawaki bisa ditanami Karma? Kita masih belum tahu asal-usul keduanya. Namun, dalam ceritanya kita melihat bagaimana Kawaki dan Code dirubah menjadi cyborg.

Tujuan Amado melakukan hal tersebut mungkin adalah menanamkan chakra Otsutsuki ke tubuh mereka, agar proses penanaman Karma bisa berjalan lancar. Himawari sendiri merupakan “cerminan” dari sang kakak, yang mana artinya Himawari bisa dianggap menjadi wadah yang sempurna selanjutnya bagi Momoshiki. Lagipula, hal ini pun mungkin ada kaitannya dengan ramalan dari Momoshiki.

Seperti disebutkan di atas, Momoshiki sempat mengatakan bahwa “mata biru” tersebut akan membawa petaka besar. Mungkin Momoshiki melihat penderitaan yang akan diterima oleh Boruto – atau bahkan dunia – dikarenakan Himawari. Atau mungkin semua kekacauan yang terjadi pada masa yang akan datang disebabkan oleh ulah dari Himawari.

Terlepas dari semua itu, yang pasti memang keterlibatan Himawari dalam petaka yang disebabkan oleh sang kakak dan juga Boruto bisa memberikan panggung bagi Himawari yang selama ini jarang mendapatkan sorotan. Namun, untuk saat ini, memang para fans hanya bisa berspekulasi mengenai hal tersebut. Menarik tentunya jika kemudian teori ini memang benar terwujud di mana artinya Masashi Kishimoto akan menghadirkan plot twist terbesar di serinya. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.