Setelah ditanami Karma oleh Momoshiki Otsutsuki di awal seri Boruto: Naruto Next Generations, akhirnya Uzumaki Boruto resmi menjadi seorang Otsutsuki murni. Hal ini terjadi setelah proses Otsutsukifikasi dalam tubuh Boruto berhenti, yang membuat Momoshiki akhirnya tidak bisa lagi memproses data dirinya untuk kemudian diekstraksi ke dalam tubuh Boruto agar dia bisa kembali bereinkarnasi.

Seperti yang sudah Geeks ketahui, pasca ditanami segel Karma oleh Momoshiki Otsutsuki, Boruto pun perlahan mulai mengalami proses Otsutsukifikasi. Proses tersebut, seperti dijelaskan oleh Amado, adalah momen di mana segel Karma mulai mengekstraksikan data-data seorang Otsutsuki ke tubuh atau wadahnya. Dalam hal ini, proses Otsutsukifikasi dalam tubuh Boruto merupakan data yang berasal dari Momoshiki.

Proses Otsutsukifikasi dalam tubuh Boruto sendiri bisa dibilang cukup cepat. Sejak pertama kali Boruto ditanami segel Karma, sampai kemudian prosesnya berhenti, proses Otsutsukifikasi dalam tubuh Boruto sudah mencapai 82%. Mengapa proses Otsutsukifikasi dalam tubuh Boruto berhenti? Seperti diperlihatkan dalam chapter 65 kemarin, Kawaki yang membunuh Boruto.

Kawaki membunuh Boruto demi mencegah Momoshiki bangkit dan mengambil alih tubuh Boruto, namun pada chapter 67 kemarin fakta menarik kemudian muncul. Boruto diperlihatkan masih hidup. Dan Momoshiki pun menjelaskan bahwa proses Otsutsukifikasinya berhenti di angka 82% karena sisa prosesnya digunakan untuk membangkitkan kembali Boruto. Dengan angka tersebut, Momoshiki mengatakan bahwa Boruto kini sudah dianggap sebagai seorang Otsutsuki murni.

Di sisi lain, dengan Boruto yang sudah dianggap sebagai seorang Otsutsuki murni, artinya dia sudah siap untuk dikorbankan kepada Jyuubi demi memanen buah chakra. Dengan Boruto yang sudah menjadi seorang Otsutsuki murni, artinya dia bisa saja menggunakan seluruh kekuatan yang dimiliki oleh seorang Otsutsuki, yang mana dalam hal ini adalah Momoshiki.

Hal ini pun diperlihatkan oleh Kawaki, yang mana berhasil menggunakan seluruh kemampuan Karma Isshiki, setelah Amado secara diam-diam mengaktifkan kembali kekuatan Karma tersebut dan merubahnya menjadi senjata. Dengan asumsi bahwa Boruto akan mampu menggunakan seluruh kemampuan Momoshiki, seperti halnya Kawaki, apakah artinya Boruto akan membangkitkan Doujutsu Rinnegan?

Rinnegan merupakan salah satu Doujutsu yang dimiliki oleh klan Otsutsuki, selain Byakugan atau pun Sharingan. Tidak semua Otsutsuki memiliki kemampuan Rinnegan, namun Momoshiki diketahui menjadi salah satu Otsutsuki yang memiliki Doujutsu tersebut. Yang menarik adalah Doujutsu Rinnegannya tidak berada di bagian mata, melainkan di telapak tangannya. Dan warnanya pun merah.

Jika memang Boruto akan “mewarisi” kemampuan Momoshiki, kemungkinan Boruto pun akan membangkitkan kemampuan Doujutsunya meskipun tidak sempurna. Seperti disebutkan di atas, proses Otsutsukifikasi Boruto terhenti di angka 82%. Artinya proses perubahannya sendiri masih belum sempurna. Boruto mungkin akan mewarisi atau membangkitkan Rinnegan yang dimiliki Momoshiki, meskipun dia tidak akan bisa menggunakan seluruh kekuatannya.

Ada dua kemungkinan yang terjadi saat Boruto berhasil membangkitkan Rinnegan miliknya. Pertama, Rinnegan tersebut akan tersimpan di bagian mata kirinya. Sehingga, secara keseluruhan Boruto akan memiliki dua Doujutsu epik yaitu Jougan pada mata kanan dan Rinnegan pada mata sebelah kiri. Jika pun kemudian Rinnegannya tidak berada di bagian bola matanya, mungkin dia akan mengikuti kekuatan Momoshiki, di mana Rinnegannya terletak di bagian telapak tangan.

Meskipun terkesan mendadak, namun apa yang diperlihatkan oleh Kawaki di chapter sebelumnya membuka kesempatan atau peluang untuk hal tersebut terjadi. Sebagian fans sendiri berpendapat bahwa Boruto mungkin tidak akan membangkitkan Rinnegan pada mata kirinya, melainkan Byakugan. Hal tersebut juga dirasa masuk akal, mengingat Boruto memiliki chakra Hyuuga.

Tetapi, Karma Momoshiki dirasa lebih dominan dalam diri Boruto saat ini, dibandingkan chakra Hyuuga. Dan melihat bagaimana Kawaki mampu menggunakan seluruh kemampuan Isshiki, terlepas Isshiki sudah tewas sebelumnya, artinya peluang bagi Boruto untuk membangkitkan Rinnegan sangat terbuka. Bahkan, bisa dibilang Boruto mungkin bukan hanya akan bisa menggunakan kekuatan Rinnegan milik Momoshiki.

Boruto mungkin akan mampu juga menggunakan kekuatan milik Kinshiki Otsutsuki. Seperti yang kita ketahui, sebelum Momoshiki tewas, Kinshiki sempat menyerahkan nyawanya untuk kemudian dikonsumsi oleh Momoshiki demi bisa meningkatkan kekuatannya. Efeknya, gabungan Momoshiki dan Kinshiki pun membuat Boruto, Naruto, dan Sasuke sempat kerepotan dalam pertarungan mereka.

Kemudian, dalam artikel sebelumnya juga dibahas bagaimana tanduk Boruto lebih mirip Kinshiki dibandingkan Momoshiki. Hal tersebut memberikan petunjuk lainnya bahwa selain mampu menggunakan kekuatan Momoshiki – yang berupa Rinnegan – Boruto juga mungkin akan mampu menggunakan kekuatan Kinshiki. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Boruto akan membangkitkan rinnegan miliknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.