Apakah Boruto bisa melihat ke masa depan? Apa yang sebenarnya terjadi kepada Boruto? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan para fans setelah menyaksiksan seri anime Boruto: Naruto Next Generation pada episode 239 kemarin. Pasalnya, terdapat sebuah momen yang memperlihatkan sesuatu yang luar biasa yang mungkin memberikan petunjuk mengenai kemampuan selanjutnya dari Boruto.

Dalam episode 239, diperlihatkan bagaimana Boruto dan para shinobi Konoha lainnya masih terjebak di tengah-tengah lautan sambil menunggu bantuan tiba. Situasi saat itu sedang siang hari, dan Boruto pun merasa kepanasan. Namun, momen mengejutkan kemudian terjadi di mana tiba-tiba Boruto terjatuh ke laut setelah tanpa sadar dia mencoba menyenderkan tubuhnya ke belakang.

Boruto pun tenggelam ke dalam laut tersebut, dan tidak bisa bergerak. Tetapi, sosok misterius kemudian muncul untuk menyelamatkan Boruto. Tidak berapa lama kemudian, setelah sosok misterius tersebut “menyelamatkan” Boruto, dia pun tersadar. Boruto yang baru tersadar pun panik karena dirinya merasa tenggelam dan kemudian dia diselamatkan oleh sosok yang misterius.

Namun, menurut Iwabe, Boruto sama sekali tidak tenggelam. Sedari awal, Boruto berada di kapal dan tidak terjatuh ke laut seperti yang dia ceritakan. Iwabe menuturkan bahwa apa yang dialami oleh Boruto tersebut merupakan halusinasi akibat hawa panas yang ada. Meskipun begitu, Boruto tetap bersikeras bahwa apa yang baru saja dia alami bukanlah mimpi.

Yang menarik adalah tidak berselang lama pasca Iwabe meyakinkan bahwa Boruto tidak tenggelam, muncul dua sosok yang lainnya. Mereka adalah Ikada dan Kajiki. Kajiki sendiri merupakan seorang tukang kapal yang terkenal, sedangkan Ikada adalah asistennya. Melihat sosok Ikada, Boruto pun kemudian menyangka bahwa dialah yang sudah menolongnya saat tenggelam.

Ikada sendiri tidak mengerti apa yang diucapkan oleh Boruto, karena menurutnya dia baru saja tiba di kapal tersebut. Namun, lagi-lagi Boruto bersikeras bahwa Ikada adalah sosok yang sudah menolongnya saat tenggelam. Jika dilihat secara seksama, memang siluet dari sosok misterius yang menolong Boruto sangat mirip dengan sosok Ikada. Hanya saja terdapat detail yang berbeda.

Ikada diperlihatkan tidak memiliki selaput pada jari-jari tengannya. Sedangkan, sosok misterius yang menolong Boruto yang mirip dengan Ikada memiliki selaput pada jarinya. Hal ini pun memunculkan pertanyaan apakah artinya Boruto bisa melihat ke masa depan? Atau semua memang hanyalah halusinasi Boruto yang terkena terik sinar matahari seperti yang diucapkan oleh Iwabe?

Dibandingkan dengan kemampuan untuk melihat ke masa depan, memang alasan yang paling masuk akal untuk menjelaskan apa yang terjadi terhadap Boruto adalah dia mengalami serangan panas (heat stroke) yang membuat Boruto akhirnya berhalusinasi atau bermimpi. Tetapi, bisa jadi, mimpi yang Boruto alami tersebut adalah semacam pertanda.

Boruto bermimpi bertemu dengan sosok misterius yang mirip seperti Ikada, dan tidak berapa lama berselang Boruto pun kemudian bertemu langsung dengan “sosok” tersebut. Jadi, dibandingkan dengan kemampuan untuk melihat ke masa yang akan datang, ada kemungkinan bahwa halusinasi tersebut merupakan pertanda atau petunjuk yang diperlihatkan kepada Boruto, seperti halnya ramalan.

Namun, bukan sesuatu hal yang mustahil juga bahwa pertanda tersebut merupakan bagian dari kemampuan Boruto untuk melihat ke masa depan. Dari mana kemudian dia memiliki kemampuan tersebut? Tidak lain kekuatan tersebut berasal dari Doujutsu Jougan miliknya. Selama ini, Jougan masih menjadi sebuah misteri besar yang belum terungkap secara jelas termasuk kekuatannya.

Mungkin, momen yang dialami oleh Boruto menjadi salah satu kekuatan atau kemampuan lain yang diperlihatkan oleh Kishimoto terkait dengan kemampuan Jougan. Kishimoto mungkin perlahan-lahan akan mulai mengungkapkan fakta atau kekuatan sebenarnya dari Jougan yang ada di tubuh Boruto. Apakah kita akan kembali melihat momen serupa pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.