Planet of the Apes adalah waralaba film sci-fi yang pertama kali dirilis pada tahun 1968. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pierre Boulle, film pertamanya bercerita tentang seorang astronaut yang pesawatnya terjatuh di sebuah planet yang dipenuhi dengan kera-kera cerdas. Kesuksesan film pertamanya membuat waralaba berkembang dengan empat sekuel yang dirilis dari tahun 1970 sampai dengna 1973. Pada tahun 2001, sutradara Tim Burton sempat menggarap ulang filmnya dengan judul yang sama seperti film pertamanya.

Selain sempat diadaptasi juga dalam bentuk serial televisi dan animasi, kisah terbaru diceritakan ulang dalam reboot Rise of the Planet of the Apes (2011) dengan dibintangi oleh Andy Serkis sebagai simpanse cerdas bernama Caesar. Setelah sebuah eksperimen yang dijalankan oleh ilmuwan manusia menyebabkan para kera menjadi cerdas dan manusia menjadi banyak yang mati karena virus, filmnya reboot-nya dilanjutkan dengan dua sekuel sukses yang disutradari oleh Matt Reeves, yaitu Dawn of the Planet of the Apes (2014) dan War for the Planet of the Apes (2017).

Meskipun awalnya penggemar mengira bahwa film reboot-nya adalah sebuah trilogi dan telah berakhir dengan film ketiganya, ternyata kabar terbaru menyebutkan bahwa waralabanya dipastikan akan dilanjutkan dengan film keempat. Dalam sesi wawancaranya dengan The Hollywood Reporter, presiden 20th Century Studios, Steve Asbell, baru saja mengonfirmasi rumor terkait film Planet of the Apes 4, bahkan dia juga mengungkapkan bahwa filmnya telah menemukan sutradara yang akan menggarapnya.

“Kami berharap naskahnya bisa segera selesai, dan Wes Ball dipastikan akan mengarahkannya,” kata Asbell. “Kami juga berharap semoga bisa segera memulainya pada akhir musim panas atau awal musim gugur tahun ini.” Wes Ball sendiri adalah sutradara yang sebelumnya mengerjakan waralaba populer Maze Runner (2014-2018). Karena saat ini 20th Century Studios telah diakuisisi oleh Disney, kemungkinan film keempatnya nanti akan lebih besar lagi dari sebelumnya, mengigat Disney cukup serius dalam menggarap waralaba yang sudah besar seperti Marvel dan Star Wars.

Beberapa penggemar mungkin merasa sedikit kecewa karena sutradara Matt Reeves tidak kembali menggarap film reboot keempat Planet of the Apes setelah berhasil dengan dua film sebelumnya, hal tersebut cukup masuk akal mengingat kedepannya mungkin dia akan disibukan dengan Bat-Verse The Batman bersama Warner Bros. Namun, Wes Ball sendiri sebenarnya cukup populer di mata penggemar, terlihat dari kesuksesan waralaba Maze Runner di seluruh dunia. Kita nantikan saja kabar selanjutnya mengenai film Planet of the Apes 4 ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.