Memiliki kemampuan buah iblis tentunya menjadi sebuah keuntungan lebih bagi seorang karakter dalam cerita One Piece. Dengan adanya kemampuan tersebut, seseorang bisa dengan mudah menghabisi lawannya – bahkan lawan yang kuat sekali pun. Seperti yang kita ketahui, buah iblis memberikan kekuatan yang beragam kepada mereka yang memakannya seperti mampu berubah menjadi sesuatu.

Mereka yang sudah mendapatkan kekuatan buah iblis memang akan menjadi sangat kuat. Namun, ternyata kekuatan buah iblis yang sudah kuat itu pun masih bisa ditingkatkan lagi levelnya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membangkitkannya alias awakening. Tidak mudah memang membangkitkan kemampuan buah iblis, namun para karakter ini diperlihatkan mampu melakukan hal tersebut. Siapa saja?

Kuzan

Kuzan merupakan mantan admiral di markas pusat angkatan laut. Dia sempat dinominasikan untuk mengisi jabatan sebagai Fleet Admiral untuk menggantikan Sengoku. Namun, setelah posisi tersebut akhirnya jatuh kepada Sakazuki akhirnya Aokiji alias Kuzan pun memutuskan untuk mundur dari angkatan laut. Saat ini, Kuzan sudah bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard.

Kuzan sendiri diketahui memiliki kekuatan buah iblis Hie Hie no Mi. Buah iblis tersebut mampu membuat, mengendalikan, dan merubah penggunanya menjadi es. Dalam sebuah pertarungan, Kuzan menggunakan kemampuan ini untuk melumpuhkan dan menghadang musuhnya, dengan cara membekukan tubuh mereka dengan hanya menyentuhnya. Dalam pertarungan selama 10 hari dengan Sakazuki, Kuzan diduga sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya, yang mana dilihat dari sebagian Punk Hazard berubah menjadi wilayah es.

Sakazuki

Akainu alias Sakazuki merupakan Fleet Admiral di markas pusat angkatan laut, mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Sengoku. Akainu sudah menunjukan bahwa dia memiliki kekuatan yang luar biasa dahsyat. Hal ini berkat buah iblis Magu Magu no Mi, di mana buah tersebut memberikan Sakazuki kemampuan untuk bisa memanipulasi magma dan berubah menjadi cairan panas tersebut.

Kemampuan magma dari Sakazuki bahkan mampu mengungguli kemampuan api milik Ace. Bahkan, dialah yang bertanggung jawab atas kematian Ace dalam Summit War. Meskipun Ace memiliki kemampuan untuk berubah menjadi api, nyatanya tubuhnya tidak bisa menahan serangan magma Sakazuki. Sakazuki juga adalah orang yang merubah sebagian wilayah di Punk Hazard menjadi penuh dengan lahar saat bertarung melawan Kuzan.

Crocodile

Crocodile merupakan salah satu mantan Shichibukai, ditangkap dan dilempar ke Impel Down setelah peristiwa mengerikan yang terjadi di Alabasta. Saat itu, Crocodile mencoba merebut kekuasaan keluarga Nefertari. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile kemudian dikurung di penjara level 6. Dengan kekuatan buah iblis Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang.

Buktinya, Luffy pernah sampai dua kali berhasil dikalahkan oleh Crocodile saat berada di Alabasta. Crocodile juga bisa saja menghabisi  musuhnya dengan mudah. Selain itu, Suna Suna no Mi miliknya mampu membuat sebuah badai pasir yang sangat besar, membuat senjata yang terbuat dari pasir, dan juga membuat pasir hisap. Dengan mampu melakukan berbagai hal epik, artinya Crocodile sudah berhasil membangkitkan kemampuan buah iblisnya.

Magellan

Kepala penjara Impel Down, Magellan, memiliki kekuatan buah iblis yang mengerikan di mana dia bisa berubah menjadi racun mematikan. Hal ini dikarenakan buah iblis Doku Doku nomi, buah iblis berjenis Paramecia yang membuatnya bisa memanipulasi dan menciptakan racun. Magellan biasanya menciptakan sebuah lapisan tebal racun untuk melindunginya dari berbagai serangan.

Lapisan racun tersebut seolah berubah  menjadi baju pelindungnya, dan memiliki ketahanan yang sangat luar biasa, khususnya dalam pertarungan jarak dekat. Berkat hal ini, tidak ada yang berani menghadapi atau bahkan sekedar menyentuh Magellan secara langsung. Karena, sekali saja racunnya tersentuh maka nyawa seseorang bisa melayang. Dengan mampu mengendalikan sekelilingnya, Magellan juga diperkirakan sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Donquixote Doflamingo

Ito Ito no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia, yang dimiliki oleh Donquixote Doflamingo. Buah iblis ini memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk mengendalikan apapun dengan menciptakan sebuah tali pengatur yang tipis yang berasal dari awan. Senar atau tali yang diciptakan ini sangatlah kuat, bahkan mampu untuk memotong meteor yang datang tanpa hambatan.

Jika tanpa adanya bantuan dari lapisan Haki pun kekuatan Ito Ito no Mi sudah sangat dahsyat, maka bisa dipastikan tali atau benang yang dilapisi Haki tidak akan bisa dihancurkan. Dofy sendiri sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, di mana dia mampu mengurung seluruh wilayah Dressrosa dengan menggunakan teknik Bird Cage.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.